Bila Mereka Bertarung, Bisakah Rayleigh Mengalahkan Oden di One Piece?

Kekuatan mereka sih seimbang banget!

Bila Mereka Bertarung, Bisakah Rayleigh Mengalahkan Oden di One Piece?

Silvers Rayleigh adalah salah satu sosok legendaris yang ditakuti Angkatan Laut. Bahkan Kizaru dan Garp pun seperti menyadari mereka harus mengerahkan pasukan untuk menangkap Rayleigh. 

Sementara itu, Oden pun sosok legendaris. Samurai yang jadi sahabat baik Whitebeard dan juga Roger, serta satu-satunya orang yang mampu memberi bekas luka ke Kaido.

Oden dan Rayleigh sih sesama kru Oro Jackson, dan mereka berhubungan baik. Tapi jika mereka bertarung, bisakah Rayleigh mengalahkan Oden di One Piece?

Begini analisisnya!

1. Dari segi Haki mereka sama-sama hebat

Bila Mereka Bertarung, Bisakah Rayleigh Mengalahkan Oden di One Piece?jaiminisbox.com/one-piece

Rayleigh adalah penguasa tiga jenis Haki. Dia begitu paham Haki, sampai ia bisa mengajarkannya dengan baik kepada Luffy.

Sementara itu Oden punya Haoshoku dan BusoshokuBusoshoku Haki Oden, terutama, begitu hebat hingga ia bisa membelah Dewa Gunung dan menebas Kaido hingga terluka.

Kenbunshoku Haki Oden tidak disorot di sepanjang kilas balik. Namun ia mampu mendengar Suara dari Segalanya, yang diperhitungkan terhubung dengan Kenbunshoku Haki

Jadi, ya, level Haki Rayleigh dan Oden sama-sama hebat. 

Baca Juga: 5 Potensi Kekuatan Momonosuke di One Piece! Bisakah Sekuat Oden?

2. Mereka sama-sama ahli pedang yang tidak makan Buah Iblis

Uniknya, baik Rayleigh maupun Oden tidak pernah makan Buah Iblis.

Hingga usia tua, Rayleigh bahkan masih bisa renang lintas pulau plus membunuh Sea King yang hendak menerkamnya.

Mereka berdua juga ahli pedang. Rayleigh bisa mengatasi musuh hanya dengan Haoshoku Haki, namun jika harus berhadapan dengan makhluk selevel Kizaru, ia pun menghunuskan pedang.

Sementara itu, untuk skill pedang Oden sih kita sudah lihat sendiri. Teknik-tekniknya mampu memotong Dewa Gunung dan melukai Kaido jika terkena. 

3. Dari segi kekuatan, Rayleigh adalah orang nomor dua di kelompok Roger sementara Oden orang nomor dua di kelompok Whitebeard!

Rayleigh dianggap sebagai tangan kanannya Gol D. Roger. Sosok yang begitu berbahaya hingga Angkatan Laut pun takut, meski Rayleigh hanya sendirian.

Sementara itu Kozuki Oden dulu dianggap sebagai saudara Whitebeard. Itu berarti Whitebeard menganggap Oden sebagai setara dengannya, bukan salah satu anaknya.

Oden dan Rayleigh pun sempat jadi orang nomor dua dari dua kelompok bajak laut terkuat di dunia di zaman mereka.

Gimana dengan kekuatan fisik? Kita sudah tahu kalau sejak kecil Oden itu sangat kuat.

Nah, untuk Rayleigh, kita sudah melihat kekuatan dia di Sabaody. Namun itu Rayleigh versi tua. Rayleigh 25 tahun lalu bisa jadi lebih kuat dan lebih cepat dibandingkan dirinya di Sabaody. 

4. Jadi, siapa yang akan menang bila Rayleigh melawan Oden?

Berdasarkan komparasi di atas, kamu pasti menyadari kalau Rayleigh dan Oden sebenarnya seimbang.

Jika mereka bertarung pun Oden dan Rayleigh bakal bertarung lama, panjang, dan epik. Mungkin bisa sampai tiga hari lebih.

Dalam situasi ini, sebenarnya saya bisa membayangkan Rayleigh mengalahkan Oden, dan Oden mengalahkan Rayleigh. Ini tipe pertarungan balance di mana salah satu petarung akan kalah hanya jika mereka melakukan kesalahan.

Kalau saya membayangkannya sih, Rayleigh punya kemungkinan untuk unggul tipis dari Oden.

Kuncinya adalah Oden itu tipe yang bisa semberono bila bertarung, tipe yang bisa tiba-tiba menyerbu musuh sebelum disuruh oleh kaptennya.

Sementara itu, Rayleigh adalah tipe yang lebih tenang. Karenanya dia bisa menggunakan Kenbunshoku Haki dengan efektif. 

Rayleigh bisa jadi akan dengan tenang menanti Oden membuat kesalahan, lalu memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan serangan terakhir. 

Terutama karena Oden memang punya tendensi untuk terdistraksi. Seperti saat ia melawan Kaido. Jika Rayleigh bisa membuat perhatian Oden teralih sesaat saja, dia bisa unggul.

Gimana menurut kamu? Setujukuh kalau Rayleigh bisa mengalahkan Oden di One Piece?

Baca Juga: Sekuat Yonko? 5 Fakta Kekuatan Kozuki Oden di One Piece

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU