Tekken 8: Ngobrol Bareng Katsuhiro Harada dan Michael Murray!
Bareng bapak-bapaknya Tekken!
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Tekken 8 tentu tidak lengkap juga tanpa sutradara Katsuhiro Harada dan desainer game Michael Murray, jadi ini kesempatan kami untuk mengobrol bareng mereka! Seperti apa obrolannya? Temukan di sini!
1. Efek visual baru!
Q: Kami menyadari sedikit perubahan dalam visual hit confirm-nya. Apa gagasan di balik perubahannya?
Harada: Efek visualnya sendiri adalah sesuatu yang tidak begitu sedalam kelihatannya. Penampakannya lebih terlihat seperti dibangun dari dasar banget. Banyak sekali di masa lalu kami membangun dari apa yang kami miliki sebelumnya. Namun kali ini kami mulai dari nol untuk membuat ulang model-modelnya. Tidak hanya rigging tapi rangkanya, semuanya, teksturnya.
Jadi pemikiran di belakangnya sama seperti ketika kami ingin membuat sebuah game yang sepenuhnya baru dan terasa segar dan karena itulah kami memilih untuk memperbarui aspek visual acuan hit-nya dan sejenisnya.
2. Mishima dan Assist!
Q: Menghilangkan just frame dalam input serangan electric untuk karakter Mishima dalam mode Heat terasa seperti overkill. Apa motivasi dari tim dalam kemudahan ini?
Harada dan Murray: Pertama-tama, ada hal yang sama di Tekken 7 yang namanya assist feature di mana kamu menekan satu tombol dan dengan kombinasinya kamu bisa melakukan electric yang gampang dan tidak terlalu mempengaruhi banyak orang. Namun bahkan kali ini ketika ia menjadi Special Style, kamu bisa melakukannya berkali-kali dengan mudah.
Alasan mengapa menurut saya (Murray) tidak akan menjadi OP karena sendirinya ia tidak akan membuatmu menjadi luar biasa hebat karena kamu bisa melakukan satu atau dua kali sebelum mereka terlalu jauh. Jadi agar dapat melakukannya dengan baik, kamu harus bisa mengontrol jarak di antara kamu dan lawanmu, menyusup dengan dash dll.
Jadi hal itu sendiri tidak akan membuatmu sangat kuat hanya dengan mengeksekusi electric kapan saja. Biarpun begitu, kamu akan masih dapat merasakan kenapa rasanya seru dan asik karena suaranya dan serangannya yang mengenai pemain. Namun ia tidak aka memberikanmu kekuatan super atau semacamnya hanya karena kamu bisa melakukannya dengan satu tombol.
Baca Juga: Ini Karakter Tekken 8 yang Resmi Sejauh Ini! Ada Jun!
3. Special Style dan skill issue?
Q: Apa menurutmu Special Style akan mengurangi jurang antara pemain berpengalaman dan pemain baru?
Harada, diterjemahkan oleh Murray: Tergantung bagaimana kamu membicarakan jarak antara pemain berpengalaman dan pendatang baru. Apa yang dimaksud dari 'jurang' tersebut? Ada perbedaan antara jurang dalam kemampuan maupun jurang di antara bagaimana mereka menikmati game-nya, dll. (Murray: Saya tidak akan menghidupkan Special Style dan tahu-tahu menang lawan Knee, pemain terbaik di dunia saat ini. Tidak akan kejadian.) Namun yang disampaikan olehnya (Harada) adalah ia membandingkannya antara Muay Thai atau Tinju. Ia (Harada) belajar Muay Thai (Murray: dan akupun juga belajar Muay Thai). Namun kamu akan menemukan juara seperti Saenchai atau seseorang yang sangat kuat dan kamu memberikan mereka sebuah handicap, seperti ada yang badannay besar dan mungkin kamu hanya bisa menggunakan satu tangan atau sejenisnya. Namun si pro Senchai bakal tetap menang karena memang ia jago dalam melakukannya.
Harada: Jadi kurang lebih seperti itu. Tapi dibilang begitupun, apa maksudnya dalam gap ini? Seperti ada orang yang tidak pernah pergi ke gym namun takut karena petarungnya pada kuat dan kamu pikir mungkin kamu tidak bisa melakukannya dan membuka pintu itu, kan? Nah, bagaimana kalau kami membuatnya mudah untuk membuka pintu itu? Metodenya seperti itu.
Ia (Special Style) seperti jalan mudah untuk membuka pintunya karena kamu menjalani tangga yang awalnya mencari game-nya dulu lalu kamu belajar cara bermainnya. Kalau itu artinya membuka movelist dan mempelajari macam-macam hal berbeda ini sebelum kamu mencoba game-nya dan ingin tahu kenapa ia menarik, kan jadi rintangan yang besar. Namun kalau kamu cukup menghidupkan konfigurasi tombol itu dan langsung bisa melakukan gerakan-gerakan keren karakternya, setidaknya kamu akan melihat kenapa ia seru dan mungkin bahkan belajar bagaimana cara kerjanya dalam game ini. Lalu kamu akan mengambil langkah itu dan menurunkannya jauh, kan? Jadi ini lebih kurang tujuannya.
Begitupun, banyak orang yang berpikir hal ini hanya untuk pemain baru dan untuk membuat mereka lebih mudah masuk ke dalam game. Tapi itu baru langkah pertamanya. Belum tentu berarti mereka akan belajar lebih lanjut game-nya dan semudah itu menjadi pro. Ia (Special Style) baru langkah pertamanya. Jadi kamu masih harus belajar game-nya lebih jelas setelah itu. Dan iapun tidak hanya untuk pemula saja, karena bisa saja ia cocok untuk pemain kelas menengah maupun lebih lanjut. Situasinya sama saja.
Mungkin karakter pilihan utamaku adalah para Mishima seperti Jin atau Kazuya, tapi saya ingin mencoba Xiaoyu. Saya tidak tahu apa-apa tentang Xiaoyu. Jadi daripada masuk dulu ke movelist dan mempelajari semuanya, aku mengambil controller dan langsung mencobanya dulu. "Oh, ini move yang paling umum dan ini yang paling menarik, saya bisa mulai dari sini." Bagaimana saya akan menggunakan mereka dalam pertarungannya. Lebih mudah jadinya untuk para pemain berpengalaman untuk mengambil karakter lain dan hal-hal lainnya dalam game ini tanpa harus melakukan hal-hal yang tidak kamu inginkan. Kurang lebih seperti belajar di sekolah, kan? (tertawa) Seperti movelist, frame data dan semacamnya. Jadi ia menjadi tujuan yang berbeda untuk grup yang berbeda pula.
Murray: Bahkan ia juga mengatakan kita bahkan masih belum tahu ke depannya. Mungkin di sebuah turnamen, mungkin saya maupun orang lain akan menentukan begitu ketimbang mengambil resiko dengan beragam tombol atau input kompleks dalam satu keadaan, karena kamu tinggal menekan hidup atau mati. Mungkin di suatu skenario ia akan menghidupkannya, jadi dia bisa melakukan serangan ini hanya dengan sekali pencet. Mungkin bakal ada keadaan seperti ini, jadi menarik rasanya melihat mekanisme yang menguntungkan beragam orang dengan jalan yang beragam pula.
Apa pendapatmu tentang komentar Katsuhiro Harada dan Michael Murray tentang ide Tekken 8? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini!
Baca Juga: Analisis Trailer Tekken 8 Kazuya, Apa Saja yang Berubah?