10 Momen Lucu dan Memalukan Sepanjang Sejarah E3

Momen mengcok perut dan sangat canggung

10 Momen Lucu dan Memalukan Sepanjang Sejarah E3

Banyak developer dan publisher game yang mulai menjauhi format presentasi E3 untuk mengenalkan game mereka. Selain karena perkembangan internet yang membuat game lebih cepat dipromosikan, kurang populernya format presentasi E3 juga karena para developer dan publisher tidak mau mengundang reaksi yang tidak diinginkan untuk game mereka.

Faktanya, dari tahun ke tahun, ada saja berbagai momen lucu dan memalukan saat presentasi E3 yang jelas-jelas tidak diinginkan publisher game. Kejadian-kejadian tak terduga ini bahkan memiliki dampak signifikan pada penjualan game mereka! Ini dia 10 momen lucu dan memalukan dari E3.

1. Presentasi PlayStation 3

Kita mulai dari tahun 2006 di mana Sony memperkenalkan PS3 untuk pertama kali. Para gamer mengernyitkan dahi karena Sony mengumumkan PS3 dengan harga yang sangat mahal sehingga banyak gamer beralih ke Xbox 360.

Namun yang lebih memalukan adalah bagaimana bos PS Kaz Hirai membawakan presentasi PS3. Saat mendemokan PSP, ia menunjukkan game Ridge Racer dengan slogan ikoniknya, "RIIIIDGE RACEEEER!" Selain itu demo game Genji 2 juga jadi lawakan karena menampilkan musuh kepiting raksasa dalam sebuah game yang diklaim berdasarkan sejarah otentik Jepang tradisional.

2. Pengumuman Peggle 2

Momen dari presentasi EA di E3 2013 ini sebentar namun sangat epik. Setelah mendemokan Plants VS Zombies: Garden Warfare, John Vechey selaku co-founder Popcap mengumumkan satu lagi game terbaru dari mereka: Peggle 2.

Yang lucu (atau bikin malu), John berteriak "PEGGLE TWO!" sambil melompat, dan kemudian sebuah musik orkestra epik dimainkan dengan angka 2 besar muncul di layar beserta efek-efek pelangi. Momen tersebut terjadi selama 10 detik, dan sambutan penonton sangat hening. Setidaknya riuh penonton kembali lagi setelah Titanfall didemokan.

3. Presentasi Battlefield 4

Masih dari EA, kali ini ada kesalahan teknis pada presentasi Battlefield 4 di E3 2013. Saat general manager EA Patrick Soderlund memutarkan video trailer Battlefield 4, terdapat kesalahan teknis sehingga video yang sudah diputar harus dimatikan dulu.

Momen memalukan di sini adalah dimana seisi penonton terdiam dan hening selama satu menit lebih sementara Patrick berusaha tenang dan meyakinkan penonton bahwa mereka akan segera menonton trailer tersebut. "(Videonya) akan muncul, saya janji," ujarnya dengan canggung.

4. Demonstrasi Wonderbook

Wonderbook merupakan sebuah game PlayStation eksklusif yang menggabungkan teknologi augmented reality dan juga kontroler PS Move dan PS Eye untuk memberikan pengalaman menjadi seorang penyihir.

Namun masalahnya, saat game ini didemonstrasikan di E3 2012, berbagai fungsi dan gimmick dari game tersebut tidak bekerja sama sekali! Presentasi ini mungkin jadi alasan kuat kenapa Wonderbook kurang laku di pasaran. Duh...

5. Jamie Kennedy di Activision

Komedian Jamie Kennedy menjadi pembawa acara di presentasi Activision di E3 2007, namun ia datang seperti orang mabuk. Pembawaannya membuat ia terlihat tidak punya semangat, dan leluconnya lebih mengarah pada ejekan kepada para penonton dan developer game. "Tempat ini membuat pengunjung comic-con terlihat mirip (para pemain film) Ocean's Thirteen," katanya.

Bertahun-tahun setelah kejadian tersebut, ternyata Jamie Kennedy masih tidak bisa melupakannya dan memilih untuk tidak mau diingatkan. 

Baca Juga: E3 2020 Batal Diadakan Karena Virus Corona

6. Presentasi NFS Payback

EA mengumumkan NFS Payback di E3 2017, dan presentasi mereka berjalan cukup lancar. Yang tidak lancar adalah pembawa acara dari presentasi itu yaitu Youtuber Jesse Wellens dari channel PrankvsPrank.

Jesse kelihatan kesulitan mengingat apa saja yang harus ia ucapkan di depan kamera. Ia hanya mengulang-ulang namanya sendiri dan juga pekerjaannya sebagai Youtuber. Beruntung, produser eksekutif Marcus Nilsson datang untuk mengambil alih pembicaraan. Dalam vlognya, Jesse mengaku membuat kesalahan karena tidak sempat menghafalkan naskah dan teleprompter di hadapannya menampilkan naskah yang berbeda.

7. Demonstrasi Wii Music

Kenapa Nintendo kini lebih sering mengadakan Nintendo Direct daripada acara panggung? Mungkin ini salah satu alasannya. Di E3 2008, Shigeru Miyamoto dan beberapa staf Nintendo mendemonstrasikan game Wii Music dengan memainkannya di atas panggung.

Alih-alih terlihat seperti orang yang bermain musik betulan, Shigeru dan kawan-kawan malah kelihatan seperti melakukan gerakan dansa yang sangat aneh. 

8. Pengumuman Trials Rising

Creative director Antti Ilvessuo, hadir untuk mengenalkan game Trials Rising dengan cara yang sangat nyeleneh. Ia datang dengan naik motor trail kecil yang tidak proporsional dengan tubuh besarnya. Ia berhenti di depan panggung dan kemudian memberi tos pada para penonton di baris depan.

Ketika Antti naik panggung, inilah momen paling epik. Tiba-tiba ia tersandung dan menghancurkan TV di hadapannya yang sebenarnya tidak dinyalakan. Bisa saja itu adalah TV rusak yang dijadikan properti semata. Momen ini menunjukkan bahwa berbagai settingan di acara E3 bisa terlihat sangat memalukan dan tidak menghasilkan respon yang diinginkan.

9. Mr. Caffeine dari Ubisoft

Presenter TV Aaron Priceman mendapatkan kesempatan untuk membawakan acara Ubisoft di E3 2011. Ia sangat komunikatif, dan juga berbicara dengan antusias. Namun masalahnya, lelucon dia sangat garing.

Belum lagi karena Aaron sangat senang membuat efek suara yang dipadukan dengan gerakan hiperaktifnya. Tak heran para gamer memberi Aaron julukan Mr. Caffeine

10. Seluruh presentasi Konami

Jika momen-momen lucu dan memalukan di atas terjadi di beberapa waktu saja, bagaimana jika ada konferensi E3 yang seluruh isinya sangat memalukan? Inilah yang terjadi di presentasi Konami di E3 2010. Seisi konferensi ini didominasi oleh momen-momen memalukan yang membuat penonton diam seribu bahasa.

Dimulai dari presentasi membingungkan Tak Fujii yang mengenalkan game Ninety-Nine Nights II, kemunculan mendadak tiga pegulat yang bertarung di atas panggung saat presentasi Lucha Libre AAA, demo Dance Masters yang aneh, hingga sulap kepala buntung di presentasi game Never Dead. Bisa dikatakan sejak saat itu, Konami tidak lagi membuat presentasi di E3.

Itu dia 10 momen lucu dan memalukan dari E3. Apa kejadian lucu dan memalukan yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU