Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Semua yang perlu kalian ketahui dari Final Fantasy XV Episode Duscae... Detail monster summon, hingga video rahasia yang memperjelas ceritanya!

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Spoiler Warning

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Final Fantasy XV kini telah playable, walaupun hanya dalam bentuk Episode Duscae, demo singkat yang dimasukkan dalam edisi Day 1 Final Fantasy Type-0 HD (maksudnya, hanya kopian awal saja). Memang harapan penggemar Final Fantasy lebih dari sekadar demo. Game tersebut awalnya diperkenalkan ke publik sebagai Final Fantasy Versus XIII tahun 2006 lalu, judul eksklusif PlayStation 3 yang diposisikan menjadi side story untuk Final Fantasy XIII yang juga belum dirilis. Namun setelah bertahun-tahun kita hanya disuguhi trailer, penundaan serta lambatnya proses pengembangan, kemudian didapatkan judulnya berubah menjadi Final Fantasy XV tahun 2013 lalu serta beralih ke PlayStation 4 dan Xbox One.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/02/16/kilas-balik-satu-dekade-final-fantasy-xv-jadi-ini-satu-satunya-harapan-rpg-jepang/" title="Final Fantasy XV Harapan RPG Jepang"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Meskipun sudah beralih platform, dan juga judulnya, masih menjadi tanda tanya apakah dari sisi lore game ini masih menjadi bagian dari Final Fantasy XIII. Dan sepertinya banyak penggemar lebih suka mengabaikan hal itu, karena kehadiran demo ini saja dirasa sudah cukup mengobati rasa penasaran akan sebuah Final Fantasy masa depan, dan tentu saja, demo ini sangat worth it dimainkan (kecuali, yah, kualitas grafisnya yang tidak menunjukan potensi sebenarnya), apalagi kami yakin banyak penggemar Final Fantasy juga membeli Final Fantasy Type-0 HD hanya untuk memainkan demonya ini saja.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/16/dunia-wreck-it-ralph-frozen-dan-star-wars-eksis-dalam-kingdom-hearts-iii/" title="Dunia Disney Lainnya yang Diduga Muncul Dalam Kingdom Hearts III"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Final Fantasy XV Episode Duscae memang tidak disertakan dalam bundle pembelian fisik Final Fantasy Type-0 HD. Kalian hanya mendapatkan kodenya, serta bisa mengunduh demo tersebut yang aktif pada tanggal 17 Maret 2015 kemarin, dengan batas untuk me-redeem kodenya pada 17 Maret 2016. Hanya saja jika kalian membeli game tersebut secara digital, kalian hanya mendapat batas waktu dua bulan setelah perilisannya, dan setelah itu tidak tersedia lagi. Namun mereka yang memiliki kode license demo ini akan tetap bisa menyimpan demo ini. Sejauh ini Square Enix belum mengungapkan bakal menyediakan demo ini sebagai produk yang berdiri sendiri, tidak bundle dengan game lainnya. Atau, tunggu saja kepastian Kingdom Hearts III, siapa tahu dirilis lebih awal dari Final Fantasy XV, dan di-bundle kembali dengan demo lainnya.... hehe!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/02/25/final-fantasy-xv-final-fantasy-terbaik/" title="Final Fantasy XV Ceritanya Epik Banget!"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Namun bagi kalian yang mungkin merasa ini sekadar demo, dan berpikir tidak perlu membeli Final Fantasy Type-0 HD yang harganya hampir Rp. 800 ribuan untuk memainkan demonya, berikut kami berikan beberapa video yang memperlihatkan beberapa elemen yang bakal kalian temui selama memainkan demonya, yang bisa dimainkan sekitar 2 jam saja, seperti yang diungkapkan sang sutradara Hajime Tabata (satu jam jika kalian main cepat, dua sampai tiga jam jika menjelajahi keseluruhan area dalam demonya). Ada boss kuat yang bakal kalian hadapi dalam demo, yaitu Behemoth.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/02/28/square-enix-php-lagi-dengan-final-fantasy-xv/" title="Film Dokumenter Final Fantasy XV Perlihatkan Seramnya Behemoth!"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Sekadar informasi, Final Fantasy XV Episode Duscae membutuhkan space install mencapai 6.29GB untuk Xbox One, dan 5.27 GB untuk PlayStation 4. Kebutuhan storage PS4-nya sudah diungkapkan Square Enix sebelumnya, sedangkan data versi XOne kami dapatkan melalui [outbound_link text="halaman Xbox Store" link="https://store.xbox.com/en-US/Xbox-One/Dlc/FINAL-FANTASY-XV-EPISODE-DUSCAE/68455d08-d870-4f94-9ade-c96d9f66831c"]. Data dari demo ini tidak akan dibawa dalam game finalnya nanti, yang sejauh ini masih misterius tanggal rilisnya. Namun ada bonus bagi kalian yang berhasil menyelesaikan demo ini.

Langsung saja kalian lihat video demonya di bawah ini:

Final Fantasy XV Episode Duscae

[youtube_embed id="bJkfY3y6Se0"]

Lanjut ke halaman 2... untuk melihat salah satu monster summon, Ramuh beraksi membakar musuh!

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Sebelumnya sutradara Final Fantasy XV, Hajime Tabata sudah mengkonfirmasikan jika demo ini tidak berjalan pada kualitas aslinya, yaitu Full HD 1080p untuk PS4 dan XOne, dimana Full HD menjadi target untuk versi finalnya nanti. Melihat jika game ini masih dalam tahap pengembangan dan engine-nya belum selesai, maka hal itu tidak mengejutkan. Dan tidak heran juga banyak laporan masalah turunnya frame rate selama permainan, tekstur yang nge-blur, dan sepertinya itu wajar mengingat resolusi demo ini jika menilai dari beberapa screenshot yang diambil langsung selama bermain, menunjukkan data 900p saja untuk versi PS4, dan untuk XOne hanya 800p saja. Jadi jangan kaget jika kualitasnya tidak sebaik banyak screenshot resmi yang sudah dirilis Square Enix sebelumnya.

[youtube_embed id="5MD2R_P-p8I"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Melalui Final Fantasy XV Episode Duscae, Square Enix juga menunjukkan seperti apa evolusi monster summon yang menjadi salah satu ciri khas serial Final Fantasy. Kalian bisa langsung melihat video di atas, yang memperlihatkan bagaimana Ramuh di-summon selama pertarungan. Kali ini jelas evolusi. Ramuh yang pertama kali muncul dalam Final Fantasy III lebih dari dua dekade yang lalu, diperlihatkan memang sebagai makhluk legendaris yang lebih superior, begitu raksasa ukurannya, dan serangannya mampu memberi efek damage bukan hanya pada Bahamut yang dilawan karakter, namun juga pohon dan sekitarnya membara karena api.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/09/final-fantasy-xv-episode-duscae/" title="Final Fantasy XV Juga Beraroma Chocobo!"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Efek-efeknya dramatis, seperti keadaan sekitar perlahan menjadi gelap (ya, butuh proses memanggil makhluk sebesar itu), kilat menyambar, suara guntur bergemuruh, dan semuanya itu terjadi real-time tanpa mengganggu jalannya aksi karakter. Sampai akhirnya Ramuh mengangkat karakter (hanya Noctis saja, karena dia yang men-summon) agar tidak terkena efek serangannya. Kami masih heran bagaimana ketiga buddy-nya bisa selamat dari serangan Ramuh yang dahsyat tersebut. Lihat video di bawah untuk penampakan Ramuh lainnya, termasuk saat karakter mendapatkannya.

[youtube_embed id="WqDDls0UN9A"]

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/15/final-fantasy-type-1-muncul-dalam-ending-rahasia-final-fantasy-type-0-hd/" title="Video Rahasia Perlihatkan Final Fantasy Type-1"]

[gallery link="file" columns="4" ids="192825,192824,192823,192820"]

Lanjut ke halaman 3... untuk video dan artwork bonus, serta petunjuk nasib Stella Nox Fleuret.

Spoiler Warning

Seperti Final Fantasy Type-0 HD, kalian bisa menemukan sebuah video bonus setelah menyelesaikan Final Fantasy XV Episode Duscae. Selain video tersebut, juga ada bonus artwork bagi siapa saja yang menyelesaikan demo, yang sepertinya memberi petunjuk apa yang akan kalian temui selama memainkan sekuel ini.

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret Lunafreya Nox Fleuret[/caption]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret Stella Nox Fleuret[/caption]

Video tersebut memberi pengetahuan yang lebih mendalam mengenai apa yang terjadi di dunia Final Fantasy XV, dan sepertinya, ini masih dugaan sih, jika Stella Nox Fleuret yang kalian rindukan dari Final Fantasy Versus XIII, itu ternyata benar adalah Luna yang yang baru-baru ini dikenalkan trailer Final Fantasy XV. Atau setidaknya, Luna berhubungan dekat dengan Stella. Karena dalam video rahasia tersebut ditunjukkan jika nama panjang Luna ternyata Lunafreya Nox Fleuret.

Final Fantasy XV Episode Duscae Secret Movie - Lunafreya Nox Fleuret

[youtube_embed id="92r0t7-_NYc"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Berikut salinan kata-kata dan dialog yang tertulis selama video tersebut, dan di atas adalah bonus artwork yang kalian dapatkan setelah menyelesaikan permainan:

O’er rotted Soil, under blighted Sky, A dread Plague the Wicked has wrought. In the Light of the Gods, Sword-Sworn at his Side, ‘Gainst the Dark the King’s Battle is fought. rm the Heavens high, to the Blessed below, Shines the Beam of a Peace long besought.

“Long live thy Line and these Stones divine, For the Night When All comes to Naught.” – Cosmogony 15:2, “Nadir.”

Ignis: “Insomnia has fallen, laid to waste by the imperial army.”

Gladiolus: “Fighting broke out at the signing last night. The Wall fell, the crown city followed. It rained fire around the Citadel.”

Noctis: “Hold on…”

…announced that the terms of the ceasefire have been suspended in light of these events. In addition to the passing of King Regis, we’ve now learned that Prince Noctis and Tenebrae’s Lunafreya Nox Fleuret have also been found dead.

Regis: “Take heed. Never bow out of what you begin. So long as you carry the blood royal, so long as you carry my name… carry your head high.”

[gallery link="file" columns="4" ids="192817,192816,192815,192814"]

Lanjut ke halaman 4... untuk melihat ending Final Fantasy XV Episode Duscae!

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Selama demo ini kalian memang tidak mendapatkan opsi mengendarai mobil (opsi “Drive”-nya berwarna abu-abu, yang menandakan tidak bisa dipilih di tengah Travel Menu). Sehingga untuk demo yang keseluruhan sepanjang tiga jam ini karakter hanya bisa menjelajahi daratannya dengan cara berjalan kaki saja. Dalam demo diceritakan jika mobil Royal Car yang digunakan Noctis dan para teman prianya rusak, perlu diperbaiki oleh Cidney, serta mereka harus mencari duit untuk biaya perbaikannya — bukankah Noctis itu pangeran ya? Kok bisa dia berkelana tanpa membawa harta!?

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/01/10/kenali-semua-cid-yang-pernah-eksis-dalam-serial-final-fantasy/" title="Sambut Cid Wanita Pertama, Kenali Semua Cid Dari Serial Final Fantasy!"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

Demikian tujuan demo ini adalah mengumpulkan duit untuk membayar biaya servis mobil mewahnya Noctis, yang disebut Royal Car. Satu-satunya jalan adalah mendapatkan Behemoth Horn, yang banyak disebar melalui poster wanted di sepanjang area Duscae. Kami masih heran, Noctis itu pangeran lho… kok bisa sampai jatuh miskin ya di sini. Kalian bisa melihat ending demo ini di bawah, yang memperlihatkan ketika mobil Noctis dan teman-temannya selesai diperbaiki montir cantik Cidney, atau Cindy dalam versi Inggris!

[youtube_embed id="dFTNfD5DDB0"]

Final Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret

[gallery link="file" columns="4" ids="192813,192811,192810,192808"]

Artikel terkait

Latest