Ada Rencana Gran Turismo PS5 Gunakan Resolusi 4K dan Framerate 240 FPS

Kaz: "Resolusi 4K cukup kok."

Ada Rencana Gran Turismo PS5 Gunakan Resolusi 4K dan Framerate 240 FPS

Polyphony Digital telah sukses merilis game balapan Gran Turismo Sport, di mana game ini dipertandingkan tiap tahunnya dalam kompetisi resmi di bawah naungan FIA. Meski demikian, Polyphony Digital tidak serta merta berpuas diri.

Dengan konsol PlayStation 5 di depan mata, Polyphony Digital mulai bereksperimen dengan teknologi grafis baru untuk Gran Turismo selanjutnya. Kazunori Yamauchi, pencipta seri Gran Turismo, sudah punya bayangan seperti apa grafis dari game Gran Turismo baru ini.

1. 4K sudah cukup

Ditemui di putaran pertama FIA Gran Turismo Championships 2020 di Sydney, Kazunori Yamauchi mendapatkan banyak pertanyaan terkait game Gran Turismo selanjutnya; terutama tentang teknologi dan grafis game tersebut.

PS5 diklaim mampu mendorong visual grafis real time dengan resolusi 8K dan framerate 60 FPS. Gran Turismo Sport pun bahkan bisa berjalan di resolusi 8K. Meski demikian, Kaz memberikan jawaban mengejutkan dengan menyebut game terbaru Gran Turismo hanya akan berjalan di resolusi 4K! 

Baca Juga: Ini Hasil Akhir Grand Final Gran Turismo Championships 2019 di Monako!

2. Kejar FPS hingga angka 240

Ada Rencana Gran Turismo PS5 Gunakan Resolusi 4K dan Framerate 240 FPShooniverse.com

"Menurut saya, resolusi 4K sudah cukup," ujar Kaz singkat. Namun ada catatan lain terkait resolusi ini. Karena dibatasi hingga 4K, Polyphony Digital bisa fokus ke aspek grafis lain yaitu framerate.

"Jika berbicara jumlah frame (gambar) per detik, saya lebih tertarik mengejar angka 120 atau bahkan 240 FPS daripada tetap di 60 FPS. Menurut saya, itu (FPS) akan sangat mengubah pengalaman bermain," jelas Kaz.

3. Keterbatasan manusia dan teknologi

Di atas kertas, jumlah FPS tinggi memang sangat penting dalam bermain game, apalagi game balapan. Resolusi besar hingga 8K hanya akan membuat tampilan grafis makin tajam. Namun, framerate adalah kunci penting untuk menyajikan gameplay halus dan oke. Developer game harus menyeimbangkan game-nya agar memiliki kualitas grafis dan gameplay terbaik; dengan mengatur seperti apa resolusi, kualitas grafis, dan framerate yang cocok.

Meski demikian, ambisi Kaz untuk mengejar angka 240 FPS akan cukup sulit. Di titik 60 FPS ke atas, mata manusia akan sulit membedakan mana adegan dengan 120 FPS dengan 240 FPS. Selain itu, TV dan monitor yang memiliki refresh rate tinggi masih tergolong jarang di pasaran. Selain itu, harganya juga cukup mahal dibanding TV dan monitor dengan refresh rate 60 Hz standar.

Buat kamu sendiri, apa yang lebih penting dalam bermain game: resolusi layar atau jumlah FPS?

Baca Juga: Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU