Review Butcher, Game Brutal dengan Kesulitan Tinggi yang Tetap Fun!

Pilihan menarik buat yang suka game aksi sulit dan menantang

Review Butcher, Game Brutal dengan Kesulitan Tinggi yang Tetap Fun!

Saya mendapat kesempatan untuk menilai Butcher versi PS4. Game stylish yang unik dan terasa asyik.

Seperti apa sih game ini? Simak review Butcher berikut ini! 

1. 2D shooter yang menarik

Pada dasarnya, Butcher adalah game shooter 2D. Mungkin pemain Metroid versi lama dapat gambaran seperti apa permainannya.

Namun ketimbang Metroid, kesan yang saya rasakan saat memainkan Butcher adalah Doom yang disajikan secara 2D. 

Unik memang. Nuansa kelam dan penuh darah dari Butcher, serta pertempuran di mana kamu sebaiknya terus bergerak untuk bertahan hidup, memang mengingatkan pada Doom

Baca Juga: Berdasar Riset, Ini 10 Game yang Paling Bikin Stress!

2. Tingkat kesulitan jadi nilai jual

Butcher punya tagline, "The easiest mode is Hard."  Artinya, mode permainan termudah adalah Hard.

Kalau kamu main, kamu pun dapat merasakan game ini memang brutal. Kalau kamu terbunuh, kamu bakal langsung mulai lagi dari awal level. 

Lalu kalau kamu melakukan kesalahan, musuh bisa membunuhmu duluan. 

Sudah begitu, semakin lama, yang kamu pikirkan pun bukan hanya musuh saja. Beberapa area peta serasa memiliki jebakan yang dapat membunuhmu. 

Meski begitu, Butcher memiliki mekanik yang cukup oke. Begitu kamu sudah terbiasa dengan kendali dasar dari game ini, kamu bakal merasakan ketegangan dan keasyikkan tersendiri untuk membantai musuh-musuh yang menghalangi jalanmu. 

Mekanik yang oke ini membuat kesulitan di game terasa menantang bagi saya, bukan sekedar membuat frustrasi. 

Jadi saya pun memainkannya lagi dan lagi, dengan harapan dapat menyelesaikan misi. Game-nya sendiri tergolong singkat, terutama kalau kamu cukup jago untuk menuntaskan rintangan yang disajikan.

Tapi walapun sudah tamat sekali pun, kamu-kamu yang menikmati game ini bisa jadi akan tertantang main lagi untuk menyelesaikan setiap level dengan secepat dan seefektif mungkin. 

3. Harga dan ukuran game bisa jadi pertimbangan

Saya cek di PS Store, harga untuk Butcher "hanya" Rp139.000. Tergolong murah untuk ukuran game PS4.

Ukuran game-nya sendiri kecil lho, hanya sekitar 140MB.

Jadi kalau kamu ingin game murah yang tidak menguras penyimpanan PS4 kamu, tapi tetap fun dan gila buat dimainkan, Butcher bisa jadi pilihan ekonomis yang menarik. 

4. Kesimpulan?

Butcher bukan game untuk semua orang. Grafis retro-nya saya rasa bisa membuat pemain yang lebih suka visual modern meremehkannya duluan.

Tingkat kesulitan game ini juga rasanya bisa mengintimidasi pemain. Bahkan level 1 dari stage pertama saja bakal menguras otak dan menguji skill kamu, di saat kamu pasti baru meraba-raba gimana cara mainnya.

Lalu tentu saja ada tingkat kekerasannya, yang meski disajikan dengan grafis retro tetap tergolong tinggi dan penuh darah. 

Tapi kalau kamu suka grafis retro, dan kamu memang tipe orang yang suka game sulit namun dengan gameplay oke, Butcher benar-benar bisa jadi pilihan yang kamu nikmati lho.

Begitu kamu menguasai permainannya, ada kepuasan tersendiri menghabisi musuh ditemani efek suara dan musik keren dari game ini.

Suara memang satu lagi kelebihan game ini. Musiknya terdengar oke dan sesuai dengan nuansa game. Belum lagi teriakan-teriakan kematian musuhmu, yang semakin membuat permainan terasa kelam!

Saya pribadi memberikan Butcher nilai 4/5. 

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Butcher, Game Brutal yang Asyik Hadir di PS Store! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU