Bukan Cuma Crossroads, Ini 4 Game Fast & Furious di Konsol!

Ada game arcade hingga expansion pack standalone

Bukan Cuma Crossroads, Ini 4 Game Fast & Furious di Konsol!

Sebagai sebuah franchise film besar, anehnya Fast & Furious tidak pernah merambah dunia video game. Beberapa game pernah dibuat, namun kebanyakan merupakan game mobile. Peruntungan Fast & Furious di game konsol pun nampaknya kurang baik dengan beberapa rilisan game yang medioker.

Sebelum Fast & Furious Crossroads, setidaknya ada 4 judul game Fast & Furious yang pernah dirilis di konsol dan arcade. Apa saja game tersebut?

1. The Fast and the Furious Arcade (2004-2010)

Developer: Raw Thrills

Game arcade The Fast and the Furious merupakan salah satu game FF pertama yang dibuat. Diproduksi oleh Raw Thrills, mekanika game ini mengadopsi gameplay dari Cruis'n. Ada 12 sirkuit dan 16 mobil yang bisa di-upgrade. Game ini punya sistem PIN untuk menyimpan progress upgrade mobil dan juga uang yang diraih.

Raw Thrills meng-update game arcade The Fast and the Furious ke dalam beberapa versi. The Fast and the Furious: Super Bikes fokus ke balapan motor, sementara The Fast and the Furious: DRIFT merupakan adaptasi dari film Tokyo Drift. Game arcade terakhirnya adalah Fast & Furious: Super Cars yang kemudian diganti namanya menjadi Super Cars saja.

2. The Fast and the Furious (2006)

Developer: Eutechnyx

Bicara soal Tokyo Drift, Bandai Namco pernah merilis game The Fast and the Furious yang menjadi tie-in untuk film Tokyo Drift. Banyak gamer menganggap game ini sebagai spiritual successor dari game Street Racing Syndicate yang juga dirilis oleh Bandai Namco dan Eutechnyx.

Dalam game ini kamu bisa menjajal berbagai jenis balapan mulai dari sprint di jalan tol ala Wangan Midnight, hingga tandem drift di gunung khas Initial D. Game ini memiliki koleksi mobil yang bervariasi serta kustomisasi yang mendalam. Beberapa karakter dari seri game ini turut muncul sebagai rival, misalnya Morimoto, Neela, dan bahkan Brian.

Baca Juga: Ini Alasan Film Fast and Furious: Tokyo Drift Harusnya Tak Diremehkan!

3. Fast & Furious Showdown (2013)

Developer: Firebrand Games

Fast & Furious Showdown dirilis sebagai tie-in dari film Fast & Furious 6, dan memiliki plot yang terjadi beberapa jam sebelum film tersebut. Agen Riley Hicks yang akan melapor ke Luke Hobbs bertemu dengan Monica Fuentes untuk membahas kasus-kasus yang melibatkan kru Dom dan Owen Shaw.

Game ini menampilkan beberapa tantangan yang terinspirasi dari film Fast & Furious dan Fast Five. Game ini mengusung genre driving action dimana gamer mengendalikan mobil sambil menyerang mobil lawan. Sistem inilah yang menjadi salah satu inspirasi dari game Fast & Furious Crossroads.

4. Forza Horizon 2 Presents Fast & Furious (2015)

Developer: Playground Games, Turn 10, Sumo Digital

Forza Horizon 2 Presents Fast & Furious merupakan expansion pack standalone untuk game Forza Horizon 2. Bersetting di akhir game Forza Horizon 2 dan sebelum film Furious 7, gamer yang telah menjuarai Horizon Festival dikontak oleh Tej untuk mengumpulkan berbagai jenis mobil untuk Dom dan krunya.

Expansion pack ini menampilkan beberapa tantangan pendek yang terinspirasi dari film-filmnya. Di luar misi, kamu juga bisa menjelajah open world yang sama dengan game Forza Horizon 2. Meskipun durasi gamenya cukup sebentar, konten-kontennya sangat otentik. Setiap mobil dimodelkan dengan akurat, dan soundtrack-nya dibuat oleh komposer filmnya, Brian Tyler.

Itu dia 4 game Fast & Furious yang terlebih dahulu rilis di konsol dan arcade. Manakah game favorit kamu? Jangan lupa juga untuk membaca review Fast & Furious Crossroads di sini.

Baca Juga: Game Forza di Xbox Series X Akan Jadi Reboot?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU