Ultralist: Evolusi Penampilan Lara Croft dari Masa ke Masa
Masih menyambut perilisan Tomb Raider beberapa hari lalu, dalam Ultralist kali ini kami mengajak kamu untuk melihat evolusi penampilan Lara Croft selama tujuh belas tahun kiprahnya di dunia game dalam sepuluh game utamanya. Selamat mengikuti!
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Versi reboot dari Tomb Raider sudah dirilis pada 5 Maret 2013 lalu. Dan sesuai dengan prediksi banyak kalangan, akhirnya game ini pun mampu menjawab keraguan dari para penggemar dan mendapatkan sambutan yang positif baik dari mereka, maupun dari gamer kebanyakan. Respon positif ini cukup penting, mengingat untuk game kali ini Crystal Dynamics mengambil langkah "berani" dengan mengubah desain dan image Lara Croft yang sudah kita kenal selama ini dengan cukup drastis.
Berbicara tentang desain Lara Croft, sebenarnya selama tujuh belas tahun kiprah Lara Croft di dunia game, penampilan Lara Croft sudah banyak berubah antara satu game dengan game lainnya. Pertama kali tampil tahun 1996, tercatat Lara Croft sudah memiliki sepuluh game utama, dan empat game spin off. Belum lagi dua film layar lebar, yang sepertinya akan mendapatkan film ketiganya setelah reboot game-nya kali ini. Seperti apa evolusi Lara Croft selama tujuh belas tahun dalam sepuluh game utama ini? Yuk kita simak satu per satu.
Tomb Raider
Tahun Rilis: 1996
Developer: Core Design
Publisher: Eidos Interactive
Platform: PlayStation, Sega Saturn, PC, Mac
Kemunculan perdana Lara Croft dimulai di Tomb Raider yang dirilis tahun 1996. Dalam penampilan perdana ini, wajahnya masih didominasi dengan mata coklatnya yang lebar, alis bersudut yang tebal, dan bibir masih terlihat bengkak. Rambut khasnya juga menjadi awal yang akhirnya selama bertahun-tahun menjadi identitasnya. Pada artwork resminya, memang didesain dengan rambut kepang khasnya, namun masih terlalu sulit untuk diterapkan di dalam gamenya. Siluet tubuh Lara menciptakan kenangan tersendiri. Pinggang Lara didukung dengan dada yang mungkin agak terlalu besar. Sarung tangan hitam yang luar biasa besar, yang ternyata memang sengaja untuk menyamarkan kecanggungan model. Sepasang sepatu tempur, sarung tangan tanpa penutup jari, dan ransel coklat. Dan terakhir dilengkapi dua pistol kembar, lahirlah Lara Croft pertama dalam game ini.
Tomb Raider II
Tahun Rilis: 1997
Developer: Core Design
Publisher: Eidos Interactive
Platform: PlayStation, PC, Mac
Setahun berikutnya, pengembang Core Design tetap mempertahankan formula seperti pada desain sebelumnya yang terbukti sukses. Lara Croft tidak banyak berubah pada tahun keduanya ini. Sedikit penyesuaian di bagian wajah dibuat pihak pengembang, serta mata Lara dibuat lebih hidup dengan bingkai bulu mata yang tebal.
Tampilan Lara juga mendorong ke arah emosional yang lebih luas. Beberapa dari gambar ofisial mendokumentasikan bagaimana senyuman yang sedikit mengerikan dengan seringai gigi yang diperlihatkan. Rambut kepang panjangnya yang sangat khas terikat di ujungnya juga ditampilkan dalam game ini.
Pada game sebelumnya, kelengkapan pakaian Lara selalu sama di setiap iklim. Kali ini, setiap koleksi pakaian Lara terbagi-bagi sesuai perbedaan suasana. Tambahan lain ada kostum leotard biru, jaket bomber, wetsuit Sola, dan jubah biru minimnya.
Tomb Raider III
Tahun Rilis: 1998
Developer: Core Design
Publisher: Eidos Interactive
Platform: PlayStation, PC, Mac
Petualangan ketiga Lara kali ini berkisah tentang usahanya menguak misteri di India, Nevada, dan Pasifik Selatan. Melanjutkan tren-tren sebelumnya, Lara sedikit sekali mengalami perubahan fisik, meskipun terlihatnya sedikit perubahan dari grafis in-game-nya. Selain penambahan poligon untuk sedikit memperbaiki lekuk-lekuk tubuhnya yang sedikit tajam, Core Design juga menambahkan keragaman untuk perlengkapan yang dibawa oleh Lara.
Pakaian lainnya termasuk catsuit ketat dan pakaian khusus Arktik, masing-masing dengan sepatu yang berbeda. Hal ini sedikit mempertegas usaha Core Design yang rupanya ingin mencoba sedikit mengambil resiko untuk mempromosikan Lara di game ketiganya ini, dengan cara membuka lebih banyak daya tarik seksualnya.
Tomb Raider: The Last Revelation
Tahun Rilis: 1999
Developer: Core Design
Publisher: Eidos Interactive
Platform: PlayStation, Dreamcast, PC, Mac
Satu tahun selanjutnya, judul terbaru Tomb Raider dirilis. Dalam Tomb Raider: The Last Revelation, Lara Croft melakukan petualangan sendirian di tengah padang pasir Mesir. Keadaan ini yang menghilangkan kebutuhan untuk sering berganti-ganti kostum, dan akibatnya Lara sepanjang game terlihat selalu menggunakan pakaian klasiknya.
Game ini juga menampilkan sebuah flashback dari Lara Croft remaja yang menampilkan berbagai macam perbedaan, mulai dari penampilan Lara dengan rambut ikat dua, bawahan pendek hijau, atasan hijau muda, dan ditambah jas kamuflase yang cocok dengan penampilan tersebut. Meskipun kembali ke umuran remeja, Lara tidak kehilangan ciri khas bentuk tubuhnya seperti di Lara Croft dewasa.
Karena hanya berjarak sekitar satu tahun dari satu game ke game lainnya, tidak ada perubahan visual yang cukup berarti, yang sedikit mengurangi ketertarikan fans untuk franchise ini.
Tomb Raider: Chronicles
Tahun Rilis: 2000
Developer: Core Design
Publisher: Eidos Interactive
Platform: PlayStation, Dreamcast, PC, Mac
Setelah sebelumnya sempat diperkirakan telah meninggal, Lara Croft akhirnya kembali muncul dengan di Tomb Raider: Chronicles. Game ini memiliki empat petualangan unik yang tentu saja mengakibatkan banyak kostum yang digunakan oleh Lara. Menelusuri lebar dan luasnya kota Roma, Lara memakai pakaian normalnya, namun Lara juga sempat terlihat muncul dengan gaun Opera elegannya. Dalam perjalanan selanjutnya menuju Rusia, Lara berpakaian jumpsuit hitam putih, dengan topi rajutan di atas kepalanya.
Lara Croft remaja kembali juga dalam petualangan kali ini, dan Core Design mengambil sedikit resiko dengan membeberkan scene Lara berganti pakaian. Lalu pada tempat terakhir Lara yakni di sebuah menara berteknologi tinggi dimana ia berpakaian catsuit hitam, Lara juga tampak dilengkapi dengan beberapa perlengkapan komunikasi .
Lima tahun berturut-turut rilis game, Lara hanya mengalami sedikit perubahan pada tampilan fisik, yang nampaknya hal tersebut disengaja oleh Core Design agar desain tersebut bisa menjadi acuan untuk menampilkan Lara di game-game selanjutnya.
Tomb Raider: The Angel of Darkness
Tahun Rilis: 2003
Developer: Core Design
Publisher: Eidos Interactive
Platform: PlayStation 2, PC, Mac
Setelah melewati era PlayStation dan masuk ke era PS2, Core Design mengambil kesempatan besar ini untuk meningkatkan visual dari Lara Croft secara total mengikuti perkembangan teknologi rendering. Total tiga tahun diperlukan Core untuk membangun Angel of Darkness, untuk menciptakan tampilan Lara yang lebih realistis. Penampilan baru Lara terlihat dari bagian wajah lebih sempit, mata yang tetap lebar, dan bibir yang besar. Matanya juga terlihat lebih gelap daripada game-game sebelumnya. Rambut kepangnya juga lebih kebawah dan longgar.
Mengambil tempat di beberapa lokasi yang lebih modern, seperti Paris dan Prague, Angel of Darkness menceritakan Lara sebagai seorang tersangka yang dituduh kasus pembunuhan dan pakaiannya menggambarkan hal tersebut. Pakaian lawas ia tanggalkan, dan atasan gelap dan camo pendek berwarna hijau gelap menemaninya selama petualangan. Semua perlengkapan Lara, mulai dari pistol, holster, sepatu boot, dan backpack juga didesain ulang untuk kesesuaian peran Lara kali ini sebagai seorang pelarian dan tersangka.
Tomb Raider: Legend
Tahun Rilis: 2006
Developer: Crystal Dynamics
Publisher: Eidos Interactive
Platform: Xbox 360, Xbox, PlayStation 2, PSP, GameCube, PC
Crystal Dynamics menunggu hingga tiga tahun sebelum memutuskan untuk memulai debut baru Lara ke dunia game melalui Tomb Raider Legend di tahun 2006. Perlengkapan dan senjatanya tampak sepadan dengan gaya lawasnya. Lara kehilangan kepang lamanya, dan diganti dengan rambut ekor kuda yang lebih simpel. Wajahnya di rekonstruksi ulang, dan tampak lebih natural dengan matanya yang bulat, dan bibirnya yang lebih tipis.
Tubuh Lara juga tidak luput terkena perombakan. Sambil tetap mempertahankan proporsional ideal, siluetnya tampak terlihat lebih seperti seorang atlit daripada model majalah. Kostum default-nya sangat mengekspos otot, dan lebih banyak bagian tubuh yang terbuka. Crystal juga mempertahankan elemen identitas Lara, seperti pistol kembarnya, backpack, hingga boot perangnya. Semua hal tersebut ditingkatkan untuk menyesuaikan Lara dengan petualangannya di game ini.
Tomb Raider: Anniversary
Tahun Rilis: 2007
Developer: Crystal Dynamics
Publisher: Eidos Interactive
Platform: Xbox 360, Xbox, PlayStation 2, PSP, PS3, Wii, PC, Mac
Meskipun hanya merupakan versi remake dari game pertamanya, namun Crystal Dynamics memodifikasi engine yang digunakan dan menciptakan Lara yang jauh lebih realistis dibandingkan game pertamanya dulu. Dalam game ini, pihak pengembang kembali menghadirkan Lara lengkap dengan rambut kepangnya yang khas, pakaian, hingga dua handgun yang digunakannya.
Game ini pun mendapatkan respon yang cukup baik dari para penggemarnya, karena berhasil mengkombinasikan teknologi grafis yang baru dengan formula gameplay original.
Tomb Raider: Underworld
Tahun Rilis: 2008
Developer: Crystal Dynamics
Publisher: Eidos Interactive
Platform: Xbox 360, PlayStation 3, PlayStation 2, PC, Nintendo Wii
Dikembangkan oleh hardware generasi terbaru di tahunnya, Tomb Raider: Underworld mendapatkan banyak perubahan di sisi penampilan sang protagonis. Crystal Dynamics membawa penampilan fisik Lara Croft lebih jauh. Setelah mendapatkan pijakan yang cukup solid dengan versi Legend dan Anniversary-nya, kini Lara Croft tampil lebih atletis. Dengan fisik yang proporsional sekali lagi, otot-otot Lara tampil lebih rinci, terutama di bagian lengan, perut, dan paha. Wajah Lara juga tampak kuat, lebih menawan dengan pipi yang rinci, bulu mata yang hitam tebal, dan bibir dengan warna yang lebih cerah.
Pakaian Lara sangat atletis, terbuat dari kain lycra. Selain itu Underworld juga membuat interaksi Lara dengan lingkungan sekitar lebih nyata. Sebagai contoh, Lara tetap akan basah apabila baru saja selesai berenang, dan menjadi penuh lumpur apabila baru mengeksplorasi rawa-rawa.
Tomb Raider
Tahun Rilis: 2013
Developer: Crystal Dynamics
Publisher: Eidos Interactive
Platform: Xbox 360, PlayStation 3, PC
Akhirnya Lara Croft mendapatkan perubahan yang sangat signifikan dalam versi reboot-nya kali ini. Meskipun tampak terlihat tidak kehilangan sisi atletisnya, namun dalam game ini Lara jauh dari kesan tangguh dan mahir menggunakan senjata seperti sebelumnya yang pernah kita kenal. Di sini Lara sangat terlihat sisi humanisnya, dimana dia bisa merintih karena kesakitan atau kesulitan saat pertama kali diharuskan memegang senjata. Hal ini menyesuaikan dengan timeline-nya, dimana dalam game ini Lara dikisahkan menjadi survivor, dan baru saja menjalani petualangan pertamanya.
Mengikuti perkembangan teknologi, penampilannya juga jauh lebih realistis dibandingkan game-game sebelumnya. Tidak lagi memiliki bibir yang tebal, dan semua bagian tubuhnya terlihat sangat proporsional, tidak ada bagian yang oversize seperti sebelumnya. Hal ini membuat GK Films yang akan membuat film adaptasinya harus berpikir lebih banyak, siapa yang cocok untuk memerankan Lara di versi filmnya lagi. Karena satu hal yang pasti, Angelina Jolie sudah tidak cocok untuk memerankan Lara Croft dengan image barunya ini.
Bagaimana menurut kamu? Desain Lara Croft mana yang paling kamu sukai? Silahkan share pendapat kamu di kolom komentar ya!
[Sumber: GameInformer/Wikipedia]