Sekuat Yonko? 5 Fakta Kekuatan Kozuki Oden di One Piece

Hingga akhir hayat, Kozuki Oden terasa kuat sekali!

Sekuat Yonko? 5 Fakta Kekuatan Kozuki Oden di One Piece

Eiichiro Oda sudah memperlihatkan kisah Kozuki Oden dalam kilas balik. Kita sudah diperdengarkan bagaimana reputasi Oden saat ia lahir, lalu kita pun sudah melihat gimana sebenarnya dia mati. 

Dari yang diungkap Oda, kekuatan Kozuki Oden memang terasa tidak macam-macam. Dia ini karakter yang terasa sekali sudah di level Yonko dari segi kekuatan. 

Apa saja sih yang menarik dari kekuatan Kozuki Oden? Simak di bawah ini!

1. Terlahir kuat

Sekuat Yonko? 5 Fakta Kekuatan Kozuki Oden di One Piecefunimation.com/One Piece

Seperti Big Mom, Oden terlahir kuat. Bayangkan saja, dia sudah bisa melempar pengasuhnya saat usianya masih hitungan bulan! Lalu pada usia empat tahun dia sudah bisa membunuh beruang dengan melontarkan batu berukuran besar, menegaskan kekuatan fisiknya. 

Yang gila lagi adalah di bab 960, kamu bisa melihat Oden sudah menggunakan pedang Enma saat dia masih umur sembilan tahun! Padahal Roronoa Zoro yang sudah 21 tahun pun masih kesulitan menggunakan Enma saat memperolehnya.  

Ini berarti Oden sudah memperoleh Enma sejak kecil dan telah beradaptasi dengan kekuatan pedang itu sebelum ia sembilan tahun. Ngeri sekali. 

2. Ketangguhan fisiknya terbukti luar biasa

Tadinya sih, kematian Oden terdengar sederhana. Dia dieksekusi dengan kejam, direbus hidup-hidup. 

Lalu kita melihat kilas balik Oden dan mendapati kalau dia sebenarnya direbus satu jam, dengan panas yang terus ditingkatkan. Tak hanya itu, ternyata Oden masih hidup! Kalau memang Orochi menepati janji, Oden sepertinya bisa dikeluarkan dan disembuhkan. Tapi tentu saja, Orochi bukan orang seperti itu, dan Kaido lebih memilih mengeksekusi Oden. 

Saat melawan kelompok Roger juga Oden sempat mencicipi terlempar jauh karena terkena serangan Roger. Meski begitu, Oden bisa langsung lari kembali ke posisi Roger. 

Yang menarik, Oden tetap bisa dijatuhkan oleh satu ayunan gada Kaido saat Oden terdistraksi. 

Sekuat Yonko? 5 Fakta Kekuatan Kozuki Oden di One Piecemangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Tampaknya memang ada yang istimewa dari ayunan gada Kaido dalam wujud manusia. Boundman Luffy bisa ia kalahkan dalam satu serangan, Kozuki Oden pun demikian. 

Memang Oden sedang terdistraksi, tapi mengingat betapa tangguhnya Oden, ia rasanya akan tetap bisa bangkit kalau yang ia terima hanya serangan biasa. 

Baca Juga: Unik! Kozuki Oden Punya Ciri Luffy, Sanji, dan Zoro!

3. Dari segi kekuatan, Oden satu-satunya yang bisa menorehkan bekas luka ke tubuh Kaido

Kalau soal kemampuan berpedang sih Oden sudah tak usah diragukan lagi ya. Saat ia pertama diperlihatkan bertarung, ia sampai mampu memotong tubuh babi hutan raksasa, mengeluarkan orang-orang yang ditelan makhluk itu. 

Banyak pertempuran Oden yang tak disorot Oda, seperti duel Oden dengan Whitebeard dan aksinya di pertempuran panjang kelompok Whitebeard lawan kelompok Roger. Namun bagian paling legendarisnya tetap ditonjolkan: Oden mampu menorehkan luka yang dalam ke tubuh Kaido. 

Kaido begitu kesakitan sampai dia tumbang karena tebasan Oden itu. Padahal 20 tahun kemudian, pukulan bertubi-tubi Luffy dengan Boundman tidak bisa membuat Kaido K.O. 

Kalau Kaido saja bisa menerima luka seperti itu, Oden pun sepertinya bisa menorehkan luka ke tubuh Big Mom yang perkasa. Dari segi kekuatan, Oden benar-benar terasa sudah mencapai level Yonko

4. Walau kurang disorot, Oden adalah satu dari sangat sedikit pemilik Haoshoku Haki

Dalam kilas balik panjang Oden, Haoshoku Haki miliknya memang kurang ditonjolkan. Namun ia sudah dikonfirmasi sebagai salah satu dari sangat sedikit manusia yang memiliki Haoshoku Haki

Dia ini jadi mirip dengan Portgas D. Ace dan Whitebeard. Sosok-sosok yang sudah dikonfirmasi memiliki Haoshoku Haki tapi tidak diberi kesempatan memamerkannya seperti Shanks dan Luffy hingga akhir hayat mereka. 

Sayang, kalau di versi manga, Oden tampaknya tidak menggunakan Haoshoku Haki ini untuk menjatuhkan prajurit Kaido yang lemah. Mungkin kita akan melihat Oden menggunakannya di versi anime nanti? 

5. Stamina Oden juga sudah bukan level manusia biasa

Para manusia super di One Piece bisa bertarung berhari-hari tanpa istirahat. Kita sudah melihat ini dilakukan Ace, Jinbe, Akainu, Aokiji, dan lain-lain. 

Oden termasuk yang terlibat dalam pertarungan berhari-hari melawan kelompok Roger. Sebelum itu, dia bisa menghadapi geng Ashura Douji sendirian selama semalaman. 

Nah, itulah lima fakta kekuatan Kozuki Oden di One Piece. Secara keseluruhan, dia ini memang terasa level Yonko. Bila pedangnya bisa melukai Kaido, maka pedangnya seharusnya bisa melukai Big Mom, Whitebeard, Blackbeard, dan Shanks juga!

Sayang, dia harus mati dengan menyedihkan karena Kaido dan Orochi. 

Gimana nih menurut kamu soal kekuatan Kozuki Oden di One Piece?

Baca Juga: Sampai 100 Tahun?! Inilah 7 Pertarungan Terlama di One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU