Comscore Tracker

Waduh! Lagi-Lagi Tempat Download Game Nintendo Dituntut!

Perang Nintendo belum berakhir sampai di EmuParadise!

Nintendo belum puas tampaknya memburu satu situs tempat download game Nintendo emulator, karena baru-baru ini satu lagi tempat download game Nintendo ilegal dituntut oleh perusahaan tersebut!

Setelah tuntutan yang berhasil terhadap EmuParadise di bulan Juli lalu, beberapa situs ROM emulator lainnya juga ikut menarik layanan unduhan ROM mereka masing-masing. Salah satu tempat download game yang bertahan, seperti kasus yang satu ini, tidak seberuntung itu.

Dilansir dari TorrentFreak, operator dua situs tempat download game emulator, LoveROMS.com dan LoveRETRO.co, mendapat tuntutan dari Nintendo untuk menarik jasanya dan membayar kerugian kurang lebih 12 juta US Dolar.

Kerugian yang disebabkan oleh LoveRETRO.co dan LoveROMS diuraikan oleh pihak Nintendo, adalah "pelanggaran massal dan kurang ajar terhadap hak kekayaan intelektual milik Nintendo."

Tidak hanya itu, di dalam tuntutannya mereka juga melarang situs tersebut untuk menggunakan, membagi, dan mendistribusikan ROM Nintendo atau perangkat lainnya di masa depan. Nintendo pun menuntut pasangan ini, Jacob dan Cristian Mathias, untuk menyerahkan seluruh data game dan emulator di situs tersebut.

Yang membuatnya menarik, persetujuan ini justru tidak dibawa ke pengadilan, dan justru diselesaikan secara langsung antar Nintendo dan pemilik tempat download game tersebut. Denda yang lebih ringan juga sedang didiskusikan secara privat di antara kedua pihak.

Di satu sisi, emulator adalah perangkat yang sangat berguna untuk mencoba game yang sudah tidak mungkin bisa dimainkan lagi, entah karena konsolnya sudah tidak diproduksi atau game tersebut yang sudah tidak dijual lagi. Tapi di sisi lain, penggunaan emulator dan game tanpa izin juga jelas adalah tindakan pelanggaran hak cipta.

Dilema dari tempat download game emulator sebagai akses untuk judul-judul yang tidak tersentuh oleh belahan dunia lain, entah itu akibat keterbatasan distribusi atau kegagalan promosi tentu meresahkan bagi penggemar game retro.

Tapi apakah perusahaan game yang memberikan pilihan sangat terbatas ketika menjual emulator mereka sendiri juga bisa dianggap solusi atas kebutuhan ini? Bagikan pendapatmu tentang tempat download game emulator di kolom komentar!

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game