7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jam

Gak terasa, tiba-tiba hari sudah gelap

7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jam

IDN Times - Role playing game (RPG) adalah salah satu genre game yang selalu laris sepanjang usia. Meskipun penggemarnya tidak sebanyak genre lainnya, tapi RPG memiliki kalangan fans setianya tersendiri. Mulai dari seri populer Final Fantasy sampai game yang diambil dari anime, setiap RPG terasa menarik untuk dimainkan bagi penggemarnya.

Saking mengasyikkannya memainkan RPG, sering kali kita tidak sadar bahwa waktu sudah berlangsung sangat lama. Bahkan kita bisa jadi tidak ingat waktu kalau tidak merasa lapar atau kebelet ke toilet. Berikut ini 7 alasan utama kenapa memainkan game RPG bisa sampai berjam-jam tanpa terasa!

1. Ceritanya menarik untuk diikuti hingga tamat

7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jamgoldenland-rpg.com

RPG jelas memiliki cerita yang bersegmen-segmen tapi saling terhubung. Setiap petualangan, pertempuran dan misi yang kamu selesaikan akan berhubungan dengan cerita tersebut.

Ibaratnya mengikuti film atau novel, jika kontennya seru, akan susah untuk bisa terputus di tengah-tengah kan? Ini juga yang mendasari para pemain RPG bisa betah di depan gadget atau konsolnya.

2. Selalu diiringi dengan musik yang menarik

7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jamsea.ign.com

Besar kemungkinan kamu sangat mengingat latar musik yang digunakan oleh RPG yang kamu mainkan. Penelitian menyebutkan bahwa banyak RPG yang memang menyeleksi musiknya khusus untuk kebutuhan terapheutic.

Karenanya kamu akan sangat nyaman mendengarkannya dan terbius untuk bermain dalam waktu yang lama. Musik-musik ini memberikan efek psikologis menenangkan sekaligus tergugah tergantung pada adegannya, emosimu akan dibawa dengan cerdas melaluinya.

3. Perkembangan karakter yang bikin penasaran, seiring berjalannya cerita

Sama seperti kebanyakan film atau novel, berbagai karakter di dalamnya akan mengalami perkembangan mulai dari kepribadian sampai kemampuan. Bukan tidak mungkin yang telah menjadi kawan akan menjadi lawan dan begitu pula sebaliknya.

Seiring dengan makin naiknya level karaktermu, kamu akan mulai mengenal sihir/jurus baru, skill baru bahkan menemukan equipment yang makin lebih dahsyat. Tentunya hal ini membuatmu makin penasaran untuk mengikutinya.

4. Fitur tertentu yang hanya akan terbuka bila kamu mencapai level atau menyelesaikan misi tertentu

Jiwa ambisius di dalam dirimu akan mendorongmu untuk segera membuka fitur baru tersebut. Sehingga kamu akan rela menghabiskan waktu untuk menaikkan level karaktermu atau menyelesaikan misi yang menjadi syaratnya. Tanpa terasa, waktu sudah berlalu sangat lama ketika kamu telah menyelesaikan misi dalam RPG tersebut.

5. Karakter yang jumlahnya banyak banget dengan cerita yang berbeda-beda

7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jampolygon.com

"someone joined your party" adalah kalimat yang bakal sering kamu jumpai di berbagai RPG. Ada banyak RPG yang memiliki banyak karakter dengan side story yang kompleks, terutama bila ada sistem gacha dalam mendapatkan karakter di RPG yang kamu mainkan. Ketika kamu bisa melihat katalog karakter keseluruhannya, besar kemungkinan kamu telah memiliki karakter idaman yang kamu incar.

Untuk jenis RPG yang mendapatkan karakternya dengan gacha, kibatnya kamu akan gacha berkali-kali sampai mendapatkan karakter idamanmu. Ketika belum juga mendapatkannya, kamu akan terus mengumpulkan diamond/item yang dibutuhkan agar kamu bisa terus melakukan gacha karakter.

6. Adanya mini games di tengah kamu sedang menyelesaikan misi utama

7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jammobygames.com

Bisa jadi ada kalanya kamu merasa bosan dengan cerita utama yang kamu mainkan dalam RPG tersebut. Karena itu, tidak kehabisan akal, pihak developer selalu menyisipkan banyak mini games menarik di tengah-tengah kisah.

Kamu memang tidak harus menyelesaikannya untuk bisa menamatkan RPG tersebut, tapi mini games tersebut biasanya muncul dengan berbagai reward yang menggiurkan, terutama yang bisa membantumu menyelesaikan misi utama dengan lebih mudah. Misalnya saja equipment yang membuatmu kebal dari berbagai kondisi negatif seperti stun, paralyze, blind, poison, burn dan semacamnya.

7. Adanya multiple endings yang bisa kamu dapatkan dalam kondisi menamatkan yang berbeda

7 Alasan Game RPG Bikin Betah Main sampai Berjam-jamgamesradar.com

Sejak tahun 2000-an awal, RPG telah mengenal konsep multiple endings. Di antara para gamer, tentunya ada yang lebih tertarik pada ending bahagia dan ada pula yang lebih tertarik pada ending menyedihkan. Developer RPG berusaha untuk memfasilitasi semua preferensi tersebut.

Karena itu mereka membuat RPG dengan multiple endings, yang masing-masing bisa kamu dapatkan dengan kondisi menamatkan game yang berbeda-beda. Ada RPG yang perlu menamatkan gamenya sekali terlebih dahulu untuk membuka fitur multiple endings, tapi ada juga RPG yang menyediakan multiple endings sejak awal bermain.

Itulah tadi 7 alasan utama kenapa kamu bisa bermain RPG sampai berjam-jam, gak terasa tahu-tahu sudah mau berganti hari. Poin yang mana saja yang paling kamu rasakan bikin betah bermain RPG?

RPG memang seru dan bagus, tapi jangan lupakan kesehatanmu juga ya supaya bisa terus bermain dengan menyenangkan. Kalau sudah lelah, istirahat dulu, masih ada esok untuk bermain dengan lebih fresh.

Artikel ini ditulis oleh Bayu D. Wicaksono dan telah terbit di IDN Times dengan judul "7 Alasan Utama Kamu Betah Berjam-jam Main Video Game dengan Genre RPG" dalam link https://www.idntimes.com/tech/games/bayu-d-wicaksono/alasan-utama-kamu-betah-berjam-jam-main-video-game-dengan-genre-rpg-c1c2

Review

Latest