Happy Birthday Mickey! Hari Ini, Mickey Mouse Ulang Tahun ke-91!

Happy birthday, Mickey!

Happy Birthday Mickey! Hari Ini, Mickey Mouse Ulang Tahun ke-91!

Tahukah kamu kalau 18 November adalah hari ulang tahun dari Mickey Mouse, sang maskot Disney? Hari ini, karakter Mickey resmi berusia 91 tahun. Sudah lama juga memang, sang tikus ini eksis dan menghibur penonton. 

1. 18 November adalah tanggal rilis film Steamboat Willie

Umur Mickey dihitung dari tanggal rilis film singkat Steamboat WillieSteamboat Willie sendiri adalah film pertama Mickey yang tayang secara luas. 

Steamboat Willie rilis pertama 18 November 1928, 91 tahun yang lalu. Film animasi ini masih tersaji dalam format hitam putih. 

Untuk kamu yang penasaran, channel resmi Disney sudah menyajikan film singkat tersebut sejak tahun 2009. Videonya bisa kamu cek di atas. 

Baca Juga: Gambar Konsep Serial Marvel di Disney+ Tunjukkan Kostum baru Falcon!

2. Inspirasi untuk Mickey datang dari tikus sungguhan

Happy Birthday Mickey! Hari Ini, Mickey Mouse Ulang Tahun ke-91!Herald Examiner Collection/LAPL Photo Collection

Menurut buku Walt Disney: Conversations, inspirasi Disney terhadap Mickey datang dari tikus jinak di mejanya di Laugh-O-Gram Studio, di Kansas City, Missouri. Animator Ub Iwerks lalu terinspirasi juga untuk membuat karakter tikus. 

3. Steamboat Willie bukan film Mickey pertama yang diproduksi Disney

Sebelum Steamboat Willie, Disney sebenarnya sempat memproduksi dua film Mickey. Yang pertama adalah Plane Crazy, yang kedua adalah The Gallopin' Gaucho

Namun kedua film itu tidak bisa dirilis karena Walt tidak bisa menemukan distributor. Steamboat Willie adalah film Mickey pertama yang memperoleh distributor untuk dirilis luas. 

Karenanya, The Gallopin' Gaucho dan Plane Crazy pun baru rilis setelah Steamboat Willie meski dua judul itu sudah jadi duluan. 

4. Mickey sebenarnya pengganti dari Oswald si Kelinci Beruntung

Happy Birthday Mickey! Hari Ini, Mickey Mouse Ulang Tahun ke-91!thedisinsider.com

Sebenarnya, sebelum Mickey, Disney memiliki karakter lain. Dia adalah kelinci bernama Oswald. Disney menciptakan Oswald untuk Charles Mintz, produser yang mendistribusikan produk lewat Universal Studio. 

Disney kemudian meminta Mintz untuk menambahkan budget. Tapi Mintz malah meminta budget Walt dipotong sampai 20%. Saat itu, Universal juga telah memiliki hak untuk karakter Oswald. 

Walt menolak kontrak baru dari Mintz. Dia masih memproduksi kartun Oswald sesuai dengan kontraknya, tapi setelah itu dia sudah siap memulai segalanya dari nol. 

Pada akhirnya, kita pun memiliki Mickey Mouse yang sudah berulang tahun ke-91 ini. 

Baca Juga: Avengers Masih akan Berlanjut di MCU Kata CEO Disney, Bob Iger

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU