Berikut Inilah Lima Harapan Untuk Fallout 4!

Trailer Fallout 4 sudah dirilis. Inilah lima harapan untuk Fallout 4, agar game ini bisa lebih bagus dari pendahulu-pendahulunya!

Berikut Inilah Lima Harapan Untuk Fallout 4!

Berikut Inilah Lima Harapan Untuk Fallout 4!

Jadi, kamu pasti tahu dong kalau trailer Fallout 4 sudah dirilis. Kebanyakan gamer pasti sudah memiliki harapan sendiri akan seperti apa kelanjutan game post apocalypse populer ini. Nah, inilah daftar harapan untuk Fallout 4 dari penulis!


[page_break no="1" title="Musuhnya Jangan Enclave Lagi Dong!"]


Harapan untuk Fallout 4 - No More Enclave

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/04/fallout-4-beri-petunjuk-banyak-elemen-prekuelnya/" title="Bethesda Tawarkan “Tujuan Wisata” Baru, Menjelajahi Kota Besar Pasca Kiamat!"]

Di dunia Fallout, [outbound_link text="Enclave" link="http://fallout.wikia.com/wiki/Enclave"] adalah sisa-sisa dari pemerintahan Amerika Serikat yang mencoba mengembalikan keteraturan di Amerika pasca perang nuklir. Sayangnya, saat kemunculan pertama mereka di Fallout 2, mereka ingin mewujudkan visi mereka ini dengan metode ekstrim: melenyapkan semua orang yang memiliki tanda-tanda mutasi, sekecil apapun. Mengingat seperti apa kondisi di luar, tindakan mereka berpotensi melenyapkan seluruh makhluk yang tersisa di Amerika!

Terdengar seperti musuh yang menarik bukan? Lalu kenapa salah satu harapan untuk Fallout 4 adalah agar Bethesda tidak kembali menggunakan Enclave sebagai musuh? Karena kemunculan mereka di Fallout 3 pun sudah bikin dahi berkerut!

Mayoritas pasukan Enclave di Fallout 2 sudah hancur. Seharusnya kondisi mereka seperti [outbound_link text="Enclave Remnants" link="http://fallout.wikia.com/wiki/Enclave_remnants"] yang muncul di misi Auld Lang Syne, Fallout: New Vegas, yakni sekumpulan orang tua yang terpaksa melarikan diri karena dosa-dosa mereka. Namun Enclave malah muncul di Fallout 3 sebagai pasukan penuh power armor yang jumlahnya sangat banyak.

Penulis masih bisa menerima kalau Enclave di Fallout 3 benar-benar sisa yang berhasil selamat dari Fallout, dan entah bagaimana bisa lolos juga dari kejaran New California Republic dan Brotherhood of Steel. Tapi kalau Bethesda memunculkan Enclave lagi sebagai musuh? Itu jelas gejala kurang kreatifnya tim mereka.


[page_break no="2" title="Main Questnya Lebih Mendekati New Vegas Ketimbang Fallout 3"]


Berikut Inilah Lima Harapan Untuk Fallout 4!

New Vegas bukan game yang sempurna. Karena waktu pengerjaan yang sedikit, game ini keluar dengan sejumlah masalah serius (terutama bug) dan dunia yang terasa lebih sempit ketimbang Fallout 3. Namun cara game ini menyajikan plot utamanya begitu luar biasa, dan terasa lebih superior ketimbang quest utama Fallout 3. 

Dari tadinya hanya ingin mencari jawaban kenapa paketnya dicuri dan dia ditembak di kepala, Kurir di New Vegas terperangkap dalam perebutan kekuasaan antara tiga pihak: New California Republic, Caesar's Legion, dan Mr. House. Yang mana yang harus ia bantu? Bagaimana kalau ia malah melibatkan dirinya sendiri dalam konflik ini, agar ia bisa menyingkirkan ketiganya sekaligus? Tapi bagaimana konsekuensinya?

Seperti yang bisa kamu lihat begitu gamenya berakhir, semua sisi (termasuk dirimu sendiri) berpotensi memberi efek positif dan negatif ke Gurun Mojave. House, NCR, dan kamu sendiri berpotensi membantu pihak-pihak yang kamu temui atau justru membuat mereka menderita. Plot ini begitu kompleks, sehingga sebaiknya Bethesda menirunya di Fallout 4. Jangankan Fallout 3, yang di versi vanilla menawarkan quest utama dan ending yang begitu sederhana dan terbatas, plot ini bahkan lebih memikat dari Fallout 1 dan 2!

Game Fallout yang sempurna adalah game yang disajikan dengan kualitas cerita New Vegas namun dengan sentuhan teknis dan gameplay Fallout 3. Karenanya salah satu harapan untuk Fallout 4 dari penulis adalah agar Bethesda benar-benar menggunakan Fallout: New Vegas sebagai bahan inspirasi, sehingga kita tak perlu menunggu produk lanjutan seperti New Vegas untuk memperoleh plot yang lebih bermutu.

Lanjut ke halaman 2....


[page_break no="3" title="Pertempuran Yang Lebih Baik"]


Fallout-4-8

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/03/fallout-4-resmi-dikonfirmasikan/" title="Fallout 4, Anjing dan Tagar PleaseStandBy Buktikan Jika Dunia Belum Berakhir!"]

Baik New Vegas maupun Fallout 3 terjebak masalah yang sama: sistem pertempurannya kaku. Menyenangkan memang, memukul hancur seseorang dengan power fist, tapi tak bisa dipungkiri kalau dibandingkan game-game sejenis model pertempuran di Fallout memang kurang nyaman. Bahkan sistem V.A.T.S. pun terasa seperti jalan pintas yang diambil untuk membuat pertempurannya lebih mudah. Karenanya salah satu harapan untuk Fallout 4 dari penulis adalah agar Bethesda menyajikan sistem pertempuran yang lebih baik.

Seperti apa tepatnya? Yang penulis pikirkan saat ini adalah sistem Gears of War. (Tapi TANPA regenerating health. Sistem stimpack dan obat-obatan masih lebih dari cukup). Fallout 3 dan New Vegas sudah memungkinkan switch sudut pandang orang pertama menjadi orang ketiga, jadi kamu bisa merasakan sensasi sistem ini dari dua sudut pandang berbeda.

Kalau misalnya Bethesda sekalian memberi akses ke sistem battle Fallout 1 dan 2, game ini mungkin akan langsung dilempari gelar Game of the Year. Tapi yang itu hampir tidak mungkin.


[page_break no="4" title="Perkaya Random Encounter"]


Fallout-4-10

Menjelajahi Wasteland bisa membosankan kalau kamu hanya disuguhi daerah gersang tak habis-habis, yang hanya sesekali diganggu serangan monster dan bandit. Keunggulan Fallout 3 dari New Vegas adalah betapa banyaknya kejadian menarik yang bisa kamu temui saat kamu menjelajahi world map! Coba lihat saja daftar random encounter [outbound_link text="Fallout 3" link="http://fallout.wikia.com/wiki/Fallout_3_random_encounters"], lalu bandingkan dengan daftar [outbound_link text="Fallout: New Vegas" link="http://fallout.wikia.com/wiki/Fallout:_New_Vegas_random_encounters"].

Random encounters seperti ini sama sekali bukah hal yang jelek. Malah, kamu bisa lebih bersemangat menjelajahi world map untuk menemukan kejadian aneh-aneh. Karenanya ini menjadi salah satu harapan untuk Fallout 4!

Lebih seru lagi kalau kamu bisa menemukan special encounter seperti di [outbound_link text="Fallout 2" link="http://fallout.wikia.com/wiki/Fallout_2_random_encounters"], yang memungkinkan kamu menemukan hal-hal aneh seperti anjing pembawa sial, kafe misterius di mana tokoh-tokoh Fallout 1 berkumpul, jasad paus yang entah bagaimana bisa sampai di lokasinya, hingga memicu quest utama Fallout 1 dengan perpindahan waktu.


[page_break no="5" title="Sistem Faction Diterapkan Kembali"]


Harapan untuk Fallout 4 - Faction

New Vegas dan Fallout 3 sama-sama menggunakan sistem karma untuk menentukan kepribadian karaktermu berdasarkan tindakan yang kamu ambil di sepanjang permainan. Namun penerapannya yang aneh di New Vegas (mudah sekali mendapatkan karma baik) membuat sistem ini terasa kurang optimal. Penerapan di Fallout 3 lebih baik, namun tetap aneh melihat ada pihak yang sengaja ingin memburumu hanya karena sifatmu.

New Vegas mengembalikan sistem faction, di mana masing-masing pihak di Gurun Mojave akan menilai karaktermu sesuai dengan kelakuanmu ke mereka. Sistem ini memang cocok untuk dunia post apocalypse seperti Fallout. Mengingat betapa buruknya kondisi Wasteland, seharusnya pihak-pihak di dunia game tidak menilai kamu berdasarkan apa kamu menyumbang untuk orang miskin dan sejenisnya, melainkan apa yang kamu lakukan untuk mereka.

Karena itu, salah satu harapan untuk Fallout 4 adalah agar sistem faction diterapkan kembali. Mungkin sekalian diperbagus, sehingga menambah kompleks pengambilan keputusanmu dalam mengerjakan misi.

Dan itulah lima harapan untuk Fallout 4 dari penulis. Apa kamu juga punya harapan untuk Fallout 4 yang belum ditulis di artikel ini? Silakan sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU