Inilah Alasan Kenapa Satu Tim Ninja di Naruto Terdiri dari 4 Orang!

Umumnya, satu tim ninja di Naruto terdiri dari 4 orang. Kenapa sih, kok bukan 3 atau 5 orang saja? Ini alasannya!

Inilah Alasan Kenapa Satu Tim Ninja di Naruto Terdiri dari 4 Orang!

Pada umumnya, baik dalam serial Naruto atau bahkan Boruto, setiap satu tim ninja akan terdiri dari 4 orang. Satu tim ninja ini akan menjalankan berbagai misi yang nantinya diberikan oleh Hokage secara resmi dan mendapatkan upah yang—jika dirupiahkan—ternyata sangat besar. Akan tetapi, tahukah kamu kenapa satu tim ninja di Naruto terdiri dari 4 orang?

Dalam buku Naruto Secret: The Scrolls of Soldiers (Naruto Hiden: Hyo no Sho), guidebook untuk manga Naruto, alasan kenapa satu tim ninja terdiri dari 4 orang pun dijelaskan. Ada dua alasan kenapa satu tim terdiri dari 4 orang: pertama adalah untuk menjaga mobilitas dan kedua adalah meningkatkan kerahasiaan.

Menurut buku tersebut, 4 orang adalah jumlah maksimal yang efektif agar kelompok bisa bergerak cepat tanpa mengacaukan urutan. Setiap anggota akan bisa bertindak dan menangkap gerakan satu sama lain dengan efektif.

Selain itu, maksud dari meningkatkan kerahasiaan adalah jika satu tim ninja lebih dari 4 orang, maka keberadaan tim tersebut akan semakin mudah diketahui musuh. Jadi, lebih aman jika suatu misi dijalankan oleh hanya 4 orang saja.

Selain menjelaskan mengenai kenapa satu tim ninja terdiri dari 4 orang, guidebook tersebut juga menjelaskan mengenai aturan komposisi tim: siapa yang boleh menjadi komandan dan bagaimana jadinya jika komandan tewas saat menjalankan misi. Komposisi tim ini akan dijelaskan di halaman selanjutnya!

Normalnya satu tim ninja terdiri dari empat orang di mana satu orang akan menjabat sebagai komandan tim dan satu orang anggota lainnya akan menjadi wakil komandan tim. Nah, yang boleh menjadi komandan dalam satu tim adalah ninja yang minimal memiliki peringkat Chunin. Jadi, ninja yang masih memiliki peringkat sebagai Genin tidak bisa menjabat sebagai komandan.

Selain itu, penempatan setiap ninja pada satu tim dibentuk agar setiap tim ninja menjadi seimbang dalam desa. Hal ini supaya desa ninja tidak terlihat hanya bergantung pada satu tim khusus. Mungkin, hal inilah yang menjadi alasan kenapa Naruto dan Sasuke ditempatkan dalam satu tim yang sama.

Seperti yang dikatakan oleh Iruka saat sedang membagi murid-muridnya ke dalam satu tim. Iruka menjelaskan kalau Sasuke lulus akademi ninja dengan nilai tertinggi sementara Naruto lulus dengan nilai terendah. Jadi, keduanya disatukan ke dalam satu tim supaya tim tersebut menjadi seimbang.

Tentunya, komposisi tim ini juga disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Terkadang, ada juga misi khusus yang anggotanya terdiri dari ninja yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu. Misalnya misi pencarian yang membutuhkan banyak ninja tipe sensor untuk mendeteksi orang/hal yang sedang dicari dalam misi tersebut.

Jadi, itulah alasan kenapa satu tim ninja terdiri dari empat orang. Kalau kamu bebas memilih nih, kamu mau membuat tim ninja yang terdiri dari siapa saja dan kenapa kamu memilih ninja-ninja tersebut? Jangan sungkan untuk suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

Latest