[Teori One Piece] Apakah Road Poneglyph Terakhir Ada di God Valley?

Apakah Road Poneglyph hilang bersama God Valley?

[Teori One Piece] Apakah Road Poneglyph Terakhir Ada di God Valley?

Di One Piece, Road Poneglyph adalah balok batu yang berisi informasi lokasi. Ditulis dengan bahasa kuno, empat Road Poneglyph akan menunjukkan lokasi Laugh Tale, pulau terakhir di Grand Line. 

Lokasi tiga Road Poneglyph sudah diketahui. Namun Road Poneglyph terakhir dianggap hilang. Lokasi Road Poneglyph terakhir ini pun jadi misteri. 

Gimana kalau Road Poneglyph terakhir ini ada di pulau God Valley?

1. God Valley, pulau yang menghilang setelah jadi lokasi pertempuran bersejarah

Di One Piece, dulu eksis kelompok bajak laut bernama Rocks. Ini adalah salah satu kelompok terkuat yang pernah ada. Whitebeard, Kaido, dan Big Mom yang kemudian dikenal sebagai bajak laut perkasa semuanya pernah bergabung jadi anggota. 

Di pulau God Valley, Rocks menghadapi gabungan kelompok bajak laut Gol D. Roger dan pasukan Angkatan Laut yang dipimpin Monkey D. Garp. Rocks kalah di God Valley dan kemudian kelompoknya terpecah. 

Uniknya, pulau bersejarah ini kemudian hilang. Belum diketahui apakah pulau ini hilang karena pertempuran Roger dan Garp menghadapi Rocks, atau dilenyapkan oleh pihak lain setelahnya. 

Baca Juga: 7 Karakter Ini Berpotensi Menggunakan Senjata Kuno One Piece!

2. Road Poneglyph terakhir sulit ditemukan karena hilang bersama God Valley?

Patut diingat kalau Big Mom, salah satu pihak yang memburu Road Poneglyph, memiliki jaringan intel yang sangat bagus. Big Mom sampai bisa tahu duluan gimana cara memanjat air terjun mencapai Wano. 

Bila Big Mom saja belum tahu di mana Road Poneglyph terakhir, berarti lokasinya sudah pasti bukan di tempat biasa. 

Jika Road Poneglyph terakhir ada di God Valley, tak mengherankan kalau Big Mom dan Yonko lain tidak tahu di mana tempatnya. Pulaunya saja menghilang. 

Bukankah Big Mom dan Kaido pernah bertempur di sana bersama Rocks? Memang. Namun di One Piece, Grand Line itu lautan liar sehingga kompas standar pun tidak bekerja dengan benar. Bila pulau itu hilang, maka Log Pose dan Eternal Pose pun mungkin tidak lagi bisa memandu mereka. 

3. Gol D. Roger bisa menemukan One Piece karena dia sempat ke God Valley?

Gol D. Roger adalah satu-satunya tokoh One Piece yang bisa memimpin kelompoknya mencapai Laugh Tale. Dia bisa melakukan ini karena dia dapat mendengar Suara dari Segalanya. Meski tak bisa membaca Road Poneglyph, dia dapat mendengar isi batu itu. 

Roger bersahabat dengan suku Mink, jadi tak mengherankan kalau dia bisa mengetahui isi Road Poneglyph dari Zou. Dia malah pernah berkunjung ke Zou. 

Roger bersahabat dengan Kozuki Oden, dan Road Poneglyph lain memang ada di Wano. Ini bisa jadi kunci gimana Roger bisa memperoleh info soal Road Poneglyph Wano. Untuk Poneglyph milik Big Mom, Big Mom mengonfirmasi di Whole Cake Island kalau Roger memang pernah berurusan dengan dia. 

Saya pun merasa ada kemungkinan Roger memang menemukan Road Poneglyph terakhir di God Valley. Lalu kemampuannya mendengar Suara dari Segalanya membuat ia memperoleh info pertama soal Laugh Tale. 

Bahkan bisa jadi Road Poneglyph terakhir ini justru adalah yang paling pertama Roger terima infonya. Namun karena pertempuran dengan Rocks, dan kemudian pulaunya menghilang, Roger pun jadi satu-satunya sosok yang bisa memahami isi Poneglyph ini. 

Saya tebak: Road Poneglyph ini sebenarnya tersembunyi jauh di dalam God Valley. Kemudian sosok yang menemukannya adalah Garp (yang tidak bisa membacanya), Roger, dan Xebec. Bahkan bisa jadi batu ini tersembunyi di tempat Garp dan Roger melawan Xebec untuk terakhir kali. 

4. Bila teori ini benar, maka kemungkinan besar Road Poneglyph terakhir ada di dasar laut

[Teori One Piece] Apakah Road Poneglyph Terakhir Ada di God Valley?comicbook.com

Saya rasa sih God Valley menghilang karena pertama pulau itu dihancurkan, mungkin dengan Buster Call. Kemudian Gorosei memastikan sejarah soal God Valley dihapuskan.

Bila benar, maka Road Poneglyph terakhir ini bisa jadi ada di dasar laut, di posisi di mana God Valley seharusnya berada. 

Tentu saja, itu berarti Jinbe berpotensi menjadi orang yang penting untuk mengamankannya. Topi Jerami memang punya kapal selam, namun Jinbe si manusia ikan bisa dengan lebih mudah menemukannya dan bahkan mungkin membawanya ke permukaan. 

Demikian teori saya soal Road Poneglyph terakhir ada di God Valley. Gimana menurut kamu?

Baca Juga: Akankah Alur Elbaf One Piece Menyorot Usopp Sebagai Tokoh Penting?

Artikel terkait

Latest