Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Terkadang sebuah game menamcapkan formula yang tidak biasa untuk memperpanjang masa gameplay-nya. Salah satunya dengan menambahkan berbagai macam misi sampingan hingga membuat kita sibuk. Bahkan beberapa di antaranya menjadi game dengan aktivitas tersibuk.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Developer terkadang memiliki banyak ide untuk membuat game-game mereka tampil memukau. Selain itu, durasi bermain game juga terkadang diperhatikan oleh para developer. Terkadang ada beberapa developer yang jenius untuk menambah durasi dari game yang mereka ciptakan. Caranya? Tentu saja ada banyak mulai dari menciptakan storyline yang benar-benar lama dan juga menciptakan banyak aktivitas untuk game mereka.

Tapi tidak jarang juga banyak developer yang menyiksa gamer dengan menempatkan tantangan super sulit sehingga pada akhirnya gamer harus berusaha keras untuk menamatkan game tersebut dan akhirnya game akan lama tamatnya. Kali ini kita kesampingkan dulu soal game dengan storyline lama dan juga game dengan tingkat kesulitan tidak manusiawi.

Kali ini kita akan membahas soal game dengan aktivitas tersibuk sehingga pada akhirnya membuat game yang sedang dimainkan akan lama tamatnya. Terlepas dari niat atau tidaknya misi sampingan yang dibuat, ada beberapa game yang punya aktivitas sangat padat sehingga bisa membuat kita lupa waktu bahkan sampai lupa untuk menyelesaikan misi utama.

Terkait hal ini Duniaku.net tertarik untuk membahas mengenai game dengan aktivitas tersibuk. Mungkin game-game ini bisa membuat kalian menggeleng-gelengkan kepala karena menghadirkan banyak hal untuk kita eksplorasi dan selesaikan. Yuk, langsung saja kita bahas mengenai game dengan aktivitas tersibuk.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Game dengan aktivitas tersibuk pertama adalah Assassin's Creed Unity. Game yang dirilis pada tahun 2014 untuk konsol next gen dan PC ini memang langsung menggebrak panggung gaming. Maklum, Ubisoft memposisikan game ini sebagai game ambisius untuk konsol next gen. Selain itu, seri Assassin's Creed sendiri harus diakui selalu menjadi magnet bagi para gamer.

Game ini langsung menuai perhatian gamer lewat segudang trailer dan juga penempatannya setelah game Assassin's Creed Black Flag yang sangat sukses. Tidak heran bila Assasssin's Creed Unity sangat ambisius. Ketika sedang membangun hype, Ubisoft pernah berujar bahwa game ini memiliki banyak fitur, penyempurnaan gameplay, dan tentu saja aktivitas yang sibuk.

Bicara soal aktivitas yang sibuk, kalian akan benar-benar mendapatkan hal ini karena Ubisoft membuat beragam aktivitas untuk Paris yang memiliki maps cukup luas ini. Kalian bisa menyelesaikan banyak misi sampingan, melakukan kegiatan lain di luar membunuh, dan masih banyak lagi. Bila kalian berniat untuk mengerjakan semua aktivitas di luar cerita utama, kalian benar-benar membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk Source: Gamespot[/caption]

Bahkan ketika melihat review-nya di Gamespot, saya langsung terkejut. Memang dengan banyaknya misi sampingan akan membuat game ini lama tamat. Tapi sayangnya, misi sampingan untuk Assassin's Creed Unity sendiri banyak dianggap digarap dengan kurang serius. Kita yang sudah ilfeel duluan pasti hanya menganggap misi-misi tersebut merupakan hanya sebuah simbol di peta.

Untuk membuka semua misi sampingan yang ada, kalian bisa menaiki tower yang tersedia dan langsung melakukan sinkronisasi.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Nih, game selanjutnya dengan aktivitas tersibuk adalah The Sims. Ya, game buatan Electronic Arts ini memang sangat fenomenal dan lekat dengan banyak orang. Apalagi, The Sims sendiri mengambil tema tentang kehidupan orang sehari-hari untuk bekerja, tidur, dan segala tentang aktivitas pribadi deh pokoknya.

Karena kegiatannya mirip dengan kegiatan orang sehari-hari pada akhirnya membuat The Sims menjadi salah satu game tersibuk (bila tidak menggunakan cheat)Kalian dituntut untuk bangun pagi, berangkat kerja/sekolah, dan melakukan aktivitas di luar itu. Kesibukan kalian memang tidak akan banyak jika kalian masih sendiri.

Tapi ketika orang sims kalian bertambah, misalnya memiliki istri, kegiatan kalian akan bertambah pula. Istri kalian dituntut juga untuk melakukan banyak hal sehingga kalian harus menggerakkan dua orang sekaligus. Pusing? Tunggu dulu! Kesibukan kalian akan menjadi-jadi bila sims kalian memiliki anak.

Ya, kesibukan ini tidak bisa dianggap sepele. Karena bila kalian malas-malasan untuk merawat sims kalian, bukan tidak mungkin sims kalian akan menjadi buruk. Misalnya karena tidak mandi akan jadi bau, karena tidak makan bisa mati, atau karena tidak bergaul jadi kekurangan teman. Tidak percaya? Kalian bisa coba sendiri betapa rumitnya game yang satu ini.

Nah, apalagi ya game yang dianggap sebagai game paling sibuk karena punya aktivitas segudang? Langsung melaju ke halaman selanjutnya yuk.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Selanjutnya yang dianggap sebagai game sibuk karena memiliki aktivitas segudang adalah The Witcher 3. Pada dasarnya, The Witcher 3 memang menyediakan misi sampingan yang begitu banyak. Akan tetapi, misi sampingan ini dibuat dengan serius dan tidak hanya berpusat pada orang yang minta bantuan pada Geralt. Keseriusan misi sampingan di The Witcher 3 pada akhirnya akan memberikan kalian kesan yang berbeda.

Selain itu, kalian dipastikan akan ketagihan memainkan misi sampingan game ini, apalagi kesan yang akan kalian dapatkan ketika bermain misi sampingan sama rasanya seperti sedang memainkan misi utama. Bergeser dari misi sampingan, kalian bisa juga mengerjakan The Witcher contract. Di sini kalian akan memburu monster-monster kuat dan untuk mengalahkannya tentu tidak akan mudah.

Hebatnya, sebelum menghadapi monster ini Geralt akan melakukan aktivitas kecil sehingga membuat misi ini terasa begitu lama. Bergeser dari The Witcher contract, kalian bisa mendatangi satu per satu point of interest atau simbol "?" di maps kalian. Simbol poin of interest begitu banyak dan mendatanginya satu per satu tentu butuh waktu yang lama.

Tapi meski begitu, kalian akan diganjar hadiah yang luar biasa seperti equip yang harganya mahal, diagram untuk membuat armor serta alchemy, dan juga masih banyak lagi. Mendatangi satu per satu poin of interest akan membuat karakter kalian kuat karena terkadang kalian akan mendapatkan poin skill dari Place of Power. Kalian juga bisa dapat uang banyak dengan melakukan hal ini.

Asyiknya misi samping, witcher contract, dan poin of interest tentu akan membuat kalian lupa dengan misi utama pada akhirnya. Tapi kembali lagi, itulah daya tarik dari The Witcher 3 dan yang membuatnya menjadi sebuah masterpiece. Setidaknya kalian butuh waktu 60-70 jam untuk bisa menyelesaikan game ini dengan sempurna.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Grand Theft Auto V merupakan game selanjutnya yang dianggap sebagai game dengan aktivitas tersibuk. Improvisasi memang terjadi di GTA V karena Rockstar Games selaku developer meningkatkan jumlah aktivitas di GTA V. Artinya, waktu kalian untuk menamatkan GTA V akan sedikit terganggu, apalagi aktivitas selain misi utama di GTA V digarap dengan sangat bagus.

Di luar misi sampingan yang pasti menyuruh kalian untuk melakukan beberapa hal, kalian juga bisa memainkan mode lain seperti kompetisi triathlon misalnya atau bermain tenis, dan masih banyak lagi. Kegiatan yang terasa seperti mini games ini harus diakui membuat GTA V sangat berwarna dan tidak membosankan.

Namun di samping itu, aktivitas yang paling sering dilakukan orang banyak di GTA V adalah melakukan hal tidak jelas seperti membunuh, mencuri mobil, atau hal tidak jelas lainnya. Belum lagi di GTA V kalian bisa menyuntikkan mod yang bisa mengubah karakter, peta, dan wilayah di seluruh GTA V. Hal seperti ini ikut andil dalam menyibukkan aktivitas kalian di GTA V hingga akhirnya melupakan misi utama.

Bikin Lupa Misi Utama, Ini 5 Game dengan Aktivitas Tersibuk

Beberapa tahun yang lalu Bethesda bersama dengan Iron Galaxy membuat sebuah game keren dengan nama Elder Scroll V: Skyrim. Game yang satu ini sempat dianggap sebagai salah satu RPG terbaik yang pernah dibuat sebelum predikat tersebut disamai oleh The Witcher 3: Wild HuntSkyrim memiliki banyak misi sampingan untuk diselesaikan.

Misi sampingan yang banyak tersebut juga digarap dengan sangat baik. Misi sampingan ini dipercaya bisa membuat kalian lupa misi utama. Kalian memang hanya akan mendapatkan waktu bermain sekitar 32 jam apabila ingin menamatkan storyline-nya saja. Tapi waktu bermain kalian akan membengkak menjadi 224 jam! Itu bila kalian melibas seluruh misi atau kegiatan yang ada di dalam game ini guys.

Selain itu game ini juga memiliki beberapa downloadable content (DLC) yang sayang sekali apabila dilewatkan. Bagaimana? Merasa tertantang untuk memainkan game selama 200 jam lebih? Hahaha. Oleh sebab itu game ini layak menjadi salah satu game dengan aktivitas tersibuk.


Nah, sepertinya itulah lima game dengan aktivitas tersibuk sehingga membuat kalian lupa banyak hal salah satunya adalah lupa menyelesaikan cerita utama. Tapi itulah daya tarik di dalam game yang saat ini jadi formula utama developer. Saya sih berharap di masa depan lebih banyak lagi game dengan misi sampingan yang digarap dengan serius. Bagaimana dengan kalian?

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

Latest