Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! 

Alur Wano panjang sekali ternyata di One Piece

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! 

One Piece sudah mencapai ribuan bab, dan seharusnya kita berada di bagian saga terakhir.

Nah, manga yang satu ini memiliki cerita yang sangat panjang. Ada beberapa alur yang cukup berkesan karena durasinya itu tergolong lama.

Apa saja alur cerita terpanjang di manga One Piece? Ini daftarnya!

7. Alur Water Seven (53 bab)

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! funimation.com/One Piece

Bab yang dihitung alur Water Seven dimulai dari kedatangan Luffy dan kawan-kawan ke sana, lalu berakhir setelah Aliansi Topi Jerami - Galley-La - Keluarga Franky sampai di Enies Lobby.

Setelah dihitung-hitung, durasi dari alur cerita yang satu ini ternyata cukup panjang, memakan 53 bab. 53 bab itu diisi mulai dari vonis nasib Going Merry, konflik dengan keluarga Franky, konflik Luffy dan Usopp, hingga dituduhnya kelompok Topi Jerami atas penembakan Iceburg.

Saat bab ini selesai, para petarung dari sisi baik pun menyatukan visi untuk menggempur Enies Lobby.

Baca Juga: Ini Dia 6 Musuh yang Membelot karena Sanji di One Piece!

6. Alur Enies Lobby (56 bab)

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! Adegan kru Topi Jerami di Enies Lobby. (Toei Animation/One Piece)

Alur ini dimulai dari sampainya Aliansi Topi Jerami - Galley-La - Keluarga Franky ke Enies Lobby, dan diakhiri dengan selamatnya mereka dari Buster Call.

Tak mengherankan, dengan durasi sepanjang itu ada banyak hal epik terjadi di Enies Lobby. Mulai dari rontoknya CP9, Buster Call yang bikin heboh satu pulau, dan diakhiri dengan terbakarnya Going Merry.

5. Alur Alabasta (63 bab)

Alur Alabasta dihitung dari pertemuan dengan Mr. 2 dan diakhiri dengan Topi Jerami (ditambah Nico Robin) melanjutkan petualangan mereka. Selama alur ini, Topi Jerami sempat singgah di kota-kota seperti Nanohana, Yuba, Rainbase, dan Alubarna. Pembaca benar-benar disuguhkan seperti apa kira-kira keseluruhan negeri Alabasta, yang saat itu di ambang perang saudara. Tak heran durasi dari alur cerita yang satu ini cukup epik.

4. Alur Skypiea (66 bab)

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! Toei Animation/One Piece

Petualangan Luffy dan kawan-kawan di Skypiea ini dihitung dari selamatnya mereka melewati Knock Up Stream, dan diakhiri saat Going Merry kembali mendarat di lautan Grand Line.

Konflik Topi Jerami melawan kelompok Enel ini juga tergolong cukup panjang, mencapai 66 bab. Selain diisi pertarungan seru, durasi 66 bab ini juga ditambah oleh kilas balik Montblac Noland dan Calgara.

3. Alur Whole Cake Island (78 bab)

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! Toei Animation/One Piece

Whole Cake Island yang berjalan dari 2016 hingga 2018 ini juga termasuk yang durasinya epik. Ada kesan kalau Oda berusaha untuk meringkas plot di alur ini.

Kilas balik Big Mom berakhir dengan cepat. Kilas balik dari anak-anaknya juga di manga hanya disajikan secuil-secuil, tidak menguasai satu bab sendiri.

Meski begitu, mengingat banyak sekali yang patut diceritakan, dan adanya beberapa pertarungan seru seperti Luffy lawan Katakuri, tidak heran Whole Cake Island memakan 78 bab. "Hanya" 78 bab, Whole Cake Island masih kalah dari cerita di bawah ini.

2. Alur Dressrosa (102 bab)

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! Toei Animation/One Piece

Apakah kamu termasuk yang merasa kalau alur cerita Dressrosa nggak habis-habis? Tidak heran, karena untuk alur cerita satuan, Dressrosa adalah alur cerita yang sangat panjang di manga One Piece dengan 102 bab.

Kilas balik Law dan turnamen perebutan Mera Mera no Mi sepertinya bertanggung jawab atas fenomena ini. Demikian pula dengan upaya para gladiator untuk memburu Doflamingo, dan duel akhir Luffy versus Doflamingo yang panjang.

1. Alur Wano (149 bab)

Inilah 7 Alur Cerita Terpanjang di Manga One Piece! Toei Animation/One Piece

Alur Wano ini panjang sekali.

Durasi totalnya adalah 149 bab, dimulai dari bab 909 (memperlihatkan dialog Nekomamushi dan Marco di Sphinx, serta aktivitas anggota Topi Jerami yang duluan di Wano seperti Zoro) dan benar-benar ditutup di bab 1057.

Sebagai gambaran, bab 909 itu rilis resmi di Jepang 2 Juli 2018. Bab 1057 rilis resmi di Jepang tanggal 22 Agustus 2022. 

Jadi penasaran, saga terakhir One Piece akan memakan berapa tahun dan berapa bab.

Nah itu daftar alur cerita terpanjang di manga One Piece.

Gimana menurut kamu? Apakah durasi alur Wano akan bisa dilampaui alur setelah ini? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Teori One Piece: Apa Ucapan Roger yang Juga Dikatakan Luffy?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU