Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Seperti, lebih baik istirahat di SPBU jika capek...

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Update:

Event Paris Games Expo sepertinya digunakan Square Enix hanya untuk menampilkan progress mereka dalam Final Fantasy XV. Kesempatan dimanfaatkan menunjukkan 15 menit demo baru game tersebut di ruang tertutup selama Paris Games Expo akhir pekan kemarin.


[page_break no="" title="Berhenti di SPBU Jika Capek!"]


Demo pertamanya, sepanjang 10 menit terfokus pada field map Final Fantasy XV.  Terlihat di sana ada lengkungan batu besar, kendaraan di jalan, stasiun pengisian bahan bakar (yang mirip dengan gas station dari trailer Final Fantasy Versi XIII tahun 2011 silam), serta juga ada danau dimana makhluk berkaki empat seperti perpaduan gajah dan jerapah, serta kepala babi  (dan ukurannya sebesar dinosaurus) terlihat sedang minum. Selama di gas station, kalian bisa makan dan mengumpulkan informasi.

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Dari plain map tersebut kalian dipindahkan ke sebuah hutan lebat, dan berlanjut lagi Noctis dan karakter lainnya dibawa ke sebuah kawasan industri. Saat itu malam tiba, dan musuh bermunculan. Musuh yang muncul dalam bentuk semacam goblin dan hydra. Ketika siang hari, bisa saja kalian tidak mendapati musuh yang sama, karena akan ada perbedaan berdasarkam waktu saat itu. Chocobo juga terlihat di field map, dan menurut Hajime Tabata selaku sutradara, kalian nanti bakal bisa bermain di banyak mini-game, termasuk memancing.


[page_break no="" title="Adanya Pergantian Siang Malam"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Demo keduanya yang berjalan sekitar lima menit, beralih menampilkan kekuatan engine grafis game tersebut. Termasuk di sana kita dijelaskan adanya opsi pergantian siang/malam, adanya lokasi seperti gua, kota modern, tekstur kulit karakter, animasi wajah mereka, sampai model rambut, opsi mengedit tanah sekitar dan juga kepandaian buatan untuk NPC.

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Sejauh ini kita mengetahui jika Final Fantasy XV menggunakan Luminous Engine 1.4, yang menjadi kombinasi Ebony dan engine Luminous. Untuk demonya yang nanti disertakan dalam paket pembelian Final Fantasy Type-0 HD (baca: Final Fantasy Type-0 HD Remastered Bisa Jadi Alasan Membeli Konsol Now-Gen!), Square Enix bakal menggunakan Luminous Engine 1.5. Dan kemudian versi final game ini akan menggunakan Luminous Engine 2.0.

Lanjut ke halaman 2....


[page_break no="" title="FF Dengan Dunia Terluas!"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Demo yang mengambil setting wilayah Duscae itu saja digambarkan sebuah sebuah map yang sangat luas. Map demonya itu sendiri bisa kalian jelajahi dengan jalan kaki dari ujung ke ujung selama sehariaan. Selain itu, Square Enix juga mengaku jika region Duscae yang mereka berikan tahun depan ini saja tidak tampil pada versi penuhnya, karena keseluruhan bakal lebih besar dari versi demo. Sedangkan peta keseluruhan game ini di hasil akhinya nanti disebut-sebut ukurannya sekitar 10x dari map Duscae.

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Karena menjadi game yang open-world, kalian bebas bergerak kemana saja yang mereka lihat bisa dijangkau. Dan bergantung pada medan yang dilaluinya, animasi karakter saat berjalan akan berubah-ubah. Jika kalian berlari dengan jarak yang cukup jauh misalnya, maka karakter kalian bakal segera kelelahan dan terengah-engah nafasnya. Dan di danau atau sungai, kalian juga bisa memancing. Kemudian ketika di dalam hutan, kalian bisa temukan gubuk dimana NPC tinggal, dan karakter bisa sementara numpang di sana. Karakter bahkan bisa mendaki bukit, dan bisa merasakan seperti apa efek perbedaan ketingguian dari respon para kerakter tersebut.


[page_break no="" title="Jangan Cari Gara-gara Dengan Monster"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Ada beragam makhluk bisa ditemui berkeliaran di field map, dan semuanya bisa diajak bertarung. Jika yang kecil mudah kalian hindari, namun yang berukuran jumbo dan memiliki daya jangkau pandangan yang jauh, maka ketika kalian mendekati mereka, tidak ada alasan mereka tidak segera menyadari kehadiran karakter dan mulai agresif untuk menyerang. Belum diketahui apakah akan ada banyak monster serial Final Fantasy sebelumnya masuk di sini, atau mendapatkan sentuhan baru. Yang pasti, Yoshitaka Amano akan tetap ditujuk membuat artwork setiap monster, dan tugas tim developernya menggambarkannya dalam game semirip mungkin dengan goresan tangan Amano -- salah satunya bisa kalian lihat pada desain logo game ini di bagian atas artikel. Square Enix juga memastikan para Summoned Beasts bakal kembali di sini.

Lanjut ke halaman 3...

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Berhubungan dengan pergantian siang-malam, dan monster yang berbeda bergantung waktu saat itu, maka agar kalian selamat disarankan beristirahat di sekitar lokasi yang aman ketika malam tiba, seperti gas station. Chocobo nanti juga akan muncul selama demo, namun tidak bisa ditunggangi. Bukan hanya monster yang merespon pergantian waktu, karakter pun bisa saja mulai berbicara satu sama lain mengomentari perubahan kondisi di sekitarnya. Seperti misalnya, ketika matahari terbit.


[page_break no="" title="Magitek Armor Pun Eksis di Sini!"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Selama demo, juga diperlihatkan pesawat yang terbang di udara dimana Noctis dan teman-temannya berada. Terkadang pesawat tersebut bakal mendarat dan melawanmu. Kemudian kalian yang pernah memainkan Final Fantasy VI bakal merasakan nostalgia di sini, karena Square Enix memasukkan semacam produk perkembangan teknologi maju dalam game, yang disebut sebagai Magitek Armor. Belum diketahui apakah wujudnya seperti Magitek Armor yang kita kenal dalam Final Fantasy VI.


[page_break no="" title="Tekan dan Tahan Tombol"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Beberapa detail lainnya yang kami dapatkan selama event Paris Games Expo berhubungan dengan mekanis gameplay-nya. Dalam game kalian masih bisa melancarkan combo entah itu engan menahan tombol, atau menekannya berulang kali. Baik ditekan dan tahan ada plus minusnya, misalnya, ketika memilih menekan berulang kali, membuat kalian juga mudah memasukkan gerakan lain untuk menangkis serangan balik musuh.

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Sistem pertarungan Final Fantasy XV disebut sebagai Active Cross Battle, dan terfokus pada menyerang, bertahan, dan melakukan gerakan co-op antara Noctis dan teman-temannya. Dan setiap karakter tersebut diwakili tombol tertentu untuk melakukan serangan. Belum ada detail seperti apa command untuk mengendalikan mereka bersamaan, namun sang sutradara berjanji akan segera mengungkapkannya (event lain yang berhubungan dengan Square Enix adalah Jump Fiesta Desember mendatang, kita tunggu saja, siapa tahu ada extract Final Fantasy XV lainnya!).

Lanjut ke halaman 4...


[page_break no="" title="Interface Minimalis!"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Kemudian berdasarkan screenshot awal yang kami beberkan sebelumnya (baca: Final Fantasy XV Kini Ada Ekstrak-nya!), terlihat seakan antar muka game ini begitu bersih, hanya sedikit data HP karakter di pojok kanan bawah. Ternyata beberapa hal semacam Magic Points (MP) bakal tetap ditampilkan dengan jelas di layar. Alasan Square Enix membersihkan semua elemen interface selama pertarungan pada demo Tokyo Game Show 2014 lalu tidak lain karena mereka memang ingin memberikan impresi yang baik dari sistem pertarungannya.


[page_break no="" title="Gak Butuh Waktu Lama"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Square Enix menambahkan, jika mode story utama game ini bisa kalian selesaikan dalam waktu sekitar 40 jam saja. Namun itu tidak termasuk konten lainnya. Sayangnya tidak dijelaskan konten lainnya ini dalam bentuk apa. Bisa jadi sub-quest ala tipikal RPG Jepang, atau konten unduhan baru yang ditambahkan setelah gamenya dirilis. Oh ya, seperti Final Fantasy Type-o HD, nantinya kalian akan mendapatkan suara karakter bahasa Jepang untuk versi translasinya.


[page_break no="" title="Kualitas Grafis Lampaui Advent Children!"]


Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui!

Trailer baru yang diperlihatkan selaam event Paris menampilkan seperti apa medan dalam game hingga karakternya dibuat. Perubahan engine dari Ebony Engine ke Luminous Engine yang mereka gunakan saat ini sudah kelar 80 persen. Engine baru tersebut memungkinkan dimasukkannya obyek dan medan yang bebas dihancurkan. Bahkan menurut Square Enix, kualitas engine yang mereka masak sendiri tersebut sudah melampaui bahkan sebuah film CGI seperti Final Fantasy VII: Advent Children. Sedangkan menyinggung kualitasnya nanti untuk PlayStation 4 dan Xbox One, game ini sejatinya dikembangkan untuk PC kelas atas, dan kemudian dioptimalisasi lagi untuk kedua konsol tersebut.

Final Fantasy XV - Open World Gameplay

[youtube_embed id="ZX3e3z6wr-A"]

Final Fantasy XV - Tech Demo

[youtube_embed id="LkAeU9fXd2c"]

Apa yang disampaikan Square Enix selama event Paris Games Expo tersebut juga dibuat dalam bentuk livestream Square Enix Presents Japan melalui channel YouTube mereka, yang bisa kalian streaming di bawah ini.

[youtube_embed id="LhZ3hHVvkLE"]

Artikel terkait

Latest