eFootball PES Kehilangan Lisensi Inter dan AC Milan

Konami harus kembali gunakan nama palsu untuk dua tim itu

eFootball PES Kehilangan Lisensi Inter dan AC Milan

Lisensi jadi masalah yang senantiasa mendera setiap game sepak bola. Dua game bola terbesar FIFA dan eFootball PES saling berebut lisensi tim dan liga untuk menarik minat para gamer. Beberapa diantaranya merupakan lisensi eksklusif dimana satu tim atau liga yang muncul di satu game tidak bisa ditampilkan di game saingannya.

Pertarungan lisensi game sepak bola kini masuk ke chapter terbaru setelah Konami kehilangan lisensi dari dua tim asal Italia, yaitu pasangan rival Inter Milan dan AC Milan.

1. PES berjaya di Serie A

Meskipun jumlah lisensi PES kalah jauh dibanding FIFA, PES mengkompensasinya dengan bekerja sama dengan berbagai tim populer. Tim yang bekerja sama dengan PES biasanya akan ditampilkan dengan sangat otentik, mulai dari detil pemain dan seragam, hingga atmosfir stadion.

Liga sepak bola Italia Serie A merupakan salah satu liga terlisensi dalam PES. Konami sangat all-out terhadap Serie A sehingga mampu memberikan pukulan telak bagi FIFA. Terakhir kali, mereka memegang lisensi eksklusif bagi tim Juventus sehingga FIFA terpaksa menggunakan nama palsu Piemonte Calcio sebagai penggantinya.

Baca Juga: Ada VTuber Baru Main PES 2020! Ini Dia Tsukishita Kaoru dari Holostar!

2. Lisensi Derby della Madonnina berakhir

eFootball PES Kehilangan Lisensi Inter dan AC Milaninter.it

Pada tanggal 7 Juli lalu, Konami mengumumkan bahwa mereka telah kehilangan lisensi dari dua tim Serie A, yaitu Inter Milan dan AC Milan. Kedua tim merupakan musuh bebuyutan yang berbagi markas di stadion San Siro/Giuseppe Meazza di kota Milan.

"Ke depannya, kami akan terus memperkuat dan menjalin kerja sama baru untuk menyajikan pengalaman bermain eFootball (PES) terbaik," tulis Konami dalam pernyataan resmi mereka.

3. Apa dampaknya bagi PES?

Konami sendiri menyebut hilangnya lisensi Inter dan AC Milan tidak akan berdampak besar pada game PES 2020, baik di game utama atau mode myClub. Meski demikian, hilangnya pasangan Derby Milano ini baru akan terasa di game PES selanjutnya.

Kemungkinan besar untuk PES 2021, Konami harus menggunakan nama palsu/generik seperti di PES 2 misalnya. Dan bicara soal PES 2021, ada kemungkinan Konami akan merilisnya sebagai DLC PES 2020. Bagaimana pendapat kamu tentang hilangnya lisensi Inter Milan dan AC Milan dari game PES?

Baca Juga: FIFA 20 VS eFootball PES 2020 - Mending Main Yang Mana?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU