10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!

Terinspirasi dari Akira, lho!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!

Kyo Kusanagi adalah ikon dari seri game 2D fighting The King of Fighters milik SNK! Penasaran dengan seluk beluk di balik karakternya? Cek selengkapnya di sini!

1. Desainer pertamanya!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!SNK/The King of Fighters 94

Kyo maupun rivalnya, Iori didesain oleh Shinichi Morioka, yang kemudian keluar dari SNK untuk mengembangkan game fighting Daraku Tenshi, yang kemudian menjadi inspirasi di balik karakter K' dan Maxima!

2. Resmi menang!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!SNK/The King of Fighters 98

Tim Jepang (Kyo, Benimaru Daimon)  merupakan pemenang secara resmi semua turnamen KOF sepanjang kisah Orochi termasuk 97. Tim Sacred Treasures (Kyo, Iori, Chizuru) justru terbentuk pasca turnamen!

3. Dulunya bukan Kyo!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!SNK/The King of Fighters 99 Evolution

Dalam awal pengembangannya, Kyo memiliki nama yang berbeda, yakni Syo Kirishima, yang menggunakan pakaian ahli beladiri yang lebih tipikal pada eranya. Di kemudian hari, Syo muncul sebagai salah satu striker KOF 99' Evolution dan KOF 2000!

4. Berdasarkan Akira!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!animemojo.com

Dalam desainnya, Morioka menggunakan referensi sang tokoh utama anime layar lebar Akira, Shotaro Kaneda sebagai dasar dari desain Kyo. Plus, versi prototipenya, Syo Kirishima disuarakan oleh Mitsuo Iwata, sang pengisi suara Kaneda!

5. Dari anime mecha juga!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!Brains Base/Getter Robo Armageddon

Inspirasi dari karakter dan apinya juga diangkat dari dinamika ketiga tokoh utama manga karya Ken Ishikawa, Getter Robo, spesifiknya Ryoma Nagare!

Baca Juga: Peringkat 10 Film Adaptasi Game Fighting Terbaik RT! Banyak Ampas?

6. Memang dijadikan rival Ryu!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!Dok. Capcom

Melihat kepopuleran Ryu, desainer karakter Yuichiro Hiraki juga membandingkan tokoh tersebut sebagai sebuah rival atau tembok yang luar biasa. Karena tidak bisa dibandingkan dalam kelas yang sama, inspirasi bakat lahiriah Kyo dan kepribadiannya dibikin sebagai cermin dari Ryu!

7. Awalnya urung dimasukkan ke 99!

10 Fakta Kyo Kusanagi The King of Fighters, Pengguna Api Legendaris!SNK/The King of Fighters 99

Karena KOF 99 berfokus pada tokoh utama yang baru, K', di tahap awal pengembangannya tim tersebut urung untuk memasukkan semua versi Kyo, namun akhirnya mengalah karena "tidak mungkin karakter-karakter populer ini ditinggal lalu."

8. Variasi lagu temanya!

Hingga saat ini, terdapat 11 variasi lagu tema Kyo yang beredar sepanjang sejarah The King of Fighters termasuk lagu aslinya, yang tidak lain dan tidak bukan adalah lagu berjudul ESAKA!

9. Empat pengisi suara dalam game!

Suara untuk Kyo diperankan oleh Masahiro Nonaka dari KOF '94 hingga KOF XIII, sebelum diteruskan oleh Tomoaki Maeno dari The King of Fighters XIV hingga saat ini. Andrew Roth menjadi pengisi suara bahasa Inggris Kyo di Maximum Impact dan versi Pachinko disuarakan oleh Tomokazu Sugita!

10. Versi playable hingga saat ini!

Selain sang tokoh aslinya, sejauh ini versi Kyo yang muncul dalam game ini adalah Syo sebagai striker, Kyo-1, Kyo-2, K9999, KUSANAGI, hingga Kyoko sang cosplayer Kyo sebagai striker!

Apa opinimu tentang sang Kyo Kusanagi The King of Fighters? Sampaikan pendapatmu terhadap karakter tersebut melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: 10 Fakta M Bison Street Fighter, Otak Organisasi Shadaloo!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU