Simpan Game di SSD Internal Atau di Game Drive Portabel? Ini Jawabnya!

Jangan bingung lagi ya!

Simpan Game di SSD Internal Atau di Game Drive Portabel? Ini Jawabnya!

Ketika kamu memutuskan untuk bermain game, tentunya ada beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan. Mulai dari pemilihan jenis platform apakah mau main di PC atau di konsol. Setelah itu, pemilihan dalam penggunaan graphics card dan prosesor yang terbaik juga menjadi faktor utama untuk mendukung dalam menjalankan game tersebut. Terlebih lagi game yang kamu mainkan nantinya akan sangat menuntut kebutuhan sistem yang tinggi untuk memberikan tampilan visual yang maksimal.

 

Jika melihat perkembangan perangkat game belakangan ini, para gamer tampaknya sudah semakin cerdas dalam memilih beberapa perangkat terbaik untuk mendukung kebutuhan para gamer. Dalam membangun sebuah sistem gaming yang kuat, kini bukan lagi soal memilih prosesor dan graphics card terbaik. Sektor media penyimpanan yang digunakan juga kini haruslah tepat.  Pemilihan media penyimpanan berjenis SSD (Solid State Drive) sekarang juga sudah menjadi kewajiban untuk sebuah sistem PC gaming. Nah selain SSD, gamer juga mulai mempertimbangkan untuk menggunakan portable game drive sebagai perangkat penyimpanan tambahan dan juga supaya siap main kapan saja di mana saja di berbagai perangkat, baik PC, PS maupun Xbox.


Lalu hadir pertanyaan. Apakah lebih baik menyimpan game di SSD atau portable game drive? Sebenarnya sebagai gamer, pertanyaan tersebut tidak perlu kamu tanyakan karena selalu saja ada alasan untuk siap sedia penyimpanan ekstra untuk game-game kamu. Tentunya kamu gak ingin dong hapus game lama kamu demi game baru? Daripada susah-susah memilih, ada solusi cepat dan mudah untuk pengalaman gaming mu, yaitu dengan rangkaian game drive dari Western Digital. 

1. Gamer PC yang sukanya main di desktop saja dengan teman online kamu, pastikan perangkat game kamu dilengkapi dengan SSD gaming yang mumpuni

Bagi kamu gamer PC yang sukanya main di desktop saja dengan teman online kamu, pastikan perangkat game kamu dilengkapi dengan SSD gaming yang mumpuni. Western Digital punya WD Black SN850Game Drive yang sudah menggunakan interface NVMe, yang artinya ngebut banget. Kecepatan baca/tulis WD Black SN850SN850 bisa mencapai hingga 7000/5300MB/ps! Kamu bisa masuk ke dalam game lebih cepat, hingga dengan 1.000.000 IOPS untuk memberikan pengalaman game yang lancar dan responsif.  Untuk varian kapasitasnya, WD Black SN850 tersedia dalam penyimpanan data 500GB, 1TB, dan 2TB.


Performa gaming dengan WD Black SN850 dijamin gak mengecewakan apalagi ditambah software WD Black SSD Dashboard di situs WD yang bisa dipakai untuk menjalankan WD Black SN850 dalam mode gaming. fitur ini membuat pengalaman main game sangat lancar tanpa lag. Mode game ini akan menonaktifkan fungsi mode data rendah pada WD Black SN850, sehingga drive akan menyala di semua silinder selama sesi permainan yang intens. Saat tidak diaktifkan, maka kita bisa memilih mode rendah daya.

Baca Juga: Ini Tiga Alasan Kenapa Gamer PC Hardcore Wajib Menggunakan SSD!

2. WD Black P10 dan WD Black P50

Nah bagi para gamer yang sukanya kumpul bareng di rumah teman supaya bisa main game rame-rame ataupun mainnya di berbagai perangkat seperti PC, PS dan Xbox, Western Digital punya dua penyimpanan eksternal yaitu WD Black P10 dan WD Black P50. Kedua penyimpanan eksternal ini memungkinkan kamu buat menyimpan, menginstall, dan save progress game kamu langsung di masing-masing drive. 


Dibuat khusus untuk gaming, WD Black P10 dibalut dengan desain menyerupai kontainer berwarna hitam yang elegan.Teks yang menghiasi perangkat ini memiliki warna putih. Sementara dimensinya cukup tipis sehingga cocok dengan image HDD portabel yang dibawanya.


Ada tiga pilihan kapasitas storage dari WD Black P10 yang bisa dipilih. Mulai dari 2TB, 4TB, hingga 5TB. WD Black P10 kompatibel untuk PC Windows 8 dan 10, PS4, serta Xbox One. Game drive ini hadirkan proses membaca atau transfer data yang cepat hingga 140Mbps.

3. WD Black P50

Rekomendasi game drive berikutnya adalah WD Black P50, yang memiliki varian kapasitas lebih kecil dari WD Black P10. Di WD black P50, kapasitas memori yang tersedia adalah sebesar 500GB, 1TB, dan 2TB.


Dari segi desain, WD Black P50 terlihat tak jauh beda dengan WD Black P10. Hanya saja, kita bisa lihat perbedaannya di segi dimensi di mana WD Black P50 lebih kecil dibandingkan WD Black P10.


Sama seperti saudaranya WD Black P10, game drive WD Black P50 juga bisa digunakan untuk PC hingga konsol game seperti PS4 dan Xbox One.


Meski ukurannya lebih kecil, tapi performa WD Black P50 gak kalah dibandingkan WD Black P10. Malah lebih cepat, karena WD Black P50 yang merupakan SSD memiliki kecepatan baca data hingga 2.000Mbps.


Dengan kecepatan baca data yang ngebut, tentu ini membuat game-game yang disimpan di dalamnya bisa berjalan dengan kencang juga. Apalagi WD telah menjanjikan adanya stabilitas pada performanya.

 

Jadi, apakah masih bingung buat pilih install game di mana? Klik di sini untuk lihat rangkaian gaming drive yang bisa kamu pilih supaya pengalaman gaming kamu makin seru!


Sebagai informasi tambahan buat kamu para gamers, Western Digital juga baru saja memperkenalkan tiga produk baru dari portofolio solusi penyimpanan WD_BLACK. Solusi Ini termasuk WD_BLACK SN850 NVMe SSD dengan teknologi PCIe® Gen4 generasi berikutnya, add-in-card Gen3 x8 yang dapat di-boot WD_BLACK AN1500 NVMe SSD, dan gaming dock WD_BLACK D50 NVMe SSD yang ditenagai Thunderbolt 3 yang masing-masing menawarkan opsi pencahayaan RGB yang menarik.

Baca Juga: Performa Gaming SSD Masa Depan, Lebih Cepat dari yang Dibayangkan! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU