Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel "T" atau "M"

Game shooter yang aman untuk gamer usia muda, bahkan juga mengajari mereka mengenali warna lho...

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel "T" atau "M"

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Nintendo menggelar Nintendo Direct kemarin, dan seperti biasanya, ada banyak informasi baru mengenai game Wii U dan 3DS diungkapkan selama presentasi online tersebut, khususnya untuk game mereka yang dirilis mulai pertengahan hingga akhir tahun ini. Oh ya, yang pasti, semua informasi yang kami sajikan berikut adalah benar... hehe!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/02/game-super-mario-dalam-amiibo/" title="Ini Lho Pilihan amiibo Terbaru Nintendo!"]

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Fokus presentasi mereka kemarin adalah rangkaian seri baru amiibo, Lucas dari Mother 3 tampil dalam Super Smash Bros. for Wii U dan Nintendo 3DS, debut awal kelas 200cc dalam Mario Kart 8, kemudian yang pasti juga banyak ditunggu, game Animal Crossing yang terfokus pada mendesain rumah, update untuk Splatoon yang bakal dirilis 29 Mei mendatang, serta tidak ketinggalan, juga ada informasi baru mengenai Mario Maker, Yoshi’s Woolly World dan game baru Fire Emblem.

Langsung saja kalian streaming video di bawah untuk lebih jelas melihat presentasi tersebut.

Nintendo Direct 4.1.2015

[youtube_embed id="IMedqo8mLaQ"]

Selain menjadi IP game shooter pertama Nintendo, Splatoon juga unik konsepnya, karena third-person shooter ini penuh warna, dimana kalian mengedalikan karakter Inkling yang bisa berubah menjadi manusia atau cumi-cumi, bertarung menggunakan peluru tinta berwarna.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/02/animal-crossing-happy-home-designer/" title="Animal Crossing Baru Ini Ajak Kalian Desain Rumah Sendiri"]

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Setelah terakhir melalui Nintendo Direct Januari 2015 lalu kami mendapat petunjuk jika Splatoon, game competitive multiplater pertama Nintendo, bakal dirilis Mei, maka Nintendo Direct 1 April kemarin memastikan tanggalnya. Game third-person shooter penuh warna dimana kalian mengedalikan karakter Inkling yang bisa berubah menjadi manusia atau cumi-cumi tersebut bakal dirilis 29 Mei 2015 mendatang secara merata di seluruh region. Badan rating Amerika memberikan rating E+ untuk Splatoon, yang artinya gamer berusia mulai 10 tahun ke atas diperbolehkan memainkan game ini.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2013/07/26/kuliah-om-jas-apa-itu-rating-game/" title="Penting, Pahami Arti Rating Video Game!"]

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Melihat genrenya, rating E sangat jarang untuk sebuah game shooter (biasanya T alias Teen, untuk gamer mulai usia 13 tahun. Atau M, alias Matura, untuk gamer mulai usia 17 tahun). Namun karena ini spesial dari Nintendo, kami maklum jika kekerasan yang kalian temui "disamarkan" dalam bentuk kartun yang lucu, serta keseluruhan permainan yang penuh warna-warna cerah. Dengan demikian Splatoon memiliki peluang besar dibeli oleh lebih banyak gamer, karena target usia pasarnya yang luas.

[gallery size="medium" ids="195316,195317,195318,195319,195320"]

Kemudian hal lain yang disampaikan melalui presentasi Satoru Iwata kemarin adalah disediakan juga amiibo khusus, Inkling Girl, Inkling Boy dan Inkling Squid yang bakal memberi akses ke misi spesial dengan bonus senjata dan gear ketika kalian sentuhkan pada GamePad Wii U. Ketiganya tersedia dalam satu bundle, atau kalian bisa juga membelinya terpisah (hanya Inkling Boy dan Inkling Girl saja). Berikut trailer Splatoon terbaru yang dirilis kemarin:

Wii U - Splatoon: New Maps

[youtube_embed id="qASMCQZWxqs"]

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Nintendo juga memberikan update mengenai beberapa mode permainannya, dengan detail mode Ranked Battle dan Battle Dojo, yang bakal tersedia selain yang sudah kami jelaskan sebelumnya, single-player dan juga Turf War. Namun berikut resume setiap mode yang bisa kalian mainkan nantinya:

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/01/16/spongebob-pun-ikut-nimbrung-dalam-splatoon-game-competitive-shooter-nya-nintendo/" title="Detail Konfigurasi dan Kontrol Splatoon"]

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M Misi spesial dan bonus senjata jika kalian memiliki figurine amiibo[/caption]

  • Turf War: Mode online utamanya, dimana kalian dengan koneksi internet bisa berkompetisi langsung dalam sebuah tim 4 lawan 4 yang bertujuan menguasai seluas mungkin wilayah dengan tinta warna tim. Selama bertarung, kalian bisa menaikkan level karakter, dan mendapatkan mata uang dalam game yang memungkinkan mereka mengkustomisasi Inkling. Kalian bisa mengenakan kostum berbeda, yang masing-masing memberi efek perk seperti bisa berenang lebih cepat melalui tinta, atau mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kembali tabung tinta. Kalian juga bisa mengenakan rangkaian senjata yang sudah ditentukan, terdiri dari main weapon seperti rapid-fire ink gun, long-range ink rifle dan paint roller, sekaligus sub-weapon seperti ink bomb atau sprinkler. Ketika kalian mengisi gauge khusus selama pertarungan, kalian bisa melancarkan serangan kuat dari senjata utama namun dalam batasan waktu. Map pertarungan online-nya bervariasi, seperti Blackbelly Skatepark, Saltspray Rig dan Walleye Warehouse.

Lanjut ke halaman 2 untuk mode permainan lainnya...

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

  • Ranked Battle: Mode ini bakal melacak terus rank online kalian berdasarkan kemenangan yang didapat dalam pertarungan multiplayer 4 lawan 4 saja. Splat Zone meniadi salah satu cara bermain online dalam mode ini. Dibandingkan Turf War, yang langsung bisa diakses begitu kalian bisa bermain online di Splatoon, Splat Zone memungkinkan kalian mengendalikan wilayah area tertentu dari suatu map menggunakan tembakan tinta. Dan seiring memainkan mode ranked ini secara online, mereka bakal mendapat kesempatan meningkatkan rating dari “C-” ke “A+,” yang secara dinamis bakal di-update berdasarkan bagaimana kalian bermain. Kalian juga perlu mencapai level in-game online 10 dengan menaikkan level Inkling selama pertarungan online Turf War sebelum bisa mengakses mode ini. Karena itulah ketika game ini dirilis 29 Mei mendatang, Nintendo bakal langsung melacak para pemain secara global seiring mereka naik levelnya, dan begitu sudah ada banyak pemain yang mencapai Level 10, maka mode tambahan ini bakal terbuka untuk mereka yang sudah mencapai kriteria rank-nya.

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

  • Single-Player: Mode single-player Splatoon ini sudah kami jelaskan dalam artikel sebelumnya. Kalian bakal menggunakan mekanis game ini (buka artikel sebelumnya untuk memahami kontrol dan mekanisnya) untuk menjelajahi markas bawah tanah pasukan gurita musuh, yaitu Octarians, dalam sebuah stage orisinal untuk menguji kemampuan menembak, melompat dan menyemburkan tinta. Level dalam mode single-player ini bervariasi dan dinamis, karena ada banyak perangkat pendukung yang hanya ada dalam mode ini bisa membantu permainan. Setiap stage single-player didesain agar kalian menguasai gerakan dasar dan bagaimana bertarung dengan baik untuk diterapkan selama mode multiplayer.

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

  • Battle Dojo: Mode lainnya yang baru diungkapkan selama Nintendo Direct kemarin, dimana kalian bisa menikmati pertarungan 1 lawan 1 secara lokal dengan teman. Satu pemain menggunakan kontrol GamePad, sedangkan pemain kedua bermain di TV menggunakan kontroler lain, berkompetisi untuk melihat siapa yang terbanyak meletuskan balon.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/07/splatoon-game-nintendo-yang-bukan-remake-juga-punya-mode-single-player/" title="Seperti Ini Mode Single-Player Splatoon"]

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Setiap mode permainan tersebut bisa diakses melalui plaza “Central Hub,” yang akan menghubungkan setiap mode permainan. Selama permainan, dari awal kalian langsung mendarat di dalam Central Hub. Inklings, avatar kaliar dalam game yang mewakili beragam Miiverse bakal terlihat di sana, berjalan dan bisa diajak berkomunikasi. Ada menara di pusat plaza yang mengantarkanmu kepada mode multiplayer.

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Setiap Inkling dilengkapi oleh senjata dan kostum mereka sendiri. Dan setiap equipment bisa dibeli melalui pusat penjualan dalam game menggunakan mata uang yang disediakan dan bisa didapatkan selama permainan dengan bermain mode multiplayer. Di shopping center tersebut, kalian bisa temukan toko senjata yang dikelola makhluk lautan lainnya (untuk menemani karakter cumi-cumi kalian), yaitu kepiting. Selain senjata, juga tersedia di sana seperti pelindung kepala, baju, dan juga sepatu untuk karakter.

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Equipment yang sudah kalian beli bisa bebas diganti dan digunakan kapan saja selama berada di plaza. Untuk senjata, kalian hanya bisa menyimpan tiga set saja, untuk main weapon, sub weapon, serta special weapon, dan senjata terakhir itu cocok untuk menghasilkan damage besar. Kalian juga bisa memodifikasi status karakter, seperti strength dan speed, dengan memilih perlengkapan headgear, clothing serta shoes yang tepat. Kalian juga bisa melihat equipment pemain lain di Central Hub.

Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M Splatoon, Game Shooter yang Tidak Berlabel T atau M

Artikel terkait

Latest