Di Steam, Developer Indonesia Rilis Game Terbanyak Se-Asia Tenggara!

Hingga November 2019 tercatat ada 85 game Indonesia di Steam

Di Steam, Developer Indonesia Rilis Game Terbanyak Se-Asia Tenggara!

Pernah gak kepikiran, berapa jumlah game lokal yang sudah diproduksi developer game Indonesia? Pastinya banyak dong, dan jumlahnya bisa bersaing dengan developer game lain di Asia Tenggara!

Baru-baru ini survei menunjukkan bahwa produktivitas developer game Indonesia mampu bersaing di level Asia Tenggara, dan bahkan jadi yang pertama! Penasaran seperti apa surveinya?

1. Data all-time

Dalam survei yang diadakan oleh Virtual SEA, mereka mengumpulkan data-data game Steam yang diproduksi developer game seluruh Asia Tenggara. Data tersebut menunjukkan bahwa ada 85 game Indonesia yang rilis di Steam. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di seluruh Asia Tenggara!

Di bawah Indonesia, ada Singapura yang merilis 69 game di Steam; diikuti dengan Filipina (34 game), Thailand (26 game), Malaysia (25 game), Vietnam (7 game), dan Myanmar (3 game). 

Baca Juga: Garuda Indonesia Kerja Sama dengan Game MOBA Indonesia Lokapala!

2. Didominasi game adventure dan aksi

Di titik ini, saya sendiri cukup tertarik untuk menggali lebih lanjut. Dari 85 game Indonesia di Steam, jenis game apa yang paling banyak dibuat? Untuk itu, saya mengumpulkan top 5 tags dari setiap judul game tersebut. Tags ini diberikan oleh user untuk memberi gambaran singkat tentang game tersebut berdasarkan genre, tema, hingga karakteristik lainnya.

Hasilnya ada 74 game yang menggunakan tag "indie," diikuti 39 game dengan tag "adventure," 29 game dengan tag "action," 25 game dengan tag "casual," 16 game dengan tag "RPG," 14 game dengan tag "strategy," 13 game dengan tag "visual novel," 12 game dengan tag "anime," dan 11 game dengan tag "simulation."

3. Indonesia dan Singapura bersaing

Di Steam, Developer Indonesia Rilis Game Terbanyak Se-Asia Tenggara!asiaone.com

Kembali ke hasil survei di atas, Indonesia nampak bersaing ketat dengan Singapura. Singapura sendiri sudah memiliki ekosistem game dev yang sangat baik. Salah satunya adalah dengan berdirinya kantor cabang berbagai perusahaan game internasional seperti Ubisoft, Sony, Riot Games, Take Two, Koei Tecmo, Bandai Namco, Blizzard, EA, dan masih banyak lagi. Selain itu ada pula acara-acara yang menyokong aktivitas developer game di Singapura seperti GameStart Asia.

Jika dibandingkan dengan Singapura, sebenarnya ekosistem game dev di Indonesia sama okenya kok. Berbagai perusahaan game lokal dan luar negeri tumbuh dengan baik, pun juga ada dukungan penuh dari pemerintah lewat program pemberdayaan dan juga event-event menarik. Tentunya kita harus bangga karena game dev Indonesia bisa bersaing imbang dengan negara-negara lain.

Baca Juga: Event Game Indonesia Game Show Siap Digelar Lagi Tahun 2020!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU