Facebook Akan Ciptakan Dunia Virtual Reality!

Facebook Horizon tempatnya gamer berkreasi di dunia virtual

Facebook Akan Ciptakan Dunia Virtual Reality!

Pernahkah kamu membayangkan masuk ke dalam dunia virtual dan menjadi siapapun yang kamu inginkan? Ada banyak media hiburan yang mengangkat tema seperti ini, seperti Ready Player One misalnya. Namun video game menjadi media yang paling sering mencoba mewujudkan ide tersebut.

Mulai dari The Sims, Second Life, Playstation Home, hingga VR Chat. Game-game tersebut memberikan kesempatan bagi gamer untuk menjalani kehidupan kedua mereka yang sesuai dengan ideal masing-masing.

Kini, raksasa media sosial Facebook juga mencoba membuat dunia virtual tersebut menjadi kenyataan lewat Facebook Horizon. Dengan bantuan Oculus, Facebook Horizon bakal menjadi tempat untuk berkreasi dan bersosialisasi dengan gamer lainnya. Penasaran seperti apa Facebook Horizon ini?

1. Terinspirasi Ready Player One

Facebook Horizon merupakan game virtual reality bersifat sandbox, dimana gamer bisa menciptakan berbagai macam kreasi seperti dunia hingga game. Gamer juga bisa menciptakan avatarnya sendiri, dan kemudian berinteraksi dengan gamer lain. Gamer nantinya bisa chatting, main game, dan nonton film bareng.

Game VR ini bakal diproduksi bareng Oculus, perusahaan virtual reality yang merupakan bagian dari Facebook. Facebook Horizon sendiri merupakan evolusi dari game VR Facebook sebelumnya, yaitu Facebook Spaces dan Oculus Rooms; dimana Facebook Horizon sendiri menjadi penggabungan kedua fungsi game di atas.

Tahukah kamu? Di tahun 2016, Facebook memberikan novel Ready Player One secara cuma-cuma kepada pegawai baru Oculus pada saat itu. Nampaknya mereka benar-benar ingin membuat game OASIS di dunia nyata!

2. Cara bermain Facebook Horizon

Facebook Akan Ciptakan Dunia Virtual Reality!techcrunch.com

Saat gamer mulai bermain Facebook Horizon, mereka akan memulai game di area pusat kota, dimana gamer lainnya akan berkumpul. Setelah membuat avatar sendiri (yang entah kenapa nggak punya kaki!), gamer bisa langsung berkreasi menggunakan fitur bernama Horizon World Builder.

Dengan Horizon World Builder, gamer bisa menciptakan berbagai macam hal. Misalnya dunia besar dan unik seperti pulau tropis atau kastil berhantu. Gamer bisa mengajak teman-temannya untuk nongkrong bareng di dunia tersebut.

Gamer juga bisa menciptakan benda lain seperti t-shirt yang bisa dipakai oleh avatar. Bahkan benda-benda kompleks seperti game di dalam game pun bisa dibuat. Semuanya didesain agar orang awam bisa membuat kreasi apapun semudah mungkin, namun mereka yang paham programming bisa menciptakan sesuatu yang lebih keren lagi.

Baca Juga: Facebook Bikin Shock Secara Virtual Reality, Oculus Rift Beneran Sampai 20 Jutaan!

3. Boleh main, tapi patuhi aturan!

Facebook Akan Ciptakan Dunia Virtual Reality!techcrunch.com

Meskipun Facebook Horizon memberikanmu kebebasan untuk berkreasi dan bersosialisasi, tentunya tidak boleh kebablasan dong. Untuk itu, Facebook bakal mempekerjakan Horizon Locals yang bakal bertindak sebagai pemandu dan juga administrator di dalam game ini.

Gamer bisa mengontak Horizon Locals untuk bertanya tentang Facebook Horizon atau memberikan solusi dari masalah yang diajukan gamer. Horizon Locals juga memastikan bahwa setiap gamer mematuhi aturan yang berlaku di dunia virtual tersebut.

Jika gamer bertemu seseorang yang menyebalkan, ia bisa pindah ke dimensi personal untuk mengamankan diri. Gamer juga bisa memberi batasan apakah orang lain bisa muncul di dekat mereka atau menyentuh avatar mereka. Fungsi-fungsi seperti block, mute, dan report juga bisa digunakan sebagai langkah terakhir.

4. Kapan bisa dimainkan?

Facebook Akan Ciptakan Dunia Virtual Reality!techcrunch.com

Facebook Horizon akan memulai closed beta di paruh awal tahun 2020. Untuk sekarang ini, kamu bisa mendaftar sebagai beta tester lewat tautan berikut ini. Kemudian, Facebook juga akan menutup Facebook Spaces dan Oculus Rooms pada tanggal 25 Oktober. Gimana, tertarik untuk mencoba Facebook Horizon?

Baca Juga: Opera VR Salip Chrome Dengan Fitur Virtual Reality!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU