Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!

Dari agama sampai judi, lho!

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!

Ada banyak alasan mengapa game di-banned di berbagai negara. Alasan paling utama sih, game itu melanggar moral dan norma di suatu negara. Nah, penasaran siapa saja yang menjadi contoh kena ban dengan berbagai macam alasannya? Cek dulu di sini!

1. Manhunt

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!wired.com

Game sadis tentang program televisi sadis ini sempat dicekal di Australia dan bahkan Amerika Serikat karena konten kekerasan dan kesadisannya yang dianggap keterlaluan pada masanya!

2. Fight of Gods

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!store.steampowered.com/Fight of the Gods

Game berantem yang melibatkan berbagai tokoh suci dari berbagai kepercayaan ini pun juga dicekal di Asia Tenggara gara-gara penggambaran tokoh agamanya yang sensitif!

3. Command and Conquer: Generals

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!wired.com

Republik Rakyat Tiongkok mencekal game ini di sana karena penggambaran negaranya sebagai sisi antagonis nan jahat, dalam sebuah game bergenre strategi dengan berbagai negara dan faksi yang memerangi satu dengan yang lain!

4. Mortal Kombat 11

Penampakan simbol yang dikaitkan dengan komunisme menjadi salah satu spekulasi saat game tersebut batal rilis di Indonesia. Namun, judul-judul sebelumnya belum pernah dicekal!

5. Battlefield 3

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!battlefield.com

Iran pernah mencekal game military shooter yang satu ini karena menggambarkan negara tersebut sebagai salah satu dari antagonis utamanya! 

Baca Juga: Habiskan Liburan dengan 5 Game yang Dirilis Desember 2019 Ini!

6. GTA: San Andreas

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!gtainside.com

Meskipun kontroversi dalam serial Grand Theft Auto bukan hal baru, namun patch panas berjudul Hot Coffee sempat membuat judul ini dicekal sampai ke Singapura!

7. Call of Duty 4: Modern Warfare

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!nytimes.com

Meskipun secara tidak spesifik menyebutkan bahwa misi-misi tersebut hanya bertempat di Timur Tengah, namun peta-peta satelit tersebut menunjukkan lokasi yang kurang lebih adalah tanah Arab Saudi, yang membuat game ini dicekal di sana!

8. Pokemon

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!nintendolife.com

Satu franchise Pokemon sempat diajukan untuk dicap fatwa cekal di Arab Saudi. Pertimbangannya? Game ini dianggap mempromosikan Zionisme dan perjudian di tahun 2001.

Tapi tahun 2016, Uni Emirat Arab menjadi negara Arab pertama yang disahkan oleh The Pokemon Company International untuk menyelenggarakan acara-acara Play! Pokemon!

9. Spec Ops: The Line

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!nuuvem.com

Dalam Spec Ops: The Line, kamu adalah seorang tentara yang dikirim tugas ke Dubai yang telah porak-poranda untuk mencari bekas komandanmu yang menghilang. Atas penggambaran Dubai tersebut, Uni Emirat Arab mencekal game yang satu ini!

10. Fallout: New Vegas

Dari Serius Sampai Kocak, Ini 10 Game yang Di-banned di Banyak Negara!greenmangaming.com

Tidak hanya Spec Ops: The Line, game yang satu ini pun juga dicekal di Dubai, namun dengan alasan perjudian dan prostitusi. Meskipun demikian, versi digitalnya tidak dicekal!

Apa pendapatmu tentang judul-judul game yang di-banned ini? sampaikan di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Intip Half-Life Alyx, Game Half-Life Terbaru dalam 12 Tahun Terakhir!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU