Review The Outer Worlds: Penerus Sejati Fallout New Vegas!

Game ini terasa sebagai penerus sejati Fallout New Vegas!

Review The Outer Worlds: Penerus Sejati Fallout New Vegas!

The Outer Worlds adalah game RPG gaya barat dari Obsidian. Di game ini, kamu menjadi seorang kolonis. Dia tadinya berangkat menjelajah antariksa dengan kapal Hope, namun terjadi kesalahan dan sekarang kapal itu dianggap hilang. 

Tokoh utama game ini lalu ditolong oleh Phineas Vernon Welles, seorang pria yang dikenal sebagai teroris oleh korporasi-korporasi yang menguasai wilayah Halcyon. Phineas kemudian meminta bantuanmu untuk membangkitkan para penumpang Hope lain, yang telah 70 tahun berhibernasi. 

Baguskah game ini? Simak review The Outer Worlds berikut ini. 

1. Setiap pilihan yang kamu buat di cerita bisa berdampak besar

Di game Fallout New Vegas dulu, setiap pilihan yang kamu buat di cerita bisa berdampak besar. Misal: kamu bisa menunjuk seorang sheriff di sebuah kota. Tapi bila sheriff itu tidak sejalan dengan pemimpin baru New Vegas, maka seluruh kotanya bisa dibasmi. 

Dibuat oleh tim pengembang New Vegas, kamu juga akan menghadapi pilihan-pilihan moral berat ini di The Outer Worlds. Seperti dari Fallout hingga New Vegas, hati-hati mengambil keputusan. Yang kamu rasa terbaik bisa berakhir buruk jika kamu kurang jeli memahami latar belakang sosok yang kamu dukung. 

Baca Juga: Review Borderlands 3 - Masih Menyajikan Keseruan Khas Serinya!

2. Bakal memuaskan kamu-kamu yang mengikuti cerita dan suka role-playing

Seperti New Vegas juga, kamu benar-benar diberi kebebasan untuk bermain peran di sini. Apakah kamu ingin jadi pendukung korporasi besar di Halcyon, dan bahkan mengkhianati Phineas yang sudah menolong kamu? Bisa. 

Kamu mau jadi anarkis anti-korporasi yang menghancurkan kendali perusahaan-perusahaan besar di Halcyon, meski sebagai akibatnya kamu menyebabkan chaos? Kamu bahkan bisa melakukan itu sejak di planet pertama yang kamu kunjungi!

Kebebasan The Outer Worlds ini juga didukung oleh cerita yang memikat dan bikin penasaran. Sudah lama saya tidak sepuas ini menikmati cerita di game RPG barat. Untuk aspek ini, The Outer Worlds jauh mengungguli Fallout 4

Tapi tentu saja, ini berarti kamu-kamu sekalian yang lebih suka skip cerita mungkin akan kurang menikmati The Outer Worlds. Soalnya bagi saya, inilah kekuatan utama game ini. 

3. Aksi yang mengalir dan seru

Saya beberapa kali membandingkan Outer Worlds dengan New Vegas. Tapi jangan khawatir, sistem pertempuran game ini tidak sekaku New Vegas kok. 

Sistem pertempuran kini berjalan dengan lebih mulus. Unsur Fallout sih tetap ada di sini: sebagai efek karena 70 tahun hibernasi, tokohmu bisa memperlambat waktu. Kamu jadi bisa membidik dengan lebih tenang dalam kurun waktu singkat itu. Kamu pun bisa memperhitungkan bakal seperti apa efek seranganmu bila mengincar kepala, kaki, atau bagian lain musuhmu. 

Yep, ini mirip sistem VATS dari seri Fallout

Pilihan serangan kamu juga tidak terbatas senjata api saja. Ada senjata science dengan efek unik, seperti Shrink Ray. Buat yang lebih suka baku hantam, kamu juga bisa menggunakan banyak senjata jarak dekat kuat. 

Bagi saya, sistem pertempuran The Outer Worlds bahkan lebih asyik dari Fallout 4. Walau harus diakui, untuk segi pertempuran murni, Borderlands 3  (yang sama-sama menceritakan petualangan lintas planet dengan nuansa komedi) masih lebih unggul dari game ini. 

4. Visual yang menarik, dengan latar bervariasi

Peta di The Outer Worlds bukan satu peta besar seperti New Vegas, yang mengambil wilayah Gurun Mojave. Di sini, kamu bisa mengunjungi sejumlah planet berbeda. Masing-masing planet memiliki faksi berkuasa, kondisi medan, dan luas yang berbeda-beda pula. 

Mulai dari Terra 2 yang indah, Groundbreaker yang merupakan pemukiman di stasiun antariksa, Scylla yang terasa hampa penduduk, Monarch yang luas dan dipenuhi monster berbahaya, dan banyak lagi, setiap planet memiliki ciri khas sendiri-sendiri yang membuatnya menarik dijelajahi. 

5. Kesimpulan

Bila kamu bukan tipe yang suka menikmati cerita dalam gameThe Outer Worlds mungkin tidak bisa memuaskan kamu. Kalau kamu lebih suka pendekatan aksi, saya sarankan cek Borderlands 3

Tapi kalau kamu suka role-playing, serta menikmati cerita yang kaya, dengan potensi role-playing yang luar biasa banyak, kamu bakalan menghabiskan banyak waktu di The Outer Worlds

Nilai saya untuk game ini adalah 4,5/5! 

Baca Juga: Event Game Indonesia Game Show Siap Digelar Lagi Tahun 2020!

Artikel terkait

Latest