Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!

Tingkat stress diukur berdasarkan perubahan detak jantung

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!

Kita bermain video game dengan tujuan melepas penat. Namun dalam beberapa kasus, kita justru merasa semakin penat saat memainkannya. Ada banyak alasan kenapa kita justru bisa merasa stress ketika memainkan sebuah game.

Dalam sebuah riset yang diadakan BonusFinder, 14 orang gamer kompetitif diminta memainkan 16 game populer masa kini untuk menentukan game apa yang paling menyebabkan rasa stress. Hasil riset ditentukan oleh aktivitas rata-rata detak jantung yang mana memiliki hubungan dengan meningkatnya rasa stress manusia. Seperti apa hasil riset tersebut?

10. Among Us (69 BPM)

Among Us menjadi pembuka daftar game paling bikin stress ini. Memang kesal rasanya ketika kita sedang melakukan task lalu tiba-tiba mati dibunuh impostor. Namun kamu masih punya banyak crewmate untuk mengungkap siapa yang menjadi impostor.

Baca Juga: Ini Dia 11 Game di Hari Launch PS5 yang Wajib Kamu Tahu!

9. Street Fighter (75 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!intel.com

Street Fighter dan beberapa game fighting lainnya sering kali menjadi sumber stress saat bermain game. Sifatnya yang kompetitif tentunya bisa menimbulkan rasa tegang dan kesal jika kamu dikalahkan di saat-saat terakhir, atau gregetan saat kamu sudah mengendalikan permainan namun lawan mengeluarkan jurus ampuhnya.

8. Battlefield V (76 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!egmnow.com

Selain game fighting, game FPS juga sering menjadi sumber stress dalam video game. Dalam kasus Battlefield V, game FPS dengan konsep squad dan combined arms ini masih lebih nyaman dimainkan dibanding game FPS lain dengan ritme cepat. Jika kamu payah menggunakan senjata api, kamu mungkin bisa mengendarai tank untuk melepas penat.

7. Fall Guys (78 BPM)

Satu lagi game viral yang berhasil masuk daftar game yang paling bikin stress. Saat main Fall Guys, pernah gak ketemu lawan yang mendorongmu dari tepian atau yang menjaga garis finis? Setidaknya keimutan para Fall Guy bisa membuatmu tertawa saat memainkan game battle royale ala Benteng Takeshi ini.

6. DOOM Eternal (80 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!arstechnica.com

Apa jadinya jika konsep game FPS retro klasik diaplikasikan dalam estetika FPS modern? DOOM Eternal jawabannya. Dalam game ini kamu harus bergerak cepat dan membunuh para setan dengan cepat. Jika lambat sedikit maka kamu akan kena akibatnya! 

Baca Juga: Sempat Booming, Easter Egg DOOG Dihapus di Patch DOOM Eternal

5. Fortnite (81 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!yahoo.com

Bagaimana bisa Fortnite, sebuah game battle royale bernuansa ramah dan cerah ini bisa bikin stress? Jika Fall Guys saja bisa jadi sumber stress, Fortnite yang merupakan game battle royale standar juga bisa melakukan hal yang sama.

4. Dark Souls III (81 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!wired.com

Bukan daftar game paling bikin stress namanya jika tidak ada seri game Souls. Dark Souls III masuk ke dalam daftar ini karena memiliki kontrol yang menantang serta kumpulan musuh yang sulit. Game RPG dari FromSoftware ini tidak kenal ampun.

3. Call of Duty: Modern Warfare (83 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!gameinformer.com

Berbeda dengan Battlefield V, Call of Duty: Modern Warfare memiliki ritme yang lebih cepat dengan minim penggunaan kendaraan tempur. Di game inilah kemampuan kamu bermain game FPS diuji hingga ke batasnya. Belum lagi ditambah mode battle royale Warzone-nya yang bikin makin kesal jika dikalahkan di awal game.

2. FIFA 20 (84 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!dok. EA Sports

Jika bermain dan menonton pertandingan sepak bola saja bisa bikin stress, kenapa tidak dengan video game-nya juga? Baik FIFA maupun PES merupakan game olahraga yang sangat kompetitif layaknya pertandingan sepak bola betulan. Perasaan ketika menghadapi lawan yang jago mengocek bola hingga rasa kesal ketika kebobolan lewat set piece dan crossing apik tentu tak bisa hilang begitu saja.

1. Mario Kart (85 BPM)

Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!gamestop.com

Predikat game paling bikin stress jatuh pada Mario Kart (Crash Team Racing juga termasuk). Bayangkan kamu ada di lap terakhir dan memimpin balapan. Kemudian dari belakang muncul Blue Shell dari pembalap paling belakang. Kamu tak punya power-up bintang atau pembalap lain di belakang untuk menipu Blue Shell itu. Kesal kan?

Power-up dalam Mario Kart didesain untuk mengacaukan permainan lawan. Parahnya, game kart ini merupakan jenis party game yang bisa dimainkan 4 orang dalam satu konsol yang sama. Mario Kart adalah game yang bisa menjalin dan merusak persahabatan.

Itu dia beberapa game yang paling stress saat dimainkan. Apakah kamu juga merasa stress saat memainkannya?

Baca Juga: Game Pemburu Hantu? Ini 6 Fakta Game Phasmophobia Yang Seram Banget!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU