Comscore Tracker

Salah Satu Tokoh Ikonik! Ini Beberapa Fakta Crash Bandicoot

Kocak, ikonik, dan bandel, Itulah Crash Bandicoot.

Sebagai salah satu developer yang baru berkembang, Naughty Dog melakukan berbagai macam cara untuk bisa melejitkan nama mereka di industri game, khususnya di era PlayStation 1. Memang harus diakui pula, kala itu tidak banyak game dari Naughty Dog yang merajai belantika gaming. Sebagai sebuah developer yang tergolong baru, nyatanya Naughty Dog hanya butuh waktu yang tidak lama untuk bisa mencuri perhatian gamer. Ya, nama mereka meroket kala menciptakan sebuah karakter bernama Crash Bandicoot di tahun 1996.

Sebagai sebuah karakter, Crash Bandicoot memiliki watak yang kocak, bandel, dan cenderung slebor dalam menghadapi masalah. Namun karena hal inilah kemudian nama Crash Bandicoot sebagai sebuah maskot semakin meroket. Game seperti Crash Team Racing, Crash Bash, Crash Bandicoot Trilogy, dan game-game lainnya yang ada Crashnya berhasil dikenang oleh gamer, hingga saat ini.

Hal ini dibuktikan ketika Crash Bandicoot Trilogy jatuh ke tangan Activision. Ya, Activision melakukan reboot ulang untuk karakter yang satu ini di PlayStation 4. Hasilnya, pre-order di mana-mana dan penjualan PlayStation 4 meningkat sejak game ini dirilis menjadi bukti betapa legendarisnya karakter yang satu ini. Tentu sebagai karakter legendaris, banyak fakta Crash Bandicoot yang harus diketahui oleh para gamer.

Duniaku.net kali ini sangat tertarik untuk membahas soal fakta Crash Bandicoot yang mesti diketahui oleh para fanas serta gamerYuk, tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita bahas soal fakta Crash Bandicoot yang layak untuk diketahui.

Salah Satu Tokoh Ikonik! Ini Beberapa Fakta Crash Bandicoot

Fakta Crash Bandicoot pertama adalah karakter yang satu ini sebenarnya tidak langsung diberi nama Crash Bandicoot bro. Tadinya, hewan ikonik nan legendaris yang satu ini ingin diberi nama Willie the Wombat. Bahkan ukuran yang digambarkan di tahap awal tidaklah sekecil ini. Konon Crash didesain memiliki tubuh yang lebih besar.

Meskipun nama Willie the Wombat kurang diperhitungkan, direktur pemasaran Universal Interactive Studios bersikeras Crash seharusnya diberi nama Wez the Wombat", "Wuzzles the Wombat" atau "Wizzy the Wombat." Tapi pihak Naughty Dog menginginkan nama Crash karena hewan yang satu ini punya kecenderungan untuk menghancurkan sebuah peti. Tapi meski begitu, Universal Interactive Studios masih bersikukuh untuk menamai Willy the Wombat.

Alasannya karena nama tersebut adalah sebuah trademark. Tapi karena Naughty Dog teguh pada pendirian, mereka memaksa Universal Interactive Studios untuk menggunakan nama Crash atau proyek tersebut akan tidak dilanjutkan. Hasilnya, Crash Bandicoot menjadi sebuah legenda dan juga masterpiece yang pernah diciptakan!

Salah Satu Tokoh Ikonik! Ini Beberapa Fakta Crash Bandicoot

Sebagai sebuah maskot, tentu Crash Bandicoot adalah salah satu yang paling legendaris. Fakta Crash Bandicoot selanjutnya akan mempertegas hal itu. Memang selama berpetualang, Crash selalu sukses membasmi apa yang jahat misalnya Uka Uka dan Dr Neo Cortex. Sebagai makhluk yang baik, Crash selalu sukses mengalahkan mereka. Tapi di tahun 2007, sosok Crash dijadikan maskot untuk melawan salah satu penyakit darah ganas.

Ya, Crash dijadikan maskot oleh Vivendi and Sierra untuk Leukimia and Nymphoma Society's School and Youth. Intinya, Crash dijadikan maskot untuk program kemanusiaan yang berfokus pada Leukimia serta Nymphoma. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang sangat keren! Organisasi ini dikhususkan untuk mendidik anak-anak, meningkatkan kesejahteraan, dan kesadaran di seluruh Amerika Serikat mengenai leukemia, limfoma, serta mieloma.

Kemiteraan ini ternyata berbuah sangat manis, maklum, yang dijadikan maskot adalah karakter legendaris. Mark Halacy, Wakil Presiden Eksekutif Sumber Daya Manusia untuk Vivendi Games, mengatakan, “Crash adalah bandicoot dengan hati yang besar; dia pemberani, dia setia dan dia selalu siap untuk pertarungan yang baik dan tujuan besar. "

Fakta Crash Bandicoot apalagi ya yang wajib kita ketahui? Langsung saja meluncur ke halaman selanjutnya bila penasaran!

Salah Satu Tokoh Ikonik! Ini Beberapa Fakta Crash Bandicoot

Saya masih ingat betul kala di era PlayStation 1, Spyro dan Crash Bandicoot saling berhubungan. Ya, bila tidak salah, di game Spyro, kita bisa melakukan unlock agar bisa bermain game Crash Team Racing. Tidak hanya itu, beberapa kali Crash menjadi easter egg di dalam game-game Spyro lho. Pertama, di game Spyro: Year of the Dragon, ada dua easter egg Crash Bandicoot. Yakni ketika kita memasuki level The Haunted Tomb, ada sebuah anjing yang menyodorkan teka-teki dan jawabannya adalah Bandicoot.

Satu easter egg lagi ada di Desert Ruin. Saat itu ada dua telur yang bernama Crash Kangaroo I serta Crash Kangaroo II. Telur tersebut hanya bisa didapatkan oleh Sheila the Kangaroo saja. Tidak berhenti di situ, di game Spyro: A New Begining, Crash juga dapat dilihat sedang dipanggang di atas api di Freezer Dante. Selain itu, di The Legend of Spyro: The Eternal Night, pada satu titik, Crash dapat ditemukan membeku di Celestial Caves.

Fakta Crash Bandicoot yang satu ini harus diakui cukup keren. Mungkin untuk mempersingkat waktu, kalian bisa melihat easter egg ini di Youtube ya kawan-kawan.

Salah Satu Tokoh Ikonik! Ini Beberapa Fakta Crash Bandicoot

Apakah kalian setuju bahwa di game ini terkadang kalian menemukan sebuah peti yang berbarengan dengan TNT atau Nitro. Jebakan ini sempat membuat kita jengkel karena terlihat cukup bodoh untuk diselesaikan. Belum lagi ada peti yang bila dihancurkan maka akan hancur semuanya satu per satu. Terkadang kita tewas karena hal yang konyol itu. Tapi tahukah kalian, bahwa ternyata jebakan itu dibuat karena sebuah keterpaksaan.

Ya, fakta Crash Bandicoot selanjutnya adalah soal hardware PlayStation 1 yang kurang mumpuni sehingga di game ini akan jarang ada musuh yang menghampiri Crash. Bila kita sadar, di game ini terlalu banyak ruang kosong bro dan ini adalah karena PlayStation 1 tidak mampu merender terlalu banyak musuh! Untuk mengakali game tetap kompetitif, maka Naughty Dog pada akhirnya membuat banyak jebakan dengan kotak-kotak tersebut.

Memang ini merupakan solusi tengah agar game tidak sepi dan terus bisa kompetitif. Tapi terkadang kotak-kotak tersebut malah menjadi hal yang paling mengesalkan. Saya jga merasakan hal tersebut kok, hahaha.

Salah Satu Tokoh Ikonik! Ini Beberapa Fakta Crash Bandicoot Sumber: PlayStation Blog[/caption]

Salah satu hal yang paling krusial di video game adalah soal soundtrack. Ya, game memang perlu kualitas yang baik dari segi gameplay serta grafis. Tapi musik juga menjadi sesuatu yang krusial. Seperti kita ketahui Crash Bandicoot memiliki musik yang khas dan kita harus berterima kasih kepada Mark Mothersbaugh yang berhasil membuat sebuah musik keren nan ikonik untuk game ini. Mothersbaugh adalah nama produktif dalam industri musik, menangani soundtrack untuk semua film Wes Anderson.

Hubungan Naughty Dog dengan Mothersbaugh dan Mutato Muzika juga kelihatan cukup menyenangkan karena mereka terlibat kerjasama juga di luar proyek Crash Bandicoot bro. Gaya Crash Bandicoot yang lucu dan penuh kekacauan seakan tercermin dari musiknya. Musik yang fun diiringi Crash yang konyol sama dengan epik!

Harus kita akui, Mothersbaugh menciptakan sesuatu yang luar biasa dan sangat istimewa guys.


Nah, sepertinya itulah lima fakta Crash Bandicoot yang mesti diketahui oleh para fans dan gamer. Crash memang layak sekali untuk diberi penghargaan yang tinggi karena memiliki khas tersendiri. Dari kelima fakta Crash Bandicoot di atas, mana yang membuat kalian terkejut?

Sumber: Screenrant.com

Diedit oleh Doni Jaelani

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game