TUTUP

Sinopsis Dandadan: Kisah Absurd tentang Alien dan Hantu!

Sebuah adaptasi manga populer karya Yukinobu Tatsu

Anime Fall 2024 menghadirkan jajaran judul anime terbaru yang menjanjikan, salah satunya Dandadan. Digarap oleh Studio Science SARU yang dikenal lewat anime Devilman: Crybaby, anime satu ini mengadaptasi sebuah manga populer karya Yukinobu Tatsu.

Dandadan menawarkan alur cerita bergenre action, comedy, dan supranatural, serta dengan sedikit sentuhan romance sebagai pemanis. Kisahnya menyoroti keanehan dunia yang turut ditinggali oleh makhluk aneh seperti alien dan hantu.

Digadang-gadang akan tampil sebagai salah satu pemuncak anime terbaik di musim ini, berikut sinopsis Dandadan beserta informasi sejumlah informasi penting yang perlu kamu ketahui sebelum menontonnya. Simak, yuk!

1. Sinopsis Dandadan

dok. Science SARU/ Dandadan

Dandadan bercerita tentang dua siswa yang terlibat dalam hal-hal absurd seputar alien dan hantu.

Cerita bermula ketika Momo Ayase dipertemukan dengan Ken "Okarun" Takakura. Namun, keduanya justru tak dapat akur di momen perkenalan mereka sebab kepercayaan akan keberadaan entitas tertentu yang saling bertentangan.

Momo yang memercayai hantu karena neneknya adalah seorang medium roh lantas ditertawakan oleh Okarun yang menyangkal keberadaan makhluk gaib itu dan justru meyakini adanya alien.

Sebagai ajang pembuktian, Momo dan Okarun memutuskan untuk mendatangi 2 lokasi yang dipercaya menjadi tempat munculnya masing-masing entitas. Sementara Momo pergi ke rumah sakit terbengkalai yang konon menjadi tempat munculnya alien, Okarun pergi ke sebuah terowongan angker.

Namun, yang terjadi justru di luar dugaan, sebab kedua entitas yang saling mereka sangkal tersebut benar-benar ada! Sejak saat itu, Momo dan Okarun pun mulai terlibat dalam berbagai fenomena aneh yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Baca Juga: Daftar Karakter Dandadan: Manusia, Roh, hingga Alien!

2. Staf dan pengisi suara Dandadan

dok. Science SARU/ Dandadan

Dandadan adalah serial anime terbaru yang dipersembahkan oleh Studio Science SARU. Di baliknya, ada peran Fuuga Yamashiro sebagai sutradara, Hiroshi Seko sebagai penulis naskah, hingga Kensuke Ushio yang bertanggung jawab untuk tata musiknya.

Anime Dandadan menggandeng deretan pengisi suara profesional dalam proses produksinya. Di antaranya ada Shion Wakayama yang berperan sebagai Momo Ayase, serta Natsuki Hanae yang mengisi suara Ken Takakura.

Selain itu, turut hadir Ayane Sakura yang memerankan Aira Shiratori, Nana Mizuki sebagai Seiko Ayase, Kaito Ishikawa sebagai Jin Enjouji, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, lagu tema Dandadan dibawakan oleh 2 musisi kenamaan Jepang. Duo hip hop Creepy Nuts tampil dengan lagu berjudul "Otonoke" yang menjadi opening anime Dandadan. Sebelumnya, nama duo ini sempat melejit berkat lagu "Bling-Bang-Bang-Born" sebagai opening anime Mashle: Magic and Muscles.

Sementara itu, ada grup vokal beraliran rock, yakni ZUTAMAYO yang memopulerkan lagu ending Dandadan yang bertajuk "Taidada". Grup ini juga pernah berkesempatan untuk membawakan lagu ending Chainsaw Man yang berjudul "Time Left".

3. Adaptasi manga populer karya Yukinobu Tatsu

dok. Shonen Jump/ Dandadan

Dandadan berangkat dari manga shounen yang ditulis dan diilustrasikan langsung oleh Yukinobu Tatsu. Sebelum Dandadan mulai diserialisasikan, mangaka satu ini pernah bekerja sebagai asisten untuk Tatsuki Fujimoto saat mengerjakan manga Chainsaw Man, serta Yuji Kaku yang merupakan penulis manga Hell's Paradise: Jigokuraku.

Sebelum menulis Dandadan, Yukinobu Tatsu juga telah melahirkan beberapa karya lain yang memang tak setenar Dandadan. Beberapa di antaranya yakni Fire Ball!!, serta Yamada Kiki Ippatsu, Renai Saibaihou, Seigi no Rokugou, dan Kamisama no Iru Machi yang merupakan manga one-shot.

Manga Dandadan pertama kali terbit pada 6 April 2021 lalu melalui Shounen Jump milik Shueisha dan masih berlanjut hingga sekarang. Per November 2023, tercatat sudah ada lebih dari 3,2 juta copy manga Dandadan yang beredar. Sementara itu, di platform Shounen Jump+, manga ini sudah dibaca sebanyak lebih dari 360 juta kali.

4. Jadwal tayang Dandadan

dok. Science SARU/ Dandadan

Informasi terkait adaptasi anime Dandadan pertama kali diumumkan pada 28 November 2023 lalu. Pengumuman tersebut sekaligus menginformasikan daftar pihak yang akan terlibat dalam proses produksinya.

Selain itu, diumumkan pula bahwa desain karakter anime Dandadan akan dikerjakan oleh Naoyuki Onda, sementara Yoshimichi Kameda bertanggung jawab untuk mendesain makhluk-makhluk supranatural dan aliennya.

Episode pertama Dandadan akhirnya tayang perdana secara global pada 3 Oktober 2024. Namun, kamu berkesempatan menontonnya lebih awal lewat fan screening yang diadakan di CGV Grand Indonesia pada tanggal 28-29 September 2024.

Anime ini dijadwalkan akan mencakup sebanyak 12 episode untuk musim pertamanya. Kamu bisa menonton Dandadan melalui platform Crunchyroll dan Netflix.

Itulah sinopsis Dandadan dan beberapa informasi penting terkait penayangan animenya. Selamat menonton!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 5 Hal Menarik di Dandadan Episode 1, Kehilangan Biji?