Comscore Tracker

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya!

Menarik penggemar baru, plus menggoda pemain lama untuk main lagi!

Di sela-sela mendampingi 10 perusahaan game Indonesia yang tampil di Gamescom 2019 di bawah program Archipelageek, penulis mendapatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa demo gim yang tersedia di area B2C.

Salah satu demo gim yang berhasil penulis coba adalah demo Final Fantasy VII Remake yang menjadi salah satu highlight utama di Hall 9. Square Enix sendiri mendominasi hampir setengah dari Hall 9 lewat judul-judul andalan mereka. Selain demo Final Fantasy VII Remake, mereka juga membawa demo game lain seperti Marvel's Avengers, Final Fantasy XIV Online dan Final Fantasy VIII Remastered.

Seperti apa sih demo Final Fantasy VII Remake? Apakah layak dimasukkan daftar pre-order? Berikut impresi dari penulis!

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya! Foto ini diambil beberapa menit setelah penulis menyelesaikan demo. Antriannya sudah 90 menit![/caption]

Sebelum masuk ke gameplay, penulis sih ingin membahas tentang antriannya dulu. Gamescom 2019 sendiri mulai dibuka untuk umum pukul 10.00 pagi. Namun mulai pukul 09.00, beberapa pemegang tiket "spesial" seperti media, eksibitor dan pengunjung bisnis sudah bisa masuk lebih dulu.

Meskipun jam 9 pagi baru dibuka terbatas, namun antrian sudah mulai mengular. Apalagi saat pintu buat publik dibuka, dijamin bakal malas melihat antriannya!

Di sepanjang lorong penulis melihat banyak pengunjung langsung berlarian untuk menuju hall yang mereka inginkan. Termasuk salah satunya ke Hall 9 tempat demo Final Fantasy VII Remake ini.

Karena memegang Media Pass, penulis pun bisa langsung antri mulai pukul 09.00. Dibutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit untuk penulis mengantri sebelum bisa masuk dan mencicipi demonya.

Bagaimana antrian saat pintu untuk publik dibuka? Bisa sampai 3 jam!

Seseru apa sih demonya hingga membuat ribuan orang antri berjam-jam?

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya!

Setelah masuk, penulis tidak langsung dihadapkan dengan konsol untuk langsung mencicipinya, melainkan masuk di sebuah ruangan "briefing" misi. Di ruangan ini (yang sayangnya mulai saat ini, kita tidak boleh memotret), kamu akan disuguhi dengan video tentang Jessie yang memberimu misi untuk menanam peledak di Mako Reactor.

Setelah mendapatkan briefing misi dari Jessie, penulis pun masuk ke area permainan dan siap mencicipi demonya!

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya!

Saking banyaknya pengunjung Gamescom 2019, Square Enix (dan mayoritas perusahaan game besar lainnya) menyediakan lebih dari 50 station untuk pengunjung memainkan demo gim yang dibawa. Khusus Final Fantasy VII Remake, tersedia hingga kurang lebih 72 station!

Sudah sebanyak itu tapi masih antri. Berapa banyak pengunjung Gamescom 2019? Menurut pernyataan resmi dari penyelenggara, tahun 2019 ini pengunjung Gamescom 2019 mencapai 373.000!

Nah saatnya masuk ke dalam gameplay. Mungkin sebelumnya kamu sudah melihat video gameplay dari Final Fantasy VII Remake ini. Yap, berbeda dengan versi aslinya dulu, Final Fantasy VII Remake ini mengusung gameplay action yang cepat, bukan lagi turn-based.

Dalam demo ini kamu memerankan dua karakter utama, Cloud dan Barret. Selain itu dua karakter utama yang memang muncul di awal gim, dengan memainkan Cloud dan Barret kamu pun bisa merasakan bagaimana sensasi serangan jarak dekat Buster Sword dari Cloud dan serangan jarak jauh khas Barret.

Meskipun aksinya cepat, namun kamu punya kemampuan untuk "menghentikan" aksi sementara saat memasuki menu Command. Menu ini bisa kamu gunakan untuk menggunakan item, mengeluarkan magic, atau menghajar musuh dengan Limit Break saat bar Limit-mu sudah penuh.

Oiya, dengan menghentikan aksi sesaat ini, kamu juga bisa melihat ke sekeliling dan mengatur strategi musuh mana yang akan kamu hajar duluan, dan bagaimana cara terbaik untuk menghajarnya.

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya!

Gameplay sudah tidak turn-based, tapi kok masih ATB? Yap, bar ATB masih ada di gim ini. Saat ATB penuh (dan kamu memiliki cukup MP), kamu bisa mengeluarkan magic. Saat ATB belum penuh pun kamu tetap bisa memberikan damage dengan melancarkan serangan normal plus mempercepat pengisian ATB-mu.

Sayangnya di demo belum ada fitur untuk menggunakan summon. Namun kamu bisa memberikan damage tambahan lewat Unique Ability masing-masing karakter dengan menekan tombol segitiga.

Selain itu, kamu juga bisa melancarkan Limit Break saat bar Limit sudah penuh. Bar Limit ini akan terisi saat kamu terkena damage, dan saat penuh, akan ada menu Limit Break muncul saat kamu menekan tombol Command.

Musuh juga memiliki Focus Bar yang terisi saat terkena damage. Saat penuh, musuh akan berada dalam kondisi stagger, dimana dia akan menerima damage berlipat dari serangan yang kamu lancarkan. Inilah saat yang tepat jika kamu ingin menggunakan magic atau Limit Break.

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya!

Aksi yang cepat menuntutmu untuk membuat keputusan yang cepat pula. Untuk berubah dari Cloud ke Barret atau sebaliknya, kamu hanya perlu menekan tombol D-Pad. Karakter yang sedang tidak kamu kontrol pun akan menyerang secara otomatis.

Pergantian karakter ini sangat terasa saat penghujung demo, saat penulis melawan The Guard Scorpion. Kadangkala Guard Scorpion ini "nangkring" di tembok-tembok atas, sehingga mau tidak mau kamu harus berganti karakter ke Barret agar bisa menyerang dengan serangan normal jarak jauhnya.

Kami Mencicipi Demo Final Fantasy VII Remake di Gamescom 2019. Berikut Impresinya!

Sayangnya demo yang ditampilkan Square Enix untuk publik di Gamescom 2019 ini terlalu pendek. Jika kamu tidak banyak mengeksplorasi area, mungkin demo ini bisa diselesaikan dalam waktu 10-15 menit saja.

Tapi ada baiknya juga sih playthrough demo yang pendek ini. Coba kalau playthrough-nya 30 menit atau lebih, bisa-bisa lebih dari 3 jam antriannya. Hahaha.

Final Fantasy VII Remake menurut rencana akan dirilis pada tanggal 3 Maret 2020 eksklusif untuk PS4.

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game