Comscore Tracker

Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Dijamin kalian beli / koleksi gak cuma satu!

Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Amiibo (atau amiibo), adalah sebutan untuk jajaran mainan figurine yang kompatibel dengan modul near field communication / NFC yang sudah tertanam di dalam GamePad Wii U, dan bisa menyimpan data, untuk kemudian dipindai dengan cara menempatkan figuret tersebut tepat di atas NFC yang berada di balik tombol d-pad GamePad Wii U. Nintendo akan menjualnya pertama kali selama musim liburan 2014 mendatang, atau bersamaan dengan dirilisnya Super Smash Bros. for Wii U pada 21 November 2014 mendatang, yang menjadi game kompatibel amiibo pertama.

Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Kini dengan kejelasan kapan Super Smash Bros. for Wii U, kita juga bisa memastikan kapan Amiibo bakal hadir. Tidak heran jika Nintendo pun mulai mengungkapkan seperti apa desain final figurine hidup mereka ini. Dibandingkan contoh atau versi purwa rupa yang mereka kenalkan selama E3 2014 lalu (baca: E3 2014: Usaha Nintendo Melawan Skylanders dan Disney Infinity Lewat Amiibo), rupanya ada perbedaan. Ada beberapa detail yang tidak terbawa di versi produksi yang akan dirilis ke retailer bulan depan. Seperti misalnya, gaun Peach yang pada versi purwa rupanya ada semacam pahatan di sana untuk memperlihatkan motif gaun tersebut, namun untuk versi produksinya seperti sekadar dicat saja.

Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Demikian juga dengan tiang penyangga putih yang menyokong Link, kini berganti dengan balok tebal berwarna kuning. Perbedaan memang tidak banyak, namun mengingat versi prototype tersebut sudah banyak menjadi acuan seperti apa bentuk Amiibo nantinya, banyak yang sudah berharap besar Nintendo akan memberikan kualitas terbaik seperti contohnya. Kalian bisa melihat detailnya melalui gambar-gambar yang kami post di sepanjang artikel ini (sebelah kiri versi prorotype, sebelah kanan versi final). Jelas tidak sebaik contohnya, meskipun dengan harga yang murah, dan kemampuan menyimpan data statistik karakter, Amiibo tersebut masih terlihat sepadan dengan harganya.

 


[page_break no="" title="Amiibo dengan Nintendo 3DS"]


Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Untuk Nintendo 3DS, yang memang tidak memiliki modul NFC, tersedia sebuah aksesoris add-on berbentuk platform bulat dengan rencana rilis awal 2015 mendatang, dan membantu amiibo berkomunikasi secara wireless dengan sistem 3DS untuk mengirim dan menerima data. Sedangkan NN3DS tidak membutuhkan add-on tersebut. Sebuah figurine amiibo dijual lengkap dengan data default di dalamnya, namun kalian juga bisa menuliskan data baru. Beberapa figur yang sudah dikonfirmasikan bisa kompatibel dengan beberapa game sekaligus. Misalnya, Mario figure untuk Super Smash Bros. juga bisa kalian gunakan nantinya ketika memainkan Mario Party 10 atau Mario Kart 8, selain kalian bisa menggunakan figure Mario standar – namun jika menggunakan figure Mario Super Smash Bros. untuk game lain, maka datanya jelas akan ditukar dengan data baru dari game tersebut.


[page_break no="" title="Simpan Data Statistik Permainan"]


Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Amiibo meamang memiliki unsur interaktif karena bisa menyimpan data dan statistik permainan. Nintendo mengkonfirmasikan 12 Amiibo yang sudah tersedia untuk dipesan awal dengan harga masing-masing hanya $12.99, atau sekitar Rp. 150 ribuan untuk setiap figurine, menurut kami lebih advance dibandingkan figurine dalam Skylanders serta Disney Infinity, karena bisa menyimpan data karakter (atau sebagai pendamping karakter dalam game) yang terhubung dengan masing-masing game yang bisa berinteraksi dengannya. Selain itu, kalian tidak memerlukan adanya Amiibo ini untuk bisa memainkan masing-masing game yang mendukungnya. 


[page_break no="" title="Gelombang Pertama"]


Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Figurine yang masuk dalam gelombang pertama tersebut antara lain Mario (dari penampilannya di Super Smash Bros.), Peach, Link, Samus, Yoshi, Donkey Kong, Pikachu, Kirby, Fox, Marth, Villager dari Animal Crossing (male) and Wii Fit Trainer (female), dan lebih banyak lagi lainnya menyusul nantinya. Yang sudah diketahui akan ditawarkan dalam gelombang kedua adalah Mario (dengan pose standar), Bowser, Zelda dan Pit (baca: “Mainan Hidup” Amiibo Menampakkan Wujudnya, Bersama Puluhan Game Eksklusif Nintendo!).


[page_break no="" title="Ambisi Mainan Hidup"]


Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Amiibo menjadi usaha Nintendo masuk ke bisnis mainan hidup. Mereka memulainya dengan 12 figure, dan Super Smash Bros. for Wii U akan menjadi game pertama yang mengintegrasikannya. Game lainnya yang nanti juga mendukung seperti Mario Kart 8, Captain Toad: Treasure Tracker, Mario Party 10 dan Yoshi’s Woolly World, dan lebih banyak lagi akan dikonfirmasikan. Detail fungsi Amiibo untuk setiap game juga akan dijelaskan lebih lanjut.


[page_break no="" title="Amiibo untuk Super Smash Bros."]


Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Ketika kalian menggunakan Amiibo dalam Super Smash Bros. for Wii U, maka figur yang merupakan obyek fisik tersebut bakal muncul sebagai karakter yang dikendalikan CPU --- menjadi hidup, meskipun dalam wujud digital dalam game. Kemudian kalian bisa menggunakan figure tersebut untuk bertarung, entah bersama kalian, melawan player, atau melawan Amiibo lainnya. Karakter yang merupakan Amiibo bakal memiliki simbol FP (Figure Player) di atas kepala mereka selama pertarungan. Setiap kali sebuah amiibo berkompetisi dalam pertarungan, level dan statistik pertarungannya bakal meningkat, dan level tertingginya adalah 50, dan level tersebut sudah jauh lebih tinggi dari karakter standar non-Amiibo yang dikendalikan CPU dalam game, yang dibatasi hanya level 9. Amiibo akan berkembang lebih cepat ketika melawan amiibo lainnya. Selain itu, dalam Super Smash Bros. for Wii U, kalian juga bisa mengkustomisasi gerakan spesial tiap Amiibo, dan figur tersebut bisa mempelajari taktik bertarung sendiri.


[page_break no="" title="Tidak Cukup Satu Amiibo?"]


Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Amiibo bisa naik level, dan menaikkan levelnya butuh waktu, tenaga dan pengorbanan (nyuekin pacar, misalnya), namun ketika kalian ingin menghubungkannya dengan game lain, maka datanya (siapa tahu sudah berlevel 50) bakal terhapus. Rela? Penulis yakin, kalian bakal menjawab tidak! Solusinya? Beli Amiibo lagi, donk! Ya, sepertinya banyak gamer tidak mau mengambil rute tersebut, memilih menghapus data karakternya yang sudah dinaikkan dengan sering melatihnya. Mereka bakal memilih membeli lagi saja. Apalagi Nintendo memang berencana menggunakan Amiibo ini untuk jangka panjang, serta mereka memiliki banyak katalog game yang cocok untuk dihubungkan dengan figurine ini.

Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game