Interview Eksklusif dengan Produser Doraemon Story of Seasons: FotGK
Ini hasil interview kami di Thailand Game Show 2022!
Bangkok, Duniaku.com - Pada hari pertama Thailand Game Show 2022 (Jumat, 21/10/2022), saya mendapat kesempatan wawancara dengan Koji Nakajima, produser Doraemon Story of Season: Friends of the Great Kingdom.
Hal baru apa saja yang kami tanyakan kali ini?
Simak hasil interview eksklusif saya berikut!
1. Perbedaan Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom dengan judul sebelumnya
Pertanyaan dari saya: "Perbedaan apa yang bisa diharapkan oleh para pemain Doraemon Story of Seasons sebelumnya dengan judul terbaru ini?"
Jawaban dari Koji Nakajima: "...dalam seri Friends of the Great Kingdom, akan ada lokasi baru, skenario baru, cerita baru. Mereka akan melakukan pertanian di planet baru. Karena lokasinya juga baru, ceritanya juga baru, pemain baru yang belum main seri kami sebelumnya bisa menikmati ceritanya, menikmati game-nya."
"Dan juga, pemain lama yang sudah main game sebelumnya juga bisa menikmati dengan perasaan fresh."
"Ada juga banyak fitur baru yang ditambahkan di Friends of the Great Kingdom, seperti lebih banyak fitur Doraemon di serinya. Kalau kamu memikirkan Doraemon, kamu pasti memikirkan gadget-gadget-nya kan? Jadi Doraemon menggunakan gadget-nya untuk membuat Nobita melakukan sesuatu. Seperti misalnya, menggunakan Take-copter (baling-baling bambu) untuk ke langit, lalu menggunakan gas pemadatan untuk membuat awan jadi padat, lalu kamu menanam tanaman di awan. Lalu kamu akan bisa mendapatkan beberapa spesies langka atau bagus yang kamu tanam di awan."
"Atau kamu bisa menggunakan Adaptation Ray ke Nobita, kamu masuk dalam ke bawah laut, kamu mendapatkan beberapa permata, kamu farm beberapa permata, atau menemukan material yang baru atau langka, itu juga fitur baru."
"Dan satu fitur yang belum saya sebut di konferensi pers adalah tentang Buddy System. Buddy System adalah kamu dapat berbicara dengan para karakter, kamu dapat meningkatkan hubungan kamu dengan mereka, dan kamu dapat meminta mereka mengurus peternakan, untuk merawat hewan, untuk melakukan apa pun bersama kamu. Jadi itu disebut Buddy System, yang kami ingin kamu nikmati dalam seri kami."
Baca Juga: Review Doraemon Story of Seasons: Mengingatkan Harvest Moon Era PS1!
2. Inspirasi dari tim produksi untuk tema dan cerita di game ini
Pertanyaan: "Apa inspirasi tim Anda untuk tema dan cerita dari judul ini?"
Jawaban: "Jadi, ketika kamu berbicara tentang Doraemon, salah satu hal yang dapat kamu pikirkan adalah film-film Doraemon, bukan?
Dalam cerita film Doraemon, mereka akan pergi ke tempat baru yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, bertemu dengan lingkungan baru, bertemu teman-teman baru, dan kemudian saling membantu untuk mengatasi beberapa rintangan, dan kemudian happy ending, bukan?
Itu juga konsep yang sama dalam game kami, jadi mereka mengembangkan cerita dan skenario bersama pemilik IP orisinal Doraemon, kemudian mereka saling membantu untuk menciptakan beberapa cerita yang menghangatkan dan menyentuh hati, lokasi menarik yang mereka ingin kamu temukan dan jelajahi dalam permainan.
Jadi kamu menjelajah, kamu menemukan, kamu menciptakan lebih banyak hubungan dengan karakter di planet baru, dan kemudian kamu saling membantu untuk mengatasi masalah dan membuat semua orang bahagia."
3. Pertimbangan memasukkan fitur Two-Player Mode
Pertanyaan: "Fitur mode dua pemain dalam game ini menarik perhatian saya. Apa pertimbangan Anda memasukkan fitur mode dua pemain dalam game ini?"
Jawaban: "Jadi, serial Doraemon adalah serial yang sudah dicintai banyak orang sejak lama. Makanya, kami mengembangkan fitur kerja sama yang juga selaras dengan nama judul kami, yang artinya 'Friends of the Kingdom.'
"Friends," frasa atau kata kunci ini adalah sesuatu yang ingin mereka wujudkan secara nyata dalam game. Jadi mereka ingin para pemain dapat menikmati permainan dengan keluarga mereka, teman mereka, teman dekat mereka, dengan bermain bareng dengan fitur kerja sama.
Pemain dapat saling membantu melakukan pertanian, merawat hewan, atau mengumpulkan hasil panen atau apa pun.
Jadi konsep utamanya adalah kamu bisa menikmati, bersantai. Bermain kasual adalah hal utama yang mereka ingin kamu nikmati. Jadi itulah mengapa dalam istilah teman kamu dapat menikmati dan bersantai sambil berbicara beberapa topik yang mungkin konyol dengan teman-temanmu atau beberapa topik santai dengan keluargamu dan kamu dapat menikmati permainan, saling membantu, dan berbicara bersama, itulah konsepnya."
4. Apakah two-player mode wajib untuk menamatkan game?
Pertanyaan dari saya: "Apa yang bisa diekspektasi pemain dari mode two-player? Apakah mode two-player akan sangat penting untuk memainkan dan menyelesaikan game?"
Jawaban: "Kamu tidak perlu khawatir tentang gameplay-nya. Karena... mungkin beberapa orang ada yang berpikir, 'oh ada fitur kerja sama, jika kamu bermain tanpa teman, kamu tidak dapat menaklukkan permainan atau semacamnya'.
Kami tidak berencana untuk menambahkan fitur untuk membuat hidup pemain lebih sulit atau semacamnya. Jadi rencana kami, kami ingin kamu menikmati permainan dengan santai. Mungkin hari ini kamu ingin bermain sendiri dengan rileks, hanya sendirian. Atau mungkin besok kamu ingin bermain dengan teman-temanmu."
"Ada juga beberapa manfaat jika kamu bermain dengan teman-temanmu. Misalnya, tentu saja, daripada melakukannya sendirian. Teman-temanmu memilikimu. Pekerjaanmu, tugas-tugasmu bisa selesai lebih cepat. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk melakukan sesuatu yang lain, mungkin sesuatu yang kecil, mungkin untuk melakukan penjelajahan, untuk berbicara dengan beberapa karakter atau beberapa NPC di kota atau semacamnya, atau mungkin kamu bisa mendapatkan sumber daya yang lebih banyak dengan bermain dengan teman-temanmu. Hanya beberapa fitur saja."
(Catatan editorial: singkatnya, two-player mode adalah fitur yang akan mempermudah kamu, tapi two-player mode tidak wajib untuk kamu menyelesaikan game-nya).
5. Tantangan dalam membuat Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom
Pertanyaan: "Apakah ada tantangan baru yang Anda hadapi dalam membuat Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom?"
Jawaban: "Jadi tantangan kami dalam mengembangkan seri ini, Friends of the Great Kingdom, adalah Buddy System yang kami katakan sebelumnya. Karena kalau hanya Nobita saja yang mengerjakan tugas-tugas di peternakan, itu mudah. Itu kamu sendiri, kamu bisa mengontrol semua yang ingin kamu lakukan.
Tapi dengan tambahan Buddy System, akan ada karakter yang mengikuti di sekitarmu dalam pergi ke kota, mengurus hewan, menyiram tanaman, dan semacamnya.
Jika mereka hanya mengikuti kamu dan melakukan hal yang sama seperti kamu, itu tidak hidup, itu hanya AI. Mereka tidak ingin seperti itu. Mereka ingin itu menjadi karakter, dengan kehidupan, dengan emosi yang kita inginkan. Jadi itulah satu tantangan yang harus dilakukan oleh tim pengembang. Jadi bukan hanya membantu pertanianmu, tetapi membuat mereka lebih hidup, lebih nyata sebagai NPC, bukan sekedar sosok yang akan mengerjakan apapun yang kamu perintahkan."
Nah itulah interview eksklusif dengan produser Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom di Thailand Game Show 2022.
Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar!
Baca Juga: Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom: Kata Produser!