Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

Dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan PS4 dan Xbox One (dan juga game yang region free), Nintendo Switch berpotensi besar mengganggu pasaran konsol game tersebut.

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

[read_more id="274068"]

Pada 20 Oktober 2016 lalu Nintendo mengungkapkan identitas Nintendo NX yang selama ini masih menjadi kode nama untuk platform game baru mereka. Nintendo Switch merupakan nama resminya untuk konsol game ini, yang sekaligus juga bisa dibawa kemana-mana sebagai mesin game portable (handheld). Konsol game hybrid ini bakal dirilis 17 Maret 2017 mendatang di wilayah Eropa (dan menyusul dalam minggu yang sama di wilayah lainnya). Nintendo sendiri berencana menggelar presentasi online pada 12 Januari 2017 untuk menunjukkan game apa saja yang sudah mereka siapkan untuk Switch ini.

https://twitter.com/NintendoAmerica/status/791455799302246400

Seperti kebiasaan Nintendo yang sudah kita kenal selama ini, mereka selalu meletakkan inovasi di atas teknologi terkini. Apa yang telah disampaikan Nintendo melalui Nintendo Switch seakan menjadi babak baru bagaimana cara bermain video game (konsol) bakal kembali direvolusi oleh Nintendo, dan mereka akan mengubah konsep yang selama ini terpaku pada perangkat konsol rumah atau perangkat genggam / handheld.

[read_more id="274167"]

Selain menawarkan pengalaman single-player dan multiplayer di rumah, Nintendo Switch juga memungkinkan kalian memainkan game yang sama ketika kalian mobile, kapan pun, dimana pun. Nintendo Switch tetap bisa kita sebut sebagai konsol, namun mendapatkan aspek mobilitas sebuah handheld. Hasilnya, pengalaman bermain game yang belum pernah kita rasakan sebelumnya.

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

[page_break no="" title="Docking Station Bukan Sekadar Tempat Berpijak"]

Seperti yang kami tuliskan sebelumya, ketika berada di rumah, Nintendo Switch kalian tempatkan di atas docking station Nintendo Switch yang menghubungkannya ke televisi, dan kalian bisa mulai bermain dengan keluarga dan teman dengan kenyamanan kamar pribadi atau ruang keluarga.

Station tersebut bukan sekadar dudukan saja, seperti tipikal docking station perangkat mobile (sebatas dudukan, atau untuk nge-charge baterai). Namun docking station ini berperan penting, terutama membantu meningkatkan kemampuan Nintendo Switch ketika kalian memainkannya dalam mode konsol.

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

Kabarnya, penurunan FPS game (yang memang jelas terlihat) yang dimainkan selama video trailer resminya beberapa waktu lalu dalam mode konsol karena Switch tidak bekerja dalam spesifikasi maksimal.

Kemudian ketika kalian mengangkatnya dari docking tersbut, otomatis Nintendo Switch berganti ke mode handheld (dari situlah asal kata switch, transisi dari mode konsol dan handheld), dan kalian mendapatkan kontrol serta visual yang sama seperti ketika memainkannya melalui televisi. Sayangnya, banyak laporan menyebutkan jika ketahanan baterai Switch maksimal hanya 3 jam saja.

Update lainnya, semua game Nintendo Switch pasti bisa dimainkan tanpa bergantung pada kebutuhan kontrol menggunakan layar sentuh.

[page_break no=1" title="Mengenai Region Lock"]

Ini salah satu yang menjadi kebiasaan Nintendo dalam merilis platform game baru, khususnya handheld, mereka membuat gamer tidak bebas dengan kunci region. Maksudnya, game yang dirilis di region tertentu hanya bisa dimainkan di region yang sesuai.

[read_more id="274398"]

Misalnya, untuk 3DS, ada 5 region untuk handheld dengan dua layar ini. Jepang (JP), Asia (ASI), Amerika (US), Australia (AU), dan Eropa (EU). Kemudian ada 3 region game 3DS: Jepang (JP), Amerika (US), dan Eropa (EU). Game JP hanya bisa dimainkan di 3DS JP. Game US bisa dimainkan di 3DS US dan ASI. Game EU bisa dimainkan di 3DS EU dan AU. Interface 3DS JP berbahasa Jepang, sementara interface 3DS keempat region lainnya berbahasa Inggris. Pengecualian untuk untuk 3DS region Asia, masih bisa memainkan game region US karena softwarenya memang dirancang khusus untuk bisa memainkan game US.

Bagaimana dengan Nintendo Switch? Walaupun tidak disebutkan dalam preview awalnya beberapa waktu lalu, namun banyak sumber yang menyebutkan jika Nintendo Switch ini akan menjadi platform game pertama Nintendo yang dibebaskan regionnya.

Walaupun region lock memiliki keuntungannya sendiri, seperti dengan publisher game yang belum siap merilis game mereka di semua wilayah (karena setiap wilayah pasti memiliki kebijakan dan aturannya sendiri), region lock juga dianggap menjadi salah satu cara dalam menekan pembajakan. Selain itu, juga mencegah retailer yang memanfaatkan harga game yang lebih murah di wilayah lain dengan menjualnya di wilayah mereka.

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

Apakah Nintendo Switch benar tidak dikunci region? Pasti banyak yang berharap demikian. Namun kita tunggu saja kepastiannya dari Nintendo. Biasanya, kabar sensitif semacam ini dilepaskan menjelang perilisannya nanti.

Lanjut ke halaman 2.... untuk harga Nintendo Switch

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station Retailer Kanada ini tidak sengaja mengunggah halaman pemesanan awal Nintendo Switch... jika dikonversikan harganya sekitar Rp3.3 jutaan.[/caption]

[read_more id="274215"]

[page_break no="" title="Perkiraan Harganya"]

Lagi-lagi memang bukan informasi resmi, namun sumbernya juga sama, yang selama ini membocorkan Nintendo NX, dan mayoritas bocoran mereka tembus dengan fakta.

Sumber dari retailer video game dari Inggris Raya, GAME mengatakan jika harga Nintendo Switch untuk SKU yang paling biasa, ditawarkan dengan harga sekitar £199.99, atau sekitar Rp3.4 jutaan. Meskipun harga tersebut bisa saja hasil konversi dari mata uang lain, namun bisa diasumsikan berapa kira-kira rentang harga Nintendo Switch nantinya.

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

Dan menyambung dengan rumor Nintendo Switch region free, maka bisa dipastikan untuk harga di wilayah lainnya tidak terpaut banyak, alias sama. Jika dikonversikan, harusnya untuk wilayah Amerika Utara Nintendo Switch bakal dijual dengan harga $249.99 dan $299.99 untuk varian SKU termahal. Bandingkan dengan 3DS, dimana region Jepang dan Amerika Utara bisa terpaut hingga sekitar Rp350 ribuan.

[read_more id="274031"]

[page_break no="" title="Ada Dua Pilihan Nintendo Switch"]

Sumber yang sama juga menyebutkan jika Nintendo bakal menjual Switch dengan dua SKU berbeda, yang dibedakan dengan kapasitas internal storage-nya, dan game yang bakal dipaketkan. Untuk varian tertinggi di awal peluncurannya nanti ditawarkan dengan harga sekitar £249.99, atau Rp 4 jutaan. Belum diketahui game apa yang akan mereka paketkan di awal perilisannya, namun semoga saja itu The Legend of Zelda: Breath of the Wild, yang sangat berpotensi menggandakan penjualan platform game baru ini nantinya.

Ini Harga Nintendo Switch, Mengenai Region Lock dan Apa Peran Docking Station

Kabar lainnya mengenai harga, Nintendo juga langsung menawarkan Switch Pro Controllers (gambar di atas) untuk kalian gamer old-school, dan kontroler yang sepertinya lebih masuk akal bentuk dan konfigurasi tombolnya ini (dibandingkan Joy-Con, kontroler standar Switch) bakal dijual dengan harga sekitar £39.99, atau Rp650 ribuan.

[page_break no="" title="Apakah Nintendo Jual Rugi?"]

CEO Nintendo Tatsumi Kimishima mengungkapkan kepada investor sebelum Switch ini dikonfirmasikan, jika Nintendo NX (kode nama Switch) tidak akan dijual rugi, seperti ketika Nintendo pertama kali menjual Nintendo Wii U. Saat Wii U pertama kali dijual November 2012 lalu, nilai tukar Yen sangat kuat. Berbeda dengan saat ini, dan seharusnya sejarah tidak akan terulang kembali. Menjual sebuah mesin game di bawah harga produksinya tentu tidak baik untuk mendukung bisnis.

First Look at Nintendo Switch

https://youtu.be/f5uik5fgIaI

Artikel terkait

Latest