Ini Perbandingan Nasib Sanji di Whole Cake dengan Zoro di Wano!

Di WCI Sanji sering jadi korban, di Wano Zoro jadi calon pahlawan?

Ini Perbandingan Nasib Sanji di Whole Cake dengan Zoro di Wano!

Kenapa saya membandingkan nasib Sanji di Whole Cake Island dengan Zoro di Wano?

Sederhana saja. Sanji di WCI adalah sorotan utama alur itu, selain Luffy. Sementara itu, ganti Zoro yang disorot di Wano. 

Sejauh ini, kita sudah memasuki akhir Onigashima. Mari kita lihat perbandingan nasib Sanji dan Zoro.

Yang menarik adalah nasib Sanji di WCI dan Zoro di Wano beda sekali di bagian awal kedua alur itu. 

1. Sanji di bagian awal Whole Cake Island kasihan sekali

Ini Perbandingan Nasib Sanji di Whole Cake dengan Zoro di Wano!crunchyroll.com/One Piece

Nasib Sanji di Whole Cake Island itu begini:

Pertama, dia Datang ke Whole Cake Island karena diancam. Ia lalu mendapat kesempatan melawan ayahnya yang jahat, namun kalah dari Vinsmoke Judge dalam duel.

Kemudian tangannya diborgol dan diancam untuk patuh, kalau tidak semua yang dia kenal akan diserang. Dipermalukan oleh Ichiji dan Niji. Gadis pelayan yang coba dilindungi Sanji bahkan dihajar mereka berdua, dan Sanji tak bisa melakukan apa-apa.

Pada akhirnya, ia terpaksa menghajar Luffy hanya demi melindungi sang kapten dan Zeff di Baratie. Bisa kamu lihat, di paruh awal Whole Cake Island, Sanji menjadi penderita di mana ia dihajar beberapa kali. Sekalinya menang, dia harus menghajar kapten yang dia respek, dan sang kapten tidak melawan.

Baca Juga: One Piece: Jarang? Ini Dia 6 Pertarungan Nico Robin Satu Lawan Satu!

2. Di bagian awal Wano, Zoro bahkan tidak terkalahkan

Gimana dengan Zoro?

Di awal cerita Wano, sebelum Luffy datang, dia bisa membunuh seorang pejabat hanya dengan pisau seppuku berlapis Haki.

Dia juga pernah menghajar dua Worst Generation. Satu adalah Basil Hawkins, yang kalau saja tidak ditolong ilmu sihirnya sudah dibunuh dua kali oleh Zoro.

Satunya lagi adalah Killer, yang dikalahkan Zoro dalam duel. Padahal Zoro saat itu hanya punya dua pedang, dan ia meminjam sabit Killer. 

Luffy kalah dari Kaido? Karena Zoro nyasar, ia bahkan tidak ikut dalam pertempuran itu. Ia pun terhindar dari nasib kaptennya.

Bahkan secara keseluruhan, Zoro belum kalah di alur Wano ini. Ia hanya bisa diimbangi oleh Kyoshiro dan Gyukimaru. Itu pun dia mengalahkan Gyukimaru saat ia tak perlu berurusan dengan Killer lagi, dan bisa jadi ia akan bisa mengalahkan Kyoshiro jika mereka memang bertarung serius. 

Ah ya, tak bisa dilupakan juga pada akhirnya Zoro diberikan pedang Enma. Pedang yang dulu melukai Kaido. 

Zoro pun sejauh ini tampak jadi sosok yang sukses menarik perhatian putri dari alur Wano ini. Sosok putri yang saya maksud adalah Kozuki Hiyori. Malah, Hiyori yang memberikan Zoro pedang Enma. 

Tak heran Zoro jadi terasa sebagai tokoh utama kedua di Wano. 

3. Bagaimana dengan di bagian pertempuran utama cerita?

Ini Perbandingan Nasib Sanji di Whole Cake dengan Zoro di Wano!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Kalau di bagian pertempuran utama cerita, Sanji di WCI dan Zoro di Wano dua-duanya dapat kesempatan unjuk kemampuan demi mengatasi Yonko musuh utama di alur itu.

Namun cara mereka berbeda.

Skill Sanji yang ditonjolkan di pertempuran utama justru skill masaknya yang luar biasa. Pada akhirnya dia membuatkan kue pengganti untuk Big Mom, yang sukses membuat Big Mom berhenti mengamuk.

Skill Sanji untuk bergerak cepat juga berguna, karena pada akhirnya teknik-tekniknya itu ia gunakan untuk membawa Luffy kembali ke Thousand Sunny.

Sementara itu skill yang ditonjolkan Zoro adalah kemampuan bertarungnya. Ia sempat menebas jatuh Scratchmen Apoo dan merebut antibodi wabah es. Lalu begitu ia mencapai puncak, ia sempat menebas Kaido pula.

Yang menarik saya adalah selama WCI Sanji tak melawan orang-orang yang telah mengacaukannya di Whole Cake Island. Dia pada akhirnya tak bermasalah dengan Pudding, dia malah menolong keluarganya meski dia sempat disiksa mereka, dan dia malah jadi bagian aliansi Topi Jerami dengan kelompok Firetank, kelompok yang dulu menculiknya.

Sementara itu sejauh ini Zoro mengatasi hampir semua musuh yang pernah cari gara-gara dengan dia. Gyukimaru mencuri pedangnya dan membuat dia repot saat sedang melawan Kamazou? Zoro mengalahkannya. 

Apoo sempat melukainya? Zoro kemudian menebas Apoo dan merebut antibodi virus wabah es dari tangan pria itu. 

4. Kok bisa beda jauh begini di awal?

Ini Perbandingan Nasib Sanji di Whole Cake dengan Zoro di Wano!funimation.com/One Piece

Penyebab utamanya sepertinya ya karena prioritas Whole Cake Island dan Wano berbeda.

WCI fokus pada penyelamatan. Itu pun pada awalnya Sanji, yang berhati baik, sudah siap mengorbankan diri agar Topi Jerami dan Baratie selamat. 

Wano itu fokusnya pada pertempuran. Selain itu, Zoro sejak awal tidak perlu memikirkan orang lain. Tak seperti Sanji. 

Yap. Bayangkan saja, di Whole Cake Island, Sanji dibuat pusing dengan kemungkinan Topi Jerami dan Baratie diserang oleh anak buah Big Mom atau Germa 66.

Sementara itu Zoro? Dia bergerak sendiri di Wano. Saat ditemukan oleh Luffy, Zoro bahkan terpisah dari yang lain.

Karena perbedaan situasi dua inilah saya tidak heran kalau Zoro terasa memulai Wano lebih baik dari Sanji.

Meski begitu, sebenarnya saya juga menyayangkan Sanji di Whole Cake Island tidak diberi kesempatan menang melawan musuh tangguh seperti Zoro di Wano. 

Gimana pendapat kamu soal perbedaan nasib Sanji di Whole Cake Island dengan Zoro di Wano ini?

Baca Juga: 5 Kru Topi Jerami yang Jarang Dapat Duel Satu Lawan Satu di One Piece

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU