Benar Gak Sih PlayStation 5 Dibanderol Seharga 8 Juta Rupiah?

Situs jual beli Amazon diduga membocorkan harga PS5

Benar Gak Sih PlayStation 5 Dibanderol Seharga 8 Juta Rupiah?

Setelah PlayStation 5 dan Xbox Series X mengungkap judul game serta wujud konsol mereka, satu misteri masih mengawang: harga konsol. Kedua konsol next-gen ini masih belum diketahui harga pastinya. Baik Sony dan Microsoft masih menimbang-nimbang titik tengah harganya.

Sebuah kabar tersiar bahwa PS5 akan dibanderol dengan harga sekitar Rp8 Jutaa. Benarkah demikian?

1. Bocoran harga yang muncul di Amazon

Rumor ini datang dari beberapa orang yang tidak sengaja menemukan listing barang PS5 di situs jual beli Amazon Prancis. Di sana, mereka menemukan konsol PS5 standar seharga 499 Euro, atau sekitar Rp. 8 juta. Sementara itu, versi digital dibanderol seharga 399 Euro, atau sekitar Rp 6.4 juta

Menariknya, listing di Amazon tersebut juga mencantumkan tanggal rilis PS5, yaitu 20 November 2020. Tanggal yang menarik karena terjadi di tengah-tengah musim liburan dan satu minggu sebelum Black Friday.

Baca Juga: Mulai 13 Juli, Semua Game PS4 Baru Harus Bisa Dimainkan di PS5

2. Harga yang bocor disebutkan tidak benar

Saat ini, listing PS5 di situs Amazon tersebut sudah dihapus, baik versi standar maupun digital. Namun, Amazon menyangkal bahwa listing tersebut berasal dari sistem mereka.

"Screenshot tampilan halaman PS5 di situs Amazon.fr seharga 499 Euro dengan tanggal rilis 20 November tersebut adalah palsu dan tidak berasal dari situs kami," ungkap juru bicara Amazon.

3. Sony masih mencari titik tengah

Kenyataannya, Sony sendiri masih mencari jalan tengah dalam menentukan harga PS5. Menurut CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan, timnya masih mencari titik seimbang antara harga dan nilai konsol PS5 itu sendiri.

Penentuan harga konsol next-gen merupakan sebuah war of attrition. Pemenangnya akan ditentukan tergantung siapa yang mengumumkan harganya lebih dulu. Yang menyebutkan harganya lebih dahulu beresiko harganya di-undercut oleh lawannya. Mari kita lihat apakah Sony akan mengulang kembali momen E3 1995 disaat mereka menghancurkan Sega Saturn, ataukah Microsoft yang akan membuat Sony memakan senjatanya sendiri?

Baca Juga: PS5 Jadi Konsol Game dengan Ukuran Bodi Terbesar?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU