[One Piece] Kenapa Oden Ingin Membuka Wano Sebelum Joy Boy Kembali?

Ada sesuatu yang penting di Wano untuk Joy Boy!

[One Piece] Kenapa Oden Ingin Membuka Wano Sebelum Joy Boy Kembali?

Di bab 968, Oden dengan enteng mengungkap sesuatu yang bisa penting sekali untuk dunia One Piece. Ada kemungkinan Joy Boy akan kembali! Tak hanya itu, Joy Boy ini alasan Oden ingin membuka Wano. 

Tapi kenapa Oden ingin membuka Wano sebelum Joy Boy kembali? Simak ulasannya berikut ini!

1. Di bab 968, Oden ingin membuka Wano sebelum Joy Boy muncul

[One Piece] Kenapa Oden Ingin Membuka Wano Sebelum Joy Boy Kembali?mangaplus.shueisha.co.jp

Mari kita lihat lagi dialog di bab 968 ini. Menurut Oden, ada alasan selama ini Wano tertutup. Namun sejak 25 tahun lalu, dia merasa pelabuhan-pelabuhan Wano harus dibuka sebelum Joy Boy muncul!

Ini berarti ada sesuatu di Wano untuk Joy Boy baru. Sesuatu yang sangat penting. 

2. Bisa jadi, hasrat inilah yang membuat Oden mau tunduk kepada Orochi selama lima tahun

[One Piece] Kenapa Oden Ingin Membuka Wano Sebelum Joy Boy Kembali?mangaplus.shueisha.co.jp

Tampaknya, salah satu alasan Oden mau tunduk ke Orochi adalah karena dia dijanjikan kapal. Apakah dia ingin membuat kapal ini untuk memanggil bantuan ke Whitebeard? Atau untuk mengusahakan setidaknya Kuri terbuka untuk umum? Itu sih tidak diketahui. 

Yang jelas, Oden mungkin sempat merasa kalau tidak apa-apa dia menyerah kepada Orochi selama ia masih bisa membuka Wano. Namun begitu Orochi tampaknya melupakan begitu saja hal itu, Oden pun memutuskan melawan Kaido meski nyawa jadi taruhannya. 

Baca Juga: Unik Juga! 5 Alasan Sanji Bisa Jadi Penerus Joy Boy di One Piece

3. Apakah alasan Oden ingin membuka Wano adalah agar Joy Boy bisa memperoleh Road Poneglyph?

Bisa jadi, alasan Oden ingin membuka Wano beneran hanya supaya penerus Joy Boy bisa menemukan Road Poneglyph. Toh, tampaknya penerus Joy Boy memang ditakdirkan untuk mencapai Laugh Tale. 

Karena Wano tertutup, Oden mungkin khawatir kalau penerus Joy Boy justru tak bisa mencapai Laugh Tale karena mereka tak dapat mencapai Wano, yang perairannya begitu berbahaya. 

Terutama karena Oden pun merasa si penerus Joy Boy baru akan datang 25 tahun lagi, seperti Poseidon yang diramalkan baru akan lahir setelah 10 tahun dan menjadi besar setelah 15 tahun. Oden bisa membantu Roger untuk masuk ke Wano dengan aman dan menemukan Road Poneglyph. Siapa yang tahu akan seperti apa Wano 25 tahun kemudian? Oden mungkin menduga dirinya bisa jadi tidak dapat membantu si Joy Boy berikutnya. 

Bahkan saya curiga kalau salah satu fungsi kapal yang diminta Oden adalah minimal membawa Road Poneglyph Wano keluar, ke tempat yang lebih mudah ditemukan oleh si penerus Joy Boy. 

4. Namun bisa jadi ada informasi penting lain soal misi Joy Boy di Wano

[One Piece] Kenapa Oden Ingin Membuka Wano Sebelum Joy Boy Kembali?funimation.com/One Piece

Namun apakah hanya Road Poneglyph saya alasan Oden ingin membuka Wano untuk Joy Boy? Saya curiga sih tidak. Berhubung klan Kozuki adalah pemahat Poneglyph, saya merasa bisa jadi ada Poneglyph berisi informasi lain yang tersimpan di Wano. Informasi yang dapat membantu si penerus Joy Boy untuk memahami leluhur mereka.

Bahkan: mungkin kamu masih ingat kalau Kozuki Toki sangat ingin kembali ke Wano? Alasannya belum diungkap di bab 969, namun mungkin sekali ada informasi penting yang menanti Toki di sana. Informasi itu pun bisa jadi akan terukir di Poneglyph yang bukan Road

Kalaupun tidak ada, Oden sebenarnya bisa saja mengukirkan Poneglyph baru, berhubung dia memang tahu cara untuk memahat di Poneglyph. Jika Oden memperhitungkan si Joy Boy baru datang 25 tahun lagi, ia mungkin akan memilih menulis catatan itu di Poneglyph jika terjadi apa-apa kepada dirinya. 

5. Yang jelas? Kandidat terkuat Joy Boy baru sudah sampai di Wano!

Sayangnya, kita tahu apa yang terjadi kemudian. Oden mati. Putranya dan sebagian samurainya terlempar ke masa depan. Selama 25 tahun, Shogun Orochi berkuasa dengan kejam dan negeri Wano tetap tertutup. Hanya segelintir pihak luar yang bisa masuk ke sana, dan mereka kebanyakan terafiliasi dengan Kaido. 

Uniknya, kandidat terkuat penerus Joy Boy, Monkey D. Luffy, sudah hadir di Wano. Tak hanya itu, ia tampaknya berpotensi jadi sosok yang membukakan Wano! 

Sekarang, kita hanya harus melihat apakah Luffy bisa menemukan hal yang ingin ditunjukkan Oden kepada penerus Joy Boy atau tidak. 

Bila memang ada informasi soal peran Joy Boy di Wano, maka kita mungkin benar-benar sudah berada di babak puncak One Piece. Luffy mungkin tahu apa yang harus ia lakukan, termasuk menepati janji dengan Poseidon. 

Menurut kamu gimana? Kenapa Oden ingin membuka Wano sebelum Joy Boy kembali?

Baca Juga: 5 Petunjuk Kalau Luffy Memang Penerus Joy Boy di One Piece 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU