E3 2012: The Last of Us, Beda Pemain, Beda Pula Pengalamannya

Sebuah event atau peristiwa dalam video game biasanya adalah suatu hal yang sudah ditentukan dari awal oleh pembuatnya. The Last of Us mencoba untuk membebaskan diri dari hal tersebut dengan membuat game yang akan berubah secara dinamis tergantung dari tindakan yang dilakukan pemain.

E3 2012: The Last of Us, Beda Pemain, Beda Pula Pengalamannya

E3 2012: The Last of Us, Beda Pemain, Beda Pula Pengalamannya

Mungkin para pembaca sekalian masih ingat dengan trailer super keren dari The last of Us yang pernah kita post beberapa hari yang lalu (jika sudah lupa silakan melihatnya melalui link YouTube berikut ini). Nah ternyata seluruh trailer gameplay ini bukanlah sebuah scripted event. Artinya peristiwa yang terjadi di trailer di atas sebenarnya terjadi karena tindakan yang dilakukan oleh pemain. Jika mau kamu bisa saja melewati trailer tersebut dengan cara yang sama sekali berbeda. Misalnya kamu bisa melihat interaksi baru antara Elie dan Joel, dimana mereka bercakap-cakap mengenai poster sebuah film. Bukan hanya itu, didalam hotel pun kamu bisa menghadapi para bandit dengan cara yang berbeda-beda. Kamu bisa melewati area ini dengan tidak bertarung sama sekali. Para bandit bisa dipancing menggunakan botol kosong, atau kamu bisa juga menodongnya dan kemudian memukul pingsan bandit tersebut di ruangan lain. Intinya tiap gamer akan mendapatkan pengalaman bermain yang berbeda sesuai dengan apa yang mereka lakukan.

E3 2012: The Last of Us, Beda Pemain, Beda Pula Pengalamannya

Selain pengalaman bermain yang berubah-ubah, Ellie dan musuh juga akan beradaptasi dengan hal-hal dan kebiasaan yang kamu lakukan. Jika misalnya kamu sering menggunakan cara-cara stealth, maka Ellie akan berusaha untuk mengikutimu dengan setenang mungkin. Tapi jika misalnya kamu sering menerjang dan menghajar musuh, maka Ellie juga akan siap sedia membantumu. Musuh juga begitu, mereka akan bekerja sama dan menggunakan berbagai macam taktik untuk bisa menemukan dan membunuh mu. Secara umum musuh akan selalu mengawasi posisi satu sama lain. Jika misalnya ada musuh yang tidak ada di posisinya, atau jika mereka menemukan rekannya yang pingsan, maka bisa dijamin musuh akan mulai mencari dan memburu mu. Kedua hal ini membuat permainan akan berjalan lebih dinamis, dan replay valuenya akan tinggi, karena tiap kali bermain kamu akan menemukan hal baru.

E3 2012: The Last of Us, Beda Pemain, Beda Pula Pengalamannya

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU