Bethesda Buka-Bukaan Mengenai Rahasia Dibalik Kerennya Grafis Fallout 4!
GeForce atau Radeon, Mana yang Lebih Baik Untuk Fallout 4?
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
[read_more id="225580"]
Masih kurang lima hari sebelum Fallout 4 dirilis 10 November besok untuk PlayStation 4, Xbox One dan PC Windows, namun Bethesda kembali mengijinkan kita menikmati kualitas grafis salah satu calon game dan juga RPG terbaik tahun ini. Kali ini mereka memperlihatkan kekuatan Creation Engine yang digunakan untuk membangun Fallout 4, khususnya deferred rendering yang berbasis fisik. Deferred rendering atau Perenderan Ditangguhkan, merupakan API, shader tiga dimensi yang lagi ngetrend saat ini, dan digunakan oleh banyak engine, termasuk Unity. API tersebut menghasilkan proses pencahayaan yang dinamis selama permainan. Dan jika sistem kalian, khususnya gamer PC mampu memenuhi syarat yang disarankan oleh Bethesda dalam memainkan game ini, maka semua aktivitas kalian selama menjelajahi Wasteland bakal lebih terlihat lebih mengagumkan.
Fallout 4 - Launch Trailer
Creation Engine yang digunakan Bethesda di sini berbasis pada engine yang mereka gunakan sebelumnya pada The Elder Scrolls: Skyrim. Dan agar mendapatkan hasil material yang lebih realistis, dan pencahayaan yang lebih dinamis, untuk membuat Fallout 4 terlihat serealistis mungkin, maka hasilnya engine yang mereka gunakan untuk Fallout 4 ini mendapatkan sistem material, dan setiap material bereaksi berbeda-beda pada caya dan lingkungan sekitarnya. Misalnya, ketika badai muncul, maka tanahnya terlihat basah. Cloth simulation dalam engine mereka ini juga memungkinkan penampilan karakter terlihat fleksibel. Baju, rambut, serta tumbuh-tumbuhan berinteraksi lebih realistis terhadap angin dan lingkungan sekitarnya.
[read_more id="229731"]
Bethesda juga mengaku bekerjasama dengan nVidia untuk memperbaiki volumetric lighting dalam Fallout 4. Volumetric lighting berfungsi menambahkan efek cahaya pada teknik render, dan kali ini Bethesda memanfaatkan kemampuan hardware tessellation (membagi objek menjadi poligon untuk proses rendeering 3D) dari GPU untuk menghasilkan efek seperti "god rays" dan efek cahaya lainnya yang berperan meningkatkan atmosfer selama permainan. Hasilnya, melihat dari trailer dan screenshot yang sudah dirilis Bethesda, efek pencahayaan Fallout 4 memang jauh lebih baik dibandingkan Fallout sebelumnya. Dan Bethesda sendiri mengakui jika sistem lightning baru yang mereka terapkan disini, dan semua efek yang sudah didemokan, bakal berjalan dengan baik di keluarga GPU GeForce dan Radeon, meskipun kolaborasi khusus dilakukan hanya dengan nVidia.
Berikut beberapa hal baru dibalik cakepnya grafis Fallout 4 yang dibeberkan Bethesda kemarin, dan pastinya kalian tidak sabar melihatnya langsung selama permainan (khususnya untuk gamer PC yang sudah menyiapkan sistem mereka sesuai yang dibutuhkan Fallout 4):
- Tiled Deferred Lighting
- Temporal Anti-Aliasing
- Screen Space Reflections
- Bokeh Depth of Field
- Screen Space Ambient Occlusion
- Height Fog
- Motion Blur
- Filmic Tonemapping
- Custom Skin and Hair Shading
- Dynamic Dismemberment using Hardware Tessellation
- Volumetric Lighting
- Gamma Correct Physically Based Shading
Untuk mencapai semua itu, kalian membutuhkan spesifikasi sebagai berikut ini:
Minimum
- Windows 7/8/10 (memerlukan OS 64-bit)
- Intel Core i5-2300 2.8 GHz/AMD Phenom II X4 945 3.0 GHz atau yang setara
- 8 GB RAM
- Space HDD 30 GB
- NVIDIA GTX 550 Ti 2GB/AMD Radeon HD 7870 2GB atau yang setara
Recommended
- Windows 7/8/10 (diperlukan OS 64-bit)
- Intel Core i7 4790 3.6 GHz/AMD FX-9590 4.7 GHz atau yang setara
- 8 GB RAM
- Space HDD 30 GB
- NVIDIA GTX 780 3GB/AMD Radeon R9 290X 4GB atau yang setara
Sumber