Benarkah Ayam Hitam di Shin Chuuka Ichiban Asalnya dari Indonesia? 

Kita jelaskan fakta ayam hitamnya di sini!

Benarkah Ayam Hitam di Shin Chuuka Ichiban Asalnya dari Indonesia? 

Dalam episode perdananya, ada ayam hitam di Shin Chuuka Ichiban alias New Cooking Master Boy! Nah, pertanyaan dari anime pertamanya masih belum kunjung terjawab: Apakah ayam tersebut berasal dari Indonesia? 

Saat mendengar ayam hitam, kamu mungkin merasa kalau ini adalah ayam cemani. Tapi begini fakta sebenarnya. 

1. Masakan khusus ayam hitam!

Benarkah Ayam Hitam di Shin Chuuka Ichiban Asalnya dari Indonesia? randomc.net

Dalam episode pertamanya, Mao mengejutkan para juri sebuah lomba masak dengan sebuah nasi putih dengan rasa luar biasa gurih, yang ternyata direbus dalam ayam hitam yang sudah dikosongkan isi dalamnya!

Yang membuat masakan tersebut semakin berkesan, ayam-ayam hitam itu dianggap terkutuk oleh para penduduk desa tempat kontes ayam itu diselenggarakan, sampai sang tokoh utama membuktikan bahwa pendapat mereka salah!

2. Apa itu ayam cemani?

Tentu saja, ayam berwarna hitam itu membuat para wibu lokal bertanya-tanya. Apakah ayam tersebut adalah ayam Cemani, ayam hitam yang berasal dari Indonesia?

Ayam Cemani adalah jenis ayam yang berasal dari Jawa Tengah, lebih tepatnya Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung. 

Warna hitam tersebut asalnya dari pigmentasi berlebihan yang muncul secara genetis. Tapi ternyata, tidak hanya Ayam Cemani saja yang serba hitam!

Baca Juga: Trailer Cooking Master Boy Baru Sudah Rilis! Mao Tambah Gendut!

3. Jadi, apakah ayam di Shin Chuuka Ichiban itu ayam cemani?

Benarkah Ayam Hitam di Shin Chuuka Ichiban Asalnya dari Indonesia? thehappychickencoop.com

Ayamnya boleh sama hitam, tapi yang muncul di Shin Chuuka Ichiban sebenarnya bukan ayam cemani. 

Kata wu gu ji (烏骨雞) di anime tersebut bermakna 'ayam bertulang hitam', yang mengacu pada satu lagi jenis ayam, yakni ayam kapas, atau disebut dengan silkie! Ayam kapas didokumentasikan paling jelas lahir dari Tionghoa, di mana anime Shin Chuuka Ichiban bertempat! 

Jadi ayam hitam di Shin Chuuka Ichiban ini bukan ayam cemani yang terdampar di Tiongkok ya. 

Seperti ayam cemani juga, pulau Jawa pun menjadi salah satu kemungkinan lahirnya ayam tersebut, dan ia juga bisa mengalami hiperpigmentasi sampai bulu hingga dagingnya ikut berwarna hitam!

Apa menurut kamu ayam hitam di Shin Chuuka Ichiban ini bisa jadi makanan yang sedap di dunia nyata? Bagikan opinimu dalam kolom komentar di bawah inI!

Baca Juga: Ternyata Remake? Ini Perbandingan Episode Pertama Shin Chuuka Ichiban!

Artikel terkait

Latest