Strategi Bonus Stagger Damage dengan Tifa di Final Fantasy VII Remake

Tifa bisa jadi andalan saat melawan boss!

Strategi Bonus Stagger Damage dengan Tifa di Final Fantasy VII Remake

Salah satu yang saya suka dari Final Fantasy VII Remake adalah bagaimana game ini membuat semua karakternya terasa solid. Baik dari cerita maupun dari gameplay.

Mulai dari Cloud sampai Aerith bisa jadi penghancur bagi musuh-musuhmu.

Nah, salah satu yang jangan lupa kamu manfaatkan adalah Tifa. Terutama kalau kamu main di Normal, di mana ada pertarungan yang bisa terasa repot. Soalnya, Tifa bisa meningkatkan bonus stagger damage musuh dengan mudah! 

1. Serangan tombol segitiganya bisa menambah persentase damage saat musuh stagger

Pemain Final Fantasy VII Remake seharusnya sudah akrab dengan istilah stagger. Ini adalah kondisi di mana musuhmu sedang tidak bisa melawan balik dan jadi sasaran empuk.

Kondisi stagger tercapai saat stagger bar (bar merah di bawah bar health) musuh terisi penuh. 

Kamu bisa mengisi stagger bar musuh dengan mengeksploitasi kelemahan mereka, atau menyerang musuh dengan teknik seperti Focused Strike milik Tifa.

Begitu musuh stagger, serangan kamu ke mereka akan dapat damage bonus. Standarnya, bonusnya adalah 160%. Tapi Tifa bisa jadi andalan untuk menaikkan persentase tersebut hingga 300%. Sadis kan?

Kuncinya adalah serangan spesial Tifa, yang bisa diluncurkan dengan menekan tombol segitiga. Serangan segitiga Tifa bisa menaikkan bonus damage stagger sampai menyentuh 300% setiap terkena musuh. 

Bisa jadi kalau dalam tingkat kesulitan Normal, musuh kamu tidak akan bangkit lagi setelah kena stagger dan dihajar oleh teknik-teknik spesial Tifa ini. 

Baca Juga: Review Final Fantasy VII Remake: Kisah Cloud Kembali dengan Memukau!

2. Teknik Starshower-nya ngeri untuk digunakan pembuka combo

Tifa juga didukung dengan teknik-teknik yang kuat banget.

Salah satu teknik favorit saya adalah Starshower, yang bisa didapatkan dari Feathered Glove. Kamu bisa menggunakan Starshower untuk semua senjata setelah proficiency teknik ini maksimum di Feathered Gloves.

Seperti bisa dibaca di instruksi, kamu hanya tinggal menggunakan ability serangan atau sihir setelah menggunakan Starshower di Feathered Gloves untuk meningkatkan proficiency.

Starshower ini gerakan pembukanya tidak instan. Tifa akan bersiap-siap dulu sebelum memulai serangan. Tapi setelah itu ia akan meluncurkan rentetan hantaman yang kuat.

Nah, setelah itu, kekuatan serangan Tifa untuk aksi selanjutnya bakal meningkat! 

Merupakan sensasi tersendiri kalau kamu bisa membuat musuh stagger setelah Starshower, lalu tepat ketika musuh ambruk kamu mulai menghajar mereka dengan tombol segitiga Tifa. 

3. Jadi, gimana nih menggunakan Tifa dengan benar?

Untuk membuat Tifa jadi semakin mengerikan, ingat saja: kamu bisa menggunakan Unbridled Strength dua kali untuk membuat serangan Tifa semakin kuat, dan serangan tombol segitiganya berubah.

Awamnya, serangan tombol segitiga Tifa adalah Whirling Uppercut. Pertama kali mengaktifkan Unbridled Strength, serangan tombol segitiga Tifa jadi Omnistrike. Bila diaktifkan kedua kalinya, Omnistrike menjadi Rise and Fall.

Saat musuh sudah hampir stagger, pastikan serangan tombol segitiga Tifa sudah Rise and Fall

Nah, saat stagger bar sudah hampir penuh, kamu bisa mengaktifkan Starshower. Kalau setelah itu musuhmu tumbang, langsung deh hajar dengan Rise and Fall, lanjut dengan Omnistrike, dan Whirlwind Punch. Bila didahului Starshower, seharusnya hantaman Rise and Fall pun ekstra sakit. 

Sudah begitu, setelah kombinasi tombol segitiga tersebut, bonus damage stagger musuh bisa melampaui 200%.

Kalau musuhmu ini stagger-nya lama, kamu bahkan bisa mengaktifkan Unbridled Strength lagi, lalu menghajar musuhmu dengan teknik tombol segitiga lagi hingga bonus damage stagger mencapai 300%.

Bila dikeroyok oleh Cloud dan yang lain, musuhmu bisa jadi tidak akan bangun lagi. Kecuali HP mereka memang panjang sekali. 

Alternatifnya: kamu tidak usah menggunakan Starshower. Buat serangan segitiga Tifa jadi Rise and Fall, lalu tabung ATB hingga dua bar. Biarkan teknik spesial Cloud dan yang lain yang membuat musuh stagger.

Begitu musuh stagger, hajar dengan Rise and Fall, Omnistrike, Whirling Uppercut, lalu aktifkan Unbridled Strength dua kali dengan tabungan ATB kamu dan lanjut dengan kombinasi Rise and Fall, Omnistrike, dan Whirling Uppercut lagi.

Lalu, pastikan Cloud dan yang lain mengerahkan teknik-teknik kuat mereka juga saat Tifa menaikkan bonus damage stagger ini. 

Kalau kamu main di Normal, kemampuan Tifa ini bisa membantu membuat beberapa boss kuat tidak bangun lagi. 

Nah, begitulah ngerinya kekuatan Tifa di Final Fantasy VII Remake. Dengan kemampuannya meningkatkan bonus stagger damage 

Baca Juga: Sambut Rilis Final Fantasy 7 Remake, Larissa Rochefort Cosplay Tifa!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU