Comscore Tracker

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2

Ada beberapa hal yang telah terbongkar terkait game ini lho.

Di tahun 2016, Naughty Dog membuat sebuah kejutan karena mereka tengah mengembangkan sebuah proyek ambisius yang kehadirannya sangat dinanti, The Last of Us 2. Sejak saat itu gamer tak lagi diberikan apapun karena Naughty Dog sangat menjaga kerahasiaan game ini.

Di pertengahan tahun 2017-an mulai muncul berita-berita terkait game tersebut. Bisa dibilang, setiap ada berita mengenai The Last of Us 2 pasti langsung banyak pembacanya, maklum saja game ini adalah salah satu game eksklusif terbaik yang dimiliki oleh PlayStation 4 sejauh ini.

Bak gayung bersambut, hasrat gamer untuk melihat The Last of Us 2 secara visual akhirnya terbayarkan kala Naughty Dog merilis sebuah trailer perdana meskipun ceritanya sendiri tidak jelas. Di sana ada beberapa karakter yang diperlihatkan dan menimbulkan banyak pertanyaan di benak gamer.

Tapi berdasarkan info-info yang telah dihimpun dari awal ketika game ini diumumkan, kita setidaknya mengetahui sekelumit tentang game ini guys. Lantas apasaja sekelumit hal tersebut? Langsung saja yuk kita bahas satu persatu mengenai beberapa hal terkait The Last of Us 2 seperti yang ditulis oleh salah satu penulis Whatculture.

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2 Source: Mygaming[/caption]

Trailer kedua dari game ini boleh dibilang membuat beberapa dari gamer terkejut. Kita hendak melihat beberapa karakter baru yang tidak dijelaskan oleh Naughty Dog satu per satu. Tapi sebelum trailer yang membingungkan itu dirilis, kita lebih dulu diperkenalkan dengan Ellie yang merupakan salah satu protagonis utama di seri pertama.

Ellie terlihat lebih dewasa, muram, dan juga tegar. Seperti yang kita ketahui, di The Last of Us pertama Ellie masih berusia sangat muda bahkan bisa dikategorikan sebagai anak-anak. Dewasanya Ellie di seri kedua ini kemudian menyimpulkan bahwa The Last of Us 2 punya setting waktu yang maju. Dugaannya tentu saja seri kedua ini berlatar lima tahun setelah kejadian The Last of Us pertama.

Sepertinya bakal dipastikan bahwa kali ini Ellie bakal lebih sedikit brutal dibandingkan dulu. Apalagi dunia post apokaliptik yang telah diperlihatkan di trailer kedua semakin banyak menampilkan sosok-sosok jahat. Yang patut ditunggu juga adalah bagaimana hubungan Ellie dengan Joel, karena di akhir seri pertama Joel berbohong kepadanya terkait organisasi milik Tommy.

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2 Source: Youtube[/caption]

Harus diketahui bahwa ada dua orang yang sangat berjasa dalam kesuksesan The Last of Us pertama. Mereka adalah Neil Druckmann dan juga Bruce Straley. Neil tak perlu diragukan lagi kapasitasnya sebagai seorang penulis game yanga andal. Tapi kesuksesan seorang Neil juga merupakan kontribusi dari Straley.

Kedua orang ini saling bahu membahu membuat seri Uncharted dan The Last of Us sampai akhirnya salah satu dari mereka memutuskan untuk undur diri dari Naughty Dog. Di akhir Uncharted 4, Straley mengundurkan diri dan membuat sebuah lubang besar dalam pengembangan The Last of Us.

Tak butuh waktu lama, posisi lowong Straley kemudian digantikan oleh Anthony Newman dan Kurt Margenaum yang telah ada di Naughty Dog sejak Uncharted 2. Tapi tetap saja hilangnya seorang Straley pasti membawa dampak dan tentu akan ada beberapa perbedaan yang bakal dirasakan di The Last of Us seri kedua.

Ada hal apa saja ya yang mesti kita ketahui dalam pengembangan The Last of Us seri kedua ini? Langsung meluncur ke halaman selanjutnya yuk.

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2 Source: GamingScan[/caption]

Perubahan paling kentara di seri kedua tentu saja perubahan karakter utama yang bisa dimainkan. Di seri pertama, kita bermain sebagai Joel dan kita baru bisa beralih memainkan Ellie setelah memainkan The Last of Us: Left Behind yang merupakan DLC dari seri pertama itu.

Pesannya sudah jelas, Naughty Dog ingin menjadikan Ellie sebagai karakter utama yang bisa dimainkan di seri kedua dan mereka melakukan transisinya di Left Behind di mana Ellie menjadi karakter utama yang bisa dimainkan di sana. Apalagi di seri kedua Ellie sudah jauh lebih dewasa dan mampu mengurus dirinya sendiri.

Kemungkinannya, Ellie kini bakal jadi karakter utama yang bisa dimainkan sedangkan Joel bakal jadi karakter pendukung namun di beberapa situasi kita bisa mengontrol Joel. Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak pengembang dan tentunya bakal ada sensasi berbeda kala kita mengontrol Ellie dan Joel di segala aspek.

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2 Source: Gamechanger[/caption]

Di The Last of Us pertama, kita disuguhi oleh tema cerita mengenai cinta, di mana Joel berikukuh ingin mengamankan Ellie dari kejaran Fireflies. Meskipun penuh dengan aksi sadis, namun kesan cerita mengenai cinta sangat melekat di dalam game ini.

Alih-alih mengikuti jejak suksesornya, seri kedua dari The Last of Us ini lebih mengarah pada tema kebencian. Hal tersebut diperjelas di trailer perdana di mana kita bisa melihat Ellie yang sedang bernyanyi di tengah mayat-mayat di dalam sebuah rumah. Suasana di dalam game tersebut juga lebih kelam dan Joel terlihat lebih dingin dari seri pertama.

Tema mengenai kebencian di seri kedua ini keluar dari mulut salah satu orang yang membuat gamenya yakni Neil Druckmann. Yang dikhawatirkan adalah bahwa di game kedua hubungan antara Ellie serta Joel bakal memburuk karena sikap Joel di akhir seri pertama yang melakukan kebohongan pada Ellie.

Ada apalagi ya yang bisa kita korek dari The Last of Us seri kedua ini? Ke halaman selanjutnya yuk!

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2 Source: GameWallpapers.com[/caption]

Selain jalan cerita, apalagi yang membuat seri kedua dari The Last of Us begitu dinanti? Jawabannya tentu saja grafis. Kabarnya grafis untuk seri kedua ini menggunakan teknologi motion capture terbaru lho. Tulang di sekitaran wajah bakal terlihat jelas dan juga wajah karakter kini bisa menampilkan emosi lebih baik seperti orang sungguhan.

Harus diakui hal ini adalah kemajuan karena untuk seri pertama Naughty Dog tidak pernah melakukan close up yang terlalu dekat pada karakternya karena mereka tidak bisa menampilkan emosi yang ciamik. Tapi kali ini, mereka bebas melakukan zoom pada wajah karakter karena sudah jauh lebih realistis!

Nih, bisa lihat di sini bagaimana detailnya wajah para karakter di The Last of Us 2.

Udah Tahu Belum? Sekelumit Tentang The Last of Us 2

Di trailer kedua kita diperkenalkan oleh beberapa karakter dan salah satunya merupakan seorang wanita bernama Laura Bailey. Tapi sayangnya, tidak diketahui secara pasti waktu di trailer kedua tersebut. Sebagian menyebut trailer kedua itu menunjukkan kejadian sebelum The Last of Us pertama.

Selain itu Laura juga dipercaya sebagai ibu dari Ellie. Naughty Dog sendiri enggan menjelaskan lebih lanjut, tapi satu yang pasti, di seri kedua ini Laura kemungkinan bakal menjadi salah satu karakter krusial. Entah sebagai penghubung cerita atau menjadi penyelamat Ellie.

Bisa juga Laura ini diposisikan sebagai karakter yang bisa dimainkan tapi harus melalui DLC yang berguna untuk menyempurnakan plot hole yang ada di seri ini. Satu yang pasti, Laura terlihat bukan seperti wanita sembarangan karena dalam trailer diperlihatkan Laura punya ketahanan fisik mumpuni dan mahir dalam bela diri.

Diedit oleh Doni Jaelani

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game