11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!

Mulai dari cara kerja, sampai akhir cerita One Piece, ini faktanya

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!

Eiichiro Oda adalah mangaka paling terkenal dan mungkin paling kaya saat ini karena One Piece yang ia ciptakan. Nah, apa saja, sih, fakta Eiichiro Oda yang baru?

Pada tahun 2019, satu acara televisi di Jepang bernama Honmadekka!? TV melakukan wawancara eksklusif dengan Eiichiro Oda di rumahnya yang besar itu. Pertanyaannya seputar kehidupan Eiichiro Oda, cara kerjanya, serta bagaimana One Piece dan hal-hal tentangnya.

Seperti biasa, dalam wawancara tersebut wajah Oda tak diperlihatkan, dan ditutupi oleh wajah Luffy.

Selain dari acara itu, ada juga informasi dari Oda yang disampaikan di acara berbeda pada tahun 2019 dan 2020. 

Oke, jadi apa saja 11 fakta Eiichiro Oda terbaru? Simak di bawah ini!

1. Ayah Eiichiro Oda

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Berbagai Sumber

Ayah Eiichiro bernama Seiichiro Oda.

Tak banyak info soal pria ini. Yang diketahui adalah dia merupakan seorang salaryman (istilah untuk orang yang pendapatannya berbasis gaji), dan Seiichiro hobi melukis menggunakan cat minyak.

2. Oda punya studio di rumahnya sendiri

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!duniaku.com/fudo

Jika kebanyakan mangaka lain memiliki sebuah studio lain yang khusus untuk menggambar, atau mungkin rumahnya sendiri yang dibuat ala studio, maka Oda lebih berbeda. Dia membuat studio menggambar di rumahnya sendiri, sehingga dia tak perlu keluar rumah lagi.

3. Rata-rata jumlah asisten Oda

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Kru Topi Jerami berkumpul di One Piece episode 1000. (Toei Animation/One Piece)

Eiichiro Oda dikatakan memiliki rata-rata 5 asisten, untuk membantunya dalam proses seperti inking dan menambahkan detail serta latar belakang. 

4. Suasana harus tenang bahkan tidak berbicara saat serius

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Luffy dan kelompok Topi Jerami. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Fakta Eiichiro Oda yang terbaru ini mengatakan bahwa saat dia sedang serius bekerja, maka suasana ruangan harus mendukung. Tak boleh berisik dan tak ada suara, bahkan Oda mengatakan bahwa saat serius, ia berbicara pun tidak.

5. Akhir cerita One Piece? Eiichiro Oda sudah membuatnya

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!twitter.com/eiichiro_staff

Sempat dibuat candaan (oleh saya juga terkadang) bahwa saking luasnya cerita One Piece, Oda saja sampai tak tahu akhir ceritanya. Namun, itu salah. Oda mengatakan dengan tegas bahwa akhir cerita One Piece sudah ia buat ada di kepalanya dan juga ada dalam bentuk catatan sederhana.

6. Bahkan jika tertebak, Oda akan mengubahnya

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!duniaku.com/fudo

Bagaimana jika ada seseorang yang menebak akhir cerita One Piece, dan secara mengejutkan tebakannya itu benar seperti apa yang Oda pikirkan di poin keempat, lalu apakah Oda akan mengubah akhir ceritanya.

Lagi-lagi dengan tegas Oda mengatakan bahwa dia akan mengubahnya jika memang akhir cerita di poin 4 itu bocor atau ada yang menebak dan benar.

7. Eiichiro Oda tidur hanya 3 jam sehari

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Kelompok Topi Jerami, wajah Luffy diganti avatar Eiichiro Oda. (viz.com/One Piece)

Eiichiro Oda tidur hanya dari jam 9 pagi sampai jam 12 siang. Sementara para asistennya hampir semuanya menginap di rumahnya yang besar itu dan tidur dari jam 5 pagi sampai 12 siang.

Berarti, dari jam 5 sampai 9 pagi itu Oda masih bekerja sendirian, yang mana nantinya dia dan para asistennya akan bangun jam 12 siang untuk memulai melanjutkan menggambar. Oda hanya tidur 3 jam dalam sehari.

8. Di tahun 2019, Eiichiro Oda bilang ingin One Piece tamat dalam 5 tahun

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Luffy dan situasi misterius. (Dok. Toei Animation/One Piece, dok. Shueisha/One Piece)

Di tahun 2019, Oda mengatakan ingin One Piece tamat dalam 5 tahun.

Lalu di tahun 2020, dalam program dengan grup Arashi, Oda bilang dia berencana mengakhiri cerita dalam 4 hingga 5 tahun. 

Harus kita lihat apa perhitungan Oda itu benar. 

9. Inspirasi Eiichiro Oda

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Eustass Kid di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Fakta Eiichiro Oda selanjutnya adalah ketika memiliki keinginan untuk menjadi mangaka, ternyata Oda terinspirasi dari hasil karya Akira Toriyama, yaitu Dragon Ball. Sedangkan ketertarikannya untuk memciptakan manga bertema bajak laut dipicu oleh serial TV animasi populer berjudul Vicky The Viking.

10. Karakter favorit Eiichiro Oda

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!dok. Toei Animation/One Piece

Banyak fans yang penasaran dan ingin tahu siapa karakter jahat favorit Eiichiro Oda dalam animanga One Piece. Dalam sebuah kesempatan, Oda pun menjawab kalau karakter jahat favoritnya adalah Buggy The Clown. Oda juga memilih buah iblis Bara Bara No Mi sebagai favoritnya. Kebetulan, Buggy The Clown merupakan villian yang memakan buah iblis tersebut.

11. Kesukaan Eiichiro Oda

11 Fakta Eiichiro Oda Terbaru, sang Mangaka One Piece!Roronoa Zoro dan CP0 Kaku. (Dok. Toei Animation/One Piece)

  • Mangaka favoritnya adalah Hiroyuki Takei.
  • Rapper favoritnya Eminem.
  • Penyanyi favoritnya Avril Lavigne, Bryan Adams, Izumi Katou dan Brook Benton.
  • Sutradara, Aktor & aktris favortinya adalah Quentin Tarantino, Tim Burton, Akira Kurosawa, Hayao Miyazaki dan Baz Luhrmann.
  • Game favoritnya adalah Dragon Quest.
  • Film favoritnya adalah Seven Samurai, Young Guns dan Nightmare Before Christmas.
  • Makanan favoritnya adalah makanan Meksiko.

Nah itu dia 10 fakta Eiichiro Oda, sang mangaka One Piece yang mungkin kamu belum tahu. Bagaimana menurutmu? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Ada 7 Mythical Zoan yang Muncul di One Piece Sejauh Ini! Apa Saja?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU