Ga Kerasa! 8 Game 2007 yang Kini Genap Berusia 10 Tahun

Tak terasa! Ini dia 8 game tahun 2007 yang tahun ini gerap berusia 10 tahun! Ada game favoritmu?

Ga Kerasa! 8 Game 2007 yang Kini Genap Berusia 10 Tahun

Ga Kerasa! 8 Game 2007 yang Kini Genap Berusia 10 Tahun Sumber: Origin[/caption]

Tahun 2007 merupakan tahun yang mungkin tidak terlupakan dengan peluncuran beberapa game 2007 yang sukses, seperti Mass Effect, Uncharted, The Witcher, Bioshcok, dan masih banyak lagi.

[duniaku_baca_juga]

Lebih jauh lagi, banyak game 2007 yang menjadi awal dari berkembangnya komunitas game yang mendorong ketertarikan masyarakat luas pada sebuah video game lebih jauh lagi.

[read_more id="352820"]

Nah, pada kesempatan ini Duniaku.net ingin kembali melihat game 2017 yang menonjol dan apa saja dampak yang telah terjadi dalam sepuluh tahun sejak perilisannya.

[page_break no="1" title="Game 2007 - Assassin's Creed"]

Kami masih ingat trailer pertama Assassin's Creed yang menampilkan pembunuh "berkerudung" misterius yang berjalan melalui kerumunan orang, melompat ke penjahat yang tidak menyadari keberadaanya, dan menusuknya dengan pisau tersembunyi.

Unsur-unsur ini tak pernah absen untuk seri-seri berikutnya, namun menariknya saat itu semua tampak "fresh" dan baru. Dengan settingan periode waktu yang berbeda dan mekanika crowd-based stealth, Assassin's Creed memancarkan filosofi desain yang inovatif dan berbeda dari game adventure pada umumnya.

Kala itu banyak orang menganggap Assassin's Creed hanya sebagai game yang mengambil settingan periode waktu tertentu saja, tapi saat gamenya pertama kali dirilis, terungkap bahwa sebenarnya ada komponen modern untuk narasinya!

[page_break no="2" title="Game 2007 - Uncharted: Drake's Fortune"]

Sebagai pengembang pihak pertama PlayStation yang membuat transisi ke PlayStation 3, Naughty Dog meninggalkan estetika kartun dari seri Jak and Daxter di PS2 ke franchise baru yang lebih kaya tampilan untuk konsol game Sony generasi ketiga.

Uncharted: Drake's Fortune adalah sebuah game adventure yang terinspirasi Tomb Raider, di mana pemain akan berusaha mengumpulkan senjata, eksplorasi, dan pemecahan puzzle dalam satu petualangan sinematik.

Sementara semua elemen itu jarang hadir dalam ukuran yang sama dalam sejarah 10 tahun seri tersebut, namun Uncharted bisa dikatakan sebagai rangkaian game eksklusif Sony yang terbaik dalam dekade terakhir.

[page_break no="3" title="Mass Effect"]

2017 telah menjadi tahun yang sulit bagi franchise Mass Effect, dengan peluncuran seri terakhirnya, Andromeda yang bernasib malang dan menjadi bahan lelucon komunitas game.

Sebenarnya tujuan dari pengembangan Andromeda adalah mencari ide unik untuk mendapatkan inspirasi dari game pertamanya. Itulah mengapa game ini sekarang lebih "wow" dari sebelumnya dan penting untuk melihat kembali apa yang telah dilakukan oleh seri pertamanya sepuluh tahun lalu.

Untuk menyajikan dunia alam semesta Mass Effect yang luas, BioWare menciptakan dunia yang penuh dengan karakter dan banyak detail. Fitur Codex di dalam game berfungsi sebagai ensiklopedia dalam game yang memungkinkan pemain untuk mempelajari segala hal tentang planet dan spesies.

[read_more id="351742"]

Intinya adalah ini merupakan game sci-fi adventure yang menyenangkan, di mana kamu akan berperan sebagai Commander Shepard dengan kemampuan untuk membuat sebuah keputusan yang nantinya bisa mempengaruhi alur ceritanya.

Komitmen untuk memberikan kebebasan pemain "memilih" ini mungkin bisa dikatakan sebagai warisan Mass Effect yang paling abadi untuk banyak RPG story based lainnya.

Bagi BioWare sendiri, ini merupakan era baru dari RPG sinematik. Sudut kamera yang dinamis dan detail wajah karakter yang dipresentasikan saat itu merupakan sebuah kualitas tingkat tinggi yang layak diacungi jempol!

[page_break no="4" title="Game 2007 - Rock Band"]

Pada tahun 2007, rhytm game berbasis periperal mulai mengalami kesuksesan besar di wilayah barat, berkat game legendaris Guitar Hero yang dikembangkan oleh developer game Harmonix.

Genre ini awalnya lebih populer di Jepang, namun karya Harmonix ini memungkinkannya meraih jangkauan pasar yang lebih luas. Guitar Hero mungkin memang telah meraih kesuksesan, tapi sebenarnya Rock Band lah yang menjadi awal mula dari kesuksesan tersebut.

Rock Band terasa seperti sebuah kumpulan ide mapan yang sederhana. Berdasarkan premisnya, tak dapat disangkal bahwa game ini sangat memikat. Tentunya ada kepuasan tersendiri ketika kita seolah-olah ditempatkan sebagai pemain band Rock. Setuju?

[read_more id="348361"]

Di game ini kamu akan merasakan pengalaman seperti berada di dalam live band, bermain bersama dalan sebuah sinkronisasi sempurna.

Sayangnya, fenomena rhythm game akhirnya berakhir dan popularitas game bergenre ini mulai turun tidak lama setelah seri ketiganya rilis pada tahun 2010.

5 tahun setelah itu, Rock Band 4 akhirnya diluncurkan dan lumayan mendapatkan sambutan hangat dari komunitas game, berkat dukungan penuh yang dilakukan oleh Harmonix dengan terus merilis lagu-lagu baru dalam bentuk DLC sampai hari ini.

Masih ada empat judul game 2007 yang kini telah genap berusia 10 tahun lho! Apa saja? Yuk langsung buka halaman 2.

[page_break no="5" title="Game 2007 - Call Of Duty 4: Modern Warfare"]

Ketika diluncurkan pada tahun 2007, Call of Duty 4: Modern Warfare adalah game FPS yang mengusung perang dunia 2 pertama yang kami mainkan dan bertahan hingga saat ini.

Mode campaign-nya masih menyajikan beberapa momen yang paling berkesan. Jika kamu masih ingat adegan awal menampilkan sebuah kudeta di negara Timur Tengah yang berakhir dengan sebuah eksekusi yang menandai awal konflik dari game.

Modern Warfare juga merambah ke dunia multiplayer, di mana developer game memperkenalkan mekanisme "Creat a Class" yang sekarang menjadi standar dalam sebuah game FPS multiplayer.

[page_break no="6" title="Game 2007 - The Witcher "]

Diantara pengembang besar yang mengusung beberapa judul game seperti Uncharted: Drake's Fortune, Call of Duty 4: Modern Warfare, dan Mass Effect, ada sebuah studio kecil di Polandia yang mengembangkan proyek RPG ambisius yang diadaptasi dari seri buku populer di negara tersebut.

Pengembang mulai membuat role-playing adventure bernuansa gelap yang disebut sebagai The Witcher.

Alih-alih memberikan pemain untuk berperan sebagai pahlawan atau penjahat, CD Projekt Red malah menempatkan pemain dengan karakter abu-abu (bukan karakter baik, tapi juga bukan karakter jahat) yang dampaknya bisa menimbulkan sesuatu yang tak terduga.

[read_more id="342001"]

Well, memang tidak ada unsur baik vs jahat di The Witcher. Terkadang keputusan "benar" bisa menjadi sebuah hal yang fatal. Kamu berpetualang di dunia game sebagai pembunuh Witcher atau pembunuh monster yang terkenal, yakni Geralt of Rivia.

Sebagai seorang Witcher juga, Geralt tidak seharusnya ikut campur urusan manusia, elf, maupun dwarve. Tapi bagi kamu yang telah memainkan game The Witcher, pasti tahu bahwa Geralt memiliki kepribadian yang unik, sehingga wajar jika disukai oleh banyak fan.

Namun yang lebih penting adalah, The Witcher telah menjadi pondasi CD Projekt Red untuk mewujudkan visi dan harapan mereka lebih jauh dan lebih jauh lagi. Dan sekarang The Witcher telah menjadi tolak ukur bagi developer game lain untuk memberikan pengalaman RPG yang terbaik.

[page_break no="7" title="Game 2007 - Bioshock"]

Bioshock dikembangkan oleh sebuah pengembang bernama Irrational Games, yang sebelumnya dikenal telah menciptakan sebuah Action RPG klasik, System Shock 2.

Irrational Games yang merupakan anak perusahaan dari Take-Two Interactive dan 2K Games ini mengembangkan Bioshock yang dirilis pada bulan Agustus 2007.

Bioshock adalah game FPS dengan elemen RPG dan stealth, yang mirip dengan System Shock 2. Di game ini kamu akan berperan sebagai Jack, di mana kamu akan mengumpulkan berbagai jenis senjata dan kemampuan menggunakan serum yang dinamakan plasmid.

[page_break no="8" title="Game 2007 - Halo 3"]

Jika Halo 2 memicu eksistensi Xbox Live, Halo 3 membuat layanan Microsoft itu menjadi sebuah kebutuhan. Seri ketiga dari game yang dikembangkan oleh Bungie ini memiliki desain yang luar biasa dan hingga saat ini masih merupakan salah satu judul multiplayer terbaik yang pernah diproduksi.

Halo 3 "mengambil" semua yang membuat multiplayer pendahulunya sangat bagus dan memperluasnya dalam segala hal. Game ini mampu menarik jutaan pemain dan menciptakan komunitas multiplayer yang lebih hidup dengan banyaknya fitur yang menarik.

[read_more id="346192"]

Game 2007 apa yang sampai saat ini masih kamu kenang dan favoritkan?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU