Teori: Bagaimana Hashirama Mati di Naruto? Apa Ada yang Membunuhnya?

Masih salah satu misteri besar di Naruto nih

Teori: Bagaimana Hashirama Mati di Naruto? Apa Ada yang Membunuhnya?

Hashirama Senju adalah salah satu karakter terkuat dalam sejarah dunia ninja Naruto.

Ninja sekuat Hashirama tentu jadi pertanyaan bagaimana kematiannya, terutama karena Kishimoto juga belum memberi penjelasan.

Seperti apa sih situasinya? Siapa yang membunuh Hashirama? Apakah kematiannya disebabkan pembunuhan atau faktor lain?

Ini teori saya. 

1. Sampai saat ini belum pernah dijelaskan secara resmi bagaimana Hashirama mati

Teori: Bagaimana Hashirama Mati di Naruto? Apa Ada yang Membunuhnya?Hashirama Senju di Naruto Shippuden. (Dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Meskipun sangat kuat, namun Hashirama tetap karakter manusia yang bisa mati juga dan itu yang terjadi.

Sebelum mati Hashirama memberikan jabatan Hokage ke adiknya yaitu Tobirama Senju. Jadi Hashirama mati tidak lama setelah Tobirama menjadi Hokage.

Tapi sampai serial Naruto tamat, bahkan sampai Boruto sekalipun, belum pernah dijelaskan secara resmi kenapa dan bagaimana Hashirama bisa mati.

2. Berdasarkan momen Tobirama menjadi Hokage, era kematian Hashirama terjadi di Perang Dunia Ninja Pertama

Teori: Bagaimana Hashirama Mati di Naruto? Apa Ada yang Membunuhnya?Tobirama dan Hashirama Senju. (Dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Menurut Onoki, salah satu pemicu Perang Dunia Ninja Pertama adalah saat setiap desa ninja yang baru terbentuk berusaha untuk memperluas wilayah mereka, sehingga terjadi konflik skala besar.

Tobirama juga dilantik menjadi Hokage Kedua itu di tengah Perang Dunia Ninja Pertama dan momen Hashirama membagikan para Bijuu ke desa lain pun sebagai bentuk keseimbangan antar desa yang berkonflik.

Ini berarti Hashirama secara waktu itu dia mati di era Perang Dunia Ninja Pertama. Melihat Tobirama yang relatif masih muda saat menjadi Hokage, kemungkinan Hashirama pun mati saat ia belum terlalu tua. 

Perkiraan fans adalah Hashirama mati di usia 40-60 tahunan. Soalnya kita tahu kalau setidaknya Hashirama masih hidup saat Tsunade lahir, dan bahkan sempat memanjakan Tsunade kecil. 

Perhatikan juga kondisi tubuh Hashirama dan Tobirama saat dibangkitkan. Entah gimana, kondisi mereka masih terlihat lebih muda kalau dibandingkan dengan Hiruzen. 

Baca Juga: Teori: Kalau Hashirama Lawan Isshiki, Siapa yang Menang?

3. Apakah mungkin ada yang bisa membunuh Hashirama dalam perang?

Teori: Bagaimana Hashirama Mati di Naruto? Apa Ada yang Membunuhnya?Hashirama Senju semasa hidup. (Dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Berdasarkan era waktu dan penuturan karakter di dalam serialnya, Hashirama berarti mati dalam era Perang Dunia Ninja Pertama.

Karena Tobirama juga masih relatif muda saat menjadi Hokage, sedangkan Tobirama jadi Hokage tepat setelah kematian Hashirama, maka Hashirama bukan mati karena usia tua atau karena penyakit, alasannya karena umur mereka saat itu pasti tidak terpaut jauh.

Jadi apakah ada yang membunuh Hashirama di Perang Dunia Ninja Pertama? Berdasarkan info yang sudah didapatkan di atas, sangat mungkin itu yang terjadi dalam kematian Hashirama.

Tapi belum tentu satu orang tunggal yang membunuh Hashirama, bisa jadi memang Hashirama sudah melalui pertarungan panjang melawan ribuan pasukan musuh sehingga kondisi Hashirama memburuk. Itu teori yang paling mungkin saat ini.

Soalnya... kalau ada orang yang bisa membunuh Hashirama dalam duel satu lawan satu, pasti orang itu namanya akan terkenal sekali. Meski begitu hingga sekarang kita belum melihat karakter yang bergelar sebagai "Pembunuh Hashirama." 

4. Pertimbangan dari kasus Raikage Ketiga

Teori: Bagaimana Hashirama Mati di Naruto? Apa Ada yang Membunuhnya?Kilas balik Raikage Ketiga. (Dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Raikage Ketiga dijuluki sebagai Raikage terkuat dalam sejarah Kumo, bahkan salah satu Kage terkuat dalam sejarah ninja juga. Dia pun tetap bisa mati.

Ninja Kumo yang sangat cepat dan sangat kuat dengan pertahanan keras ini pada akhirnya mati setelah bertarung tiga hari tanpa henti melawan 10 ribu pasukan musuh.

Berdasarkan Raikage Ketiga, bisa kita teorikan kalau Hashirama mungkin mengalami situasi serupa tapi dengan durasi lebih panjang dan jumlah musuh lebih banyak sehingga seorang Hashirama pun bisa kalah dan mati pada akhirnya.

Ini mungkin bisa menjelaskan kenapa tidak ada ninja yang disebut sebagai Pembunuh Hashirama. Untuk Raikage Ketiga juga tidak ada ninja yang spesifik disebut sebagai pembunuh Raikage Ketiga karena dia gugur melawan pasukan besar. 

Itu teori saya soal penyebab kematian Hashirama, berdasarkan segelintir petunjuk yang kita miliki.

Hanya saja ya, sekali lagi, ini cuma teori. Kita lihat apa Kishimoto akan mengungkap jawabannya suatu hari nanti. 

Kalau menurutmu kenapa Hashirama bisa mati? Apakah menurutmu ada yang membunuh Hashirama, atau Hashirama mati karena faktor lain? 

Baca Juga: Daftar Lengkap 5 Raikage yang Ada di Serial Naruto dan Boruto!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU