PES 2012 Final Preview!

Tepat pada hari ini, Pro Evolution Soccer (PES) 2012 dirilis di US. Memang sih, lebih cepat daripada jadwal "khas" mereka yang biasanya rilis pada Oktober. Nah, bagi kamu yang ingin tahu, seperti apa sih PES 2012 ini? Yuk, kita simak bersama preview lengkapnya didalam!

PES 2012 Final Preview!

FIFA 12 menjanjikan revolusi besar-besaran? Pro Evolution Soccer (PES) 2012 sebagai rival abadinya tentu tidak akan tinggal diam, dan siap menjawab tantangan FIFA 12 dengan revolusi ala mereka sendiri. Yang dimaksud revolusi disini, tentu PES tidak akan merevolusi gameplay arcade yang dimilikinya menjadi simulation, namun banyak improvisasi yang sudah dijanjikan Konami. Improvisasi yang dimaksud adalah seperti kemampuan untuk mengontrol dua pemain dalam satu tim menggunakan tombol analog, hingga AI yang diklaim lebih baik dari prekuelnya dahulu. Bukan hanya itu, kontrol juga akan dirombak oleh Konami menjadi lebih variatif, namun juga tetap mempertahankan ciri khas PES yang memang mengutamakan kemudahan dalam bermainnya.

Dari sisi kustomisasi, PES 2012 kembali memanjakan penggemarnya dengan menyediakan Character Creation yang bisa kamu gunakan untuk mengkreasi pemain mulai dari penampilan, hingga level passing. Level passing ini merupakan salah satu penambahan yang mungkin sangat berguna, karena dengan ini kamu bisa menentukan kecepatan dan level passing yang nyaman untuk digunakan. Passing terlalu tajam dengan hanya dengan sedikit penekanan pada tombol? Hal tersebut bisa kamu lakukan dalam game ini Tentu, untuk mencoba sampai level mana kenyamanan passing, game ini juga menyediakan fitur training yang dibawa dari PES 2011 dengan beberapa peningkatan tentunya.

AI juga diimprovisasi, dimana kali ini kamu bisa melihat pergerakan yang lebih realistis ketika AI berada dalam posisi bertahan, atau dalam kondisi berlari off the ball. Ya, pergerakan off the ball ini adalah salah satu hal juga yang diimprovisasi oleh Konami. Untuk AI dalam posisi bertahan, kali ini akan lebih pintar dimana jika ada seorang AI yang menempel seorang pemain kamu, maka terkadang dia akan menempel terus kemana pemain kamu bergerak. Kamu juga bisa “melawan” pergerakan off the ball AI ini dengan pergerakan off the ball-mu sendiri, sembari satu pemain lain membawa bola. Dengan kontrol dua pemain sekaligus, hal ini tentu sangat mungkin untuk kamu lakukan bukan? Oiya, jika kamu tidak ingin mengendalikan secara manual semua pemain kamu, kamu bisa menggunakan opsi AI assist, sehingga pergerakan pemain yang sedang tidak membawa bola akan diserahkan sepenuhnya kepada AI. Terakhir, “emosi” AI juga ditingkatkan oleh Konami, dimana jika kamu sedang unggul dengan banyak gol melawan AI musuh, maka kamu akan melihat AI musuh seolah frustasi sehingga akan banyak gol lagi yang bersarang di gawang mereka. Mampukah improvisasi ini bisa mengalahkan FIFA 12 dengan revolusi besar-besarannya?

Teknik Baru, Kontrol Baru! 

PES 2012 kali ini mengenalkan banyak sekali teknik baru dalam bermain bola, seperti kontrol dua pemain sekaligus, hingga pergerakan tanpa bola. Untuk memudahkan pemain dalam beradaptasi dengan beberapa teknik dan fitur baru PES 2012 ini, Konami memperkenalkan beberapa kontrol baru yang  terlihat lebih simpel dan mudah diaplikasikan. Sebagai contoh, untuk melakukan Diving (berpura-pura jatuh saat ditempel pemain lawan), kamu bisa menekan tombol L1+L2+L3+R3 secara bersamaan. Selain itu, untuk berganti-ganti dari satu strategi ke strategi lain yang sudah diset sebelumnya, kamu bisa menggunakan tombol D-Pad kanan.

[/caption]

Bukan hanya itu, kali ini level serangan dan pertahanan juga bisa kamu tingkatkan dengan menahan tombol L2 sembari menekan tombol D-Pad atas (untuk meningkatkan level) atau tombol D-Pad bawah (untuk menurunkan level). Pada saat bertahan pun kamu bisa melakukan delay (berlama-lama dengan bola untuk menghabiskan waktu) dengan menahan R2 dan tombol silang saat bertahan. Serta kali ini juga kamu bisa menambahkan pemain di sisi kiri dan kanan pagar betis saat terjadi tendangan bebas. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menekan tombol L2 untuk menambah pemain di sisi kiri dan tombol R2 untuk menambah pemain di sisi kanan. Menarik bukan?

Guna Layar Kedua di 3DS? 

Yang menarik adalah kontrol untuk 3DS, mengingat handheld ini adalah satu-satunya yang memiliki layar ganda. Lantas apa guna layar kedua tersebut? Memang belum ada konfirmasi resmi dari Konami, namun melihat beberapa screenshot yang sudah dirilis Konami (untuk Winning Eleven 2012), tampak layar kedua 3DS ini lebih banyak digunakan untuk perubahan taktik. Cukup sentuh satu dari empat ikon strategi yang sudah diset sebelumnya, maka tim kamu akan langsung menerapkan strategi tersebut. Selain itu, di screenshot yang lain bisa kita lihat, dengan menggunakan layar kedua ini kita bisa bertindak sebagai manajer, kapan menyerang, kapan harus bertahan dan kapan pula harus menahan bola lebih lama. Masih belum dikonfirmasikan apakah versi 3DS-nya kali ini memiliki fitur online juga. Jika jawabannya ya, maka bisa dibilang PES 2012 unggul dari FIFA 12 untuk kategori handheld-nya.

Siap Head to Head di Dunia Maya!

Seakan tidak puas dengan rivalitas di konsol dan handheld, tahun ini rivalitas PES dan FIFA merambah medan perang baru: MMO! Ya, seperti yang sudah kita ketahui, di dunia MMO bolehlah FIFA menepuk dada dengan adanya FIFA Online yang dikembangkan oleh developer asal Korea, Neowiz. Nah, di tahun ini, PES sudah menyiapkan balasannya dengan Winning Eleven Online! Untuk mewujudkan senjata baru ini, Konami bekerja sama dengan sebuah developer asal Korea juga, NHN. Untuk fase open beta-nya, Konami dan NHN berharap untuk bisa melaksanakannya pada 2012 nanti. Masih sedikit info yang bisa didapat dari MMO milik Winning Eleven (dan PES) ini, entah itu dari segi gameplay, atau engine yang digunakan. Semoga saja bisa menjadi penantang yang tangguh untuk FIFA Online yang seakan tanpa lawan di dunia MMO.

MyPES, “Facebook”-nya Game Bola!  

Selain menyiapkan sebuah game MMO untuk menantang FIFA Online, Konami juga tengah menyiapkan semacam social network yang mereka sebut dengan MyPES. Sebenarnya MyPES bukanlah sebuah social network yang berdiri sendiri, namun lebih mengarah kepada sebuah aplikasi Facebook yang bisa digunakan sebagai tempat kumpul para pemain PES. Ya, banyak fitur yang disiapkan Konami dalam MyPES ini, antara lain kamu bisa memamerkan hasil pertandingan kamu kepada pemain lain, mendapatkan poin dan experience dari sharing tersebut, bahkan kamu juga bisa mengajak pemain yang ada disini untuk bertanding dalam sebuah liga. Sesuai tagline-nya, apa guna sebuah kemenangan dan kejayaan, apabila tidak ada seorangpun yang mengetahuinya? Jika dilihat, tentu MyPES ini akan langsung bersaing dengan EA Sports Football Club, fitur milik FIFA 12 yang senada. Tinggal ditunggu saja, siapa yang bakal memiliki mode dan fitur yang terbaik dari keduanya.

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU