Comscore Tracker

Kamu Masih Main Game Bajakan? Ini Alasan Kamu untuk Berhenti!

Dengan alasan yang dipaparkan, kalian seharusnya berhenti main game bajakan sih.

Video game merupakan sebuah hobi yang menarik. Selain bisa meringankan beban pikiran, video game juga harus diakui menjadi alat penghilang stres yang baik selama bermain dalam waktu yang cukup dan tidak berlebihan.

Sialnya, bagi sebagian orang bermain video game bukanlah hobi yang murah. Butuh uang yang cukup ekstra bagi sebagian orang agar bisa bermain video game yang mereka inginkan. Dari situlah pada akhirnya orang-orang menikmati video game dengan cara yang berbeda. Ya, membeli produk bajakan terutama bagi gamer PC.

Dalam artikel ini Duniaku.net ingin memberikan alasan-alasan yang membuat kalian berhenti main game bajakan. Tak sembarangan, penulis melakukan survey kecil-kecilan di salah satu forum PC mengenai alasan yang membuat seseorang harus berhenti main game bajakan.

Ini dia pembahasannya!

Kamu Masih Main Game Bajakan? Ini Alasan Kamu untuk Berhenti! Source: Mygaming,co.za[/caption]

Fitur online menjadi salah satu alasan utama mengapa para gamer yang doyan main bajakan harusnya berhenti. Fitur online tentu membutuhkan jaringan internet dan juga lisensi game yang sah. Di game bajakan, fitur yang berhubungan dengan online biasanya akan dihilangkan agar game tersebut bisa berjalan dengan baik tentunya.

Apakah kalian rugi? Sudah pasti dong. Biasanya ketika main di mode online, kalian bisa berkenalan dengan banyak gamer di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Kalian bisa menemukan komunitas baru dan bertukar informasi mengenai game yang sedang kalian mainkan atau game baru.

Kalian juga tak bakal cepat bosan dengan fitur online yang disediakan tentunya. Nah, jika game bajakan, setelah tamat yasudah tamat saja. Pergaulan kalian di dunia game juga tidak berkembang karena fitur online yang dimatikan.

Kamu Masih Main Game Bajakan? Ini Alasan Kamu untuk Berhenti! Sumber: Steam[/caption]

Alasan kedua bagi gamer khususnya gamer PC berhenti main bajakan adalah karena simpel. Buat saya pribadi, kesimpel-an ini benar-benar terbukti dan memang tidak bisa dibantah. Jika bermain bajakan, kalian memang hanya perlu melakukan install game. Tapi setelah install, kalian juga harus melakukan proses cracking.

Proses cracking ini terkadang ribet, butuh ini, butuh itu. Jika tidak ada, terpaksa kalian harus download dan itu berisiko membuat komputer kalian terkena virus! Salah satu orang yang menjawab survey saya mengatakan ia telah bergonta-ganti Hardisk karena dijangkiti virus game bajakan.

Bandingkan dengan game original. Kalian hanya perlu membelinya, mendownload, dan memainkan. Jika ada file rusak, tak perlu mencari sana sini di internet karena game original biasanya full support dari sang pengembang.

Khusus di Steam, kalian bisa langsung membenahi masalah file rusak dengan cara yang mudah!

Kamu Masih Main Game Bajakan? Ini Alasan Kamu untuk Berhenti! Sumber: Steam[/caption]

Beberapa orang yang mengikuti survey penulis, menganggap bahwa mereka membeli game original karena gengsi. Memang ada benarnya juga dan tentu saja itu alasan yang logis khususnya dari segi kemanusiaan.

Membeli game original tidak murah, apalagi jika game itu baru dirilis. Makanya ada istilah, menjadi one day gamer itu sulit. Kalian harus membutuhkan kantong tebal untuk ini. Bandingkan dengan game bajakan yang memang harganya murah tapi dari segi gengsi tidak dapat sama sekali.

Dengan memiliki game-game terbaru yang harganya mahal. Eksistensi kalian sebagai gamer bakal diakui!

Kamu Masih Main Game Bajakan? Ini Alasan Kamu untuk Berhenti! Sumber: Rockstargames[/caption]

Alasan selanjutnya adalah melakukan support kepada developer. Itulah yang membuat gamer PC yang doyan bajakan harusnya berhenti main game bajakan. Bermain game original otomatis membuat uang kalian masuk ke developernya dan mereka bisa menjadikan itu sebagai modal untuk membuat game-game baru.

Memang hingga sekarang banyak developer yang gulung tikar tapi bukan karena banyaknya pembajak, namun setidaknya kita bisa mensupport mereka. Jika main game bajakan, harga yang harus kalian bayar memang murah. Tapi uang kalian tidak bakal sampai ke tangan developer melainkan ke tangan si penjual game bajakan.

Kamu Masih Main Game Bajakan? Ini Alasan Kamu untuk Berhenti!

Punya rezeki lebih diklaim menjadi faktor yang membuat gamer berhenti main game bajakan. Lantas pasti bakal muncul pertanyaan, "Bang, saya masih sekolah ga punya uang sebanyak itu untuk main game ori,"

Jawabannya gampang, atur uang dan sisihkan untuk menabung. Apalagi game-game original itu keluar dalam waktu yang cukup lama sehingga cukup bagi seorang dengan uang jajannya untuk membeli game itu.

Bagi yang sudah bekerja, punya penghasilan tetap, dan mumpuni sepertinya tak punya alasan lagi untuk membeli game bajakan.


Sepertinya itulah beberapa alasan untuk berhenti main game bajakan menurut survey di salah satu komunitas gaming PC. Dari kelima alasan itu, mana yang paling kena di hati kamu gaess?

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game