[One Piece] 5 Kemungkinan Alasan Kelompok Roger Tidak Menolong Wano 

Alasannya sepertinya lebih jelas dari kelompok Whitebeard!

[One Piece] 5 Kemungkinan Alasan Kelompok Roger Tidak Menolong Wano 

Ada dua kelompok bajak laut perkasa yang seharusnya membalaskan kematian Oden. Yang pertama adalah kelompok Whitebeard, yang kedua kelompok Gol D. Roger. 

Kelompok Gol D. Roger bahkan adalah kelompok bajak laut terakhir yang diikuti Oden, sebelum dia kembali ke Wano untuk mewujudkan mimpinya. Di pesta, seluruh kelompok Roger bersedia membantu Oden kalau diminta. 

Jadi kenapa kelompok Roger tidak menolong Wano? Ada lima kemungkinan alasannya. 

1. Awalnya, kelompok Roger pasti memenuhi permintaan Oden. Oden yang tidak ingin dibantu

[One Piece] 5 Kemungkinan Alasan Kelompok Roger Tidak Menolong Wano onepiecegold.altervista.org

Kelompok Roger sudah menawarkan bantuan sejak pesta di Oro Jackson. Tapi Oden yang menolak. Oden merasa ini adalah urusan internal klan Kozuki, dan dia akan mewujudkan mimpinya dibantu oleh para samurainya. 

Pada awalnya, kelompok Roger pasti ya menyanggupi saja permintaan sahabat mereka ini. Baik mereka maupun Oden sepertinya tidak menduga kalau urusan internal klan Kozuki ini nantinya melibatkan kelompok Kaido juga. 

Baca Juga: [One Piece] 5 Kemungkinan Alasan Kelompok Whitebeard Tak Menolong Wano

2. Gol D. Roger mati sebelum Oden

[One Piece] 5 Kemungkinan Alasan Kelompok Roger Tidak Menolong Wano cbr.com

Roger seharusnya dieksekusi 24 tahun sebelum petualangan Luffy di Wano. Sementara itu, Kozuki Oden diperkirakan dieksekusi Kaido 20 tahun lalu, tak lama sebelum Kinemon dan yang lain dilempar Toki ke masa depan. 

Saat Roger menyerahkan diri dan dieksekusi, kelompok Roger sendiri sudah bubar. Jadi mereka memang tidak bisa membantu Oden lagi, walau mereka ingin. 

3. Tertutupnya Wano membuat informasi bisa datang terlambat sekali

Kalau Rayleigh, Shanks, dan yang lain mendengar soal kematian keji Oden, mungkin mereka akan berniat balas dendam. Tapi Wano adalah negeri yang tertutup. Mereka kemungkinan besar baru mendengar soal kematian keji Oden dari Nekomamushi dan Inuarashi setelah duo itu kembali ke Zou. 

4. Memang menunggu 20 tahun?

[One Piece] 5 Kemungkinan Alasan Kelompok Roger Tidak Menolong Wano onepiece.fandom.com

Bila Nekomamushi dan Inuarashi mengetahui soal Momonosuke akan kembali 20 tahun lagi, mereka mungkin juga memilih menunggu ketimbang segera memanggil pasukan untuk balas menyerang kelompok Kaido dan Orochi. 

5. Shanks, kelompok Roger yang masih aktif, baru memperoleh status Yonko enam tahun lalu

Walau ingin balas dendam pun, kelompok Roger sudah tercerai-berai. Satu-satunya yang paling mungkin mencoba membalas dendam Oden hanya Shanks. Shanks ini yang memiliki kekuatan dan kru untuk mengobarkan perang. 

Tapi Shanks baru menjadi Yonko enam tahun sebelum konflik Luffy di Wano. Saat itu, kelompok Kaido sudah lama berkuasa, sementara propaganda Orochi telah mengakar. Shanks tidak bisa mengobarkan perang sembarangan. 

Itulah kira-kira lima kemungkinan alasan kelompok Roger tidak menolong Wano. Gimana menurut kamu? 

Baca Juga: 5 Alasan Sisa Kelompok Whitebeard Mungkin Membantu Luffy

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU