Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5

Semoga bisa membantu kamu sebelum memesan PS5, ya!

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5

Semenjak diumumkan perilisan PlayStation 5 (PS5), penggemar sangat menantikan produk dari Sony satu ini. Begitu juga saat telah dirilis, bahkan sampai diperebutkan orang-orang. Sebabnya, konsol generasi terbaru ini sejumlah keunggulan tersendiri.

Di Indonesia, PS5 baru resmi hadir pada 21 Januari 2021. Penggemar PS ada yang juga langsung memesan atau pre-order. Tapi, apakah pilihan yang tepat mempunyai PS5 di awal-awal ini? Nah, ini 10 hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli PS5.

1. Ukuran gim PS5 yang besar

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5Playstation

PS5 menghadirkan gim dengan gameplay dan grafis yang luar biasa bagusnya. Tentunya karena hal ini, kapasitas ukuran gimnya akan menjadi besar. Seperti Cyberpunk 2077 contohnya, gim ini membutuhkan ruang penyimpanan lebih dari 100 GB.

Jika PS5 kamu hanya mempunyai penyimpanan sebesar 1 terabyte (TB), sudah lebih dari 10% kapasitas PS-mu yang terpakai. Belum lagi jika ada update. Dengan ukuran 1 TB, kamu hanya bisa menyimpan setidaknya 9 gim saja. Belum tentu juga gim lain mempunyai ukuran yang sama, gimana jika nantinya ada yang lebih besar?

Baca Juga: Sony Mulai Hentikan Produksi PS4, Siap Fokus ke PS5 

2. Fitur Party Safety terbaru

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5Screenrant

Fitur Party Safety terbaru, yang pertama kali dirils di PS4 juga dipastikan akan hadir di PS5. Fitur ini berguna untuk merekam obrolan party yang tidak baik, agar dapat dilaporkan sebagai bukti ke Sony. Walau tujuannya baik, tidak semua pemain senang dengan fitur ini karena alasan privasi.

3. TV juga mempengaruhi

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5Pixabay Victoria Borodinova

Standar resolusi untuk menikmati gim PS5 adalah 4K. Kalau kamu belum mempunyai TV yang mendukung 4K atau HDR, kamu belum tentu bisa menikmati grafis PS5 yang luar biasa bagusnya. TV dengan resolusi 1080p saja belum tentu menjamin kepuasan bermain PS5.

4. Koleksi gim masih sedikit

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5thegamer.com

Tentu saja rilisnya konsol baru pasti dibarengi dengan judul gim yang masih minim. Bahkan lebih banyak gim dari konsol sebelumnya yang masuk ke PS5, dibanding gim original PS5. Ditambah, beberapa gim PS5 pun ada juga yang masih bisa dimainkan di PS4. Seperti Spider-Man: Miles Morales, Cyberpunk 2077, FIFA 21, Call of Duty Black Ops: Cold War, dan Assassin's Creed Valhalla 

5. Tentunya masih mempunyai masalah

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5videogameschronicle.com

Mempunyai PS5 di awal-awal, bisa dibilang kamu dijadikan bahan percobaan. Contohnya dulu, saat membeli PS4 pertama, ternyata sistemnya masih dalam keadaan brick. PS5 pun tidak lepas dari masalah pembelian pertama.

Dikabarkan, masalah-masalah utama di PS5 yang sudah ditemukan adalah:

  • Error saat data transfer dari PS4 ke PS5;
  • Overheating;
  • PlayStation Camera tidak dapat tersambung;
  • DualSense tidak dapat mengisi daya;
  • Tidak bisa tersambung ke PlayStation Network;
  • Error saat restart PS5; dan
  • Sistem PS5 yang kerap mengalami crash.

Tentunya hal ini akan diperbaiki nantinya, walau akan memakan waktu.

6. Jika mempunyai konsol sebelumnya

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5hypebeast.com

Jika kamu masih mempunyai PS4 Pro atau PS4 Slim, PS5 sepertinya masih bisa menunggu. Walau tidak sehebat PS5, PS4 Pro atau Slim masih mendukung fitur 4K, jadi grafis gimnya masih memanjakan mata.

Jika ingin tukar tambah, harga tukar PS4 Pro mungkin akan lebih menguntungkan. Ya tentunya masih harus menambah dana lagi, mulailah nabung untuk PS5 jika kamu benar-benar ingin membelinya.

7. Yang memakai PS5 masih sedikit

Karena yang mempunyai konsol ini sedikit, belum tentu kamu bisa bermain secara daring bersama temanmu. Meskipun peladen PS4 dan PS5 akan tersambung, tapi tentu akan berbeda feel-nya. Kecuali kamu suka single-player, maka upgrade ke PS5 bukanlah prioritas.

8. Terbagi dalam 2 versi

Sabar Dulu, Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli PS5playstation.com

Saat ini, baru 2 versi dari PS5 yang sudah diumumkan. Yaitu PS5 yang dilengkapi dengan disk drive dan PS5 Digital Edition yang tidak mempunyai disk drive. Jika kamu berencana menjual lagi kaset fisik atau menyewakannya, kamu dapat memilih PS5 yang pertama. Tapi kalau terbiasa dengan gim digital dan mempunyai dana lebih terbatas, maka PS5 Digital Edition lebih cocok untuk kamu.

9. Jika akan ada model lain?

Selain dua versi tadi, bisa saja ada kemungkinan kalau Sony akan merilis edisi lanjutannya, atau model Slim-nya. Seperti waktu masa PS3 yang dirilis tahun 2006, lalu model PS3 Slim dirilis pada tahun 2009. Begitu juga PS4 yang dirilis tahun 2013, lalu model PS4 Slim dirilis pada tahun 2016. Selain lebih murah dan tidak makan tempat, kinerjannya bahkan sama dengan edisi pertamanya.

Jadi, jika kamu mempunyai ruang terbatas, maka kamu bisa saja menunggu. Jika memang tidak ada versi Slim pun, harga PS5 beberapa tahun ke depan pasti belum tentu semahal tahun-tahun pertama rilisnya.

10. Gim yang ingin dimainkan

Apakah sudah tahu mau main gim apa juka ingin membeli PS5? Hal itu juga perlu kamu pertimbangkan tentunya. Jika kamu sudah memiliki target gim PS5 eksklusif dan mempunyai plot yang menarik, tentu PS5 cocok denganmu. Misalnya gim itu tersedia di konsol sebelumnya, lebih baik tahan dulu minatmu beli PS5.

Itu dia 10 hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli PS5. Jika masih ada yang mengganjal hati, baiknya ditahan dulu minatmu beli konsol generasi terbaru ini.

Diterbitkan pertama kali di IDN Times Jateng dengan judul "Jangan Ngebet, Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Beli PS5" ditulis oleh Alfonsus Adi Putra.

Baca Juga: Pertama di Dunia! Samsung Akan Merilis Samsung Smart Monitor

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU