10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!

Karya yang bikin TYPE-MOON makin mainstream!

10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!

Fate/Stay Night merupakan karya yang membuat TYPE-MOON semakin terkenal hingga di luar Jepang, dan bahkan menghasilkan mobile game raksasa Fate/Grand Order bersama Aniplex! Apa saja fakta tentang franchise ini? Temukan di sini!

1. Lahir di tahun 2004, tapi...

Visual novel ini pertama kali muncul pada tahun 2004, dengan Kinoko Nasu sebagai penulisnya dan Takashi Takeuchi sebagai ilustrator utamanya. Ide di balik kisah game ini lahir dari cerita yang ditulis Nasu saat masih SMA!

2. Belum punya bahasa Inggris!

10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!netflix.com/Fate Stay Night Unlimited Blade Works

Semua kemunculan FSN hingga saat ini belum memiliki versi terjemahan resmi bahasa Inggris. Sebuah terjemahan penggemar oleh grup translasi Mirror Moon menjadi salah satu terjemahan bahasa Inggris tidak resmi yang paling duluan rilis untuk serinya sampai Realta Nua!

3. Versi lamanya diadaptasi!

10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!Aniplex/Fate Prototype

Akhirnya, versi draf pertamanya, di mana sang tokoh utama bukanlah Emiya Shirou namun Ayaka Sajyou dan sosok karakter Saber Arturia yang merupakan seorang laki-laki ketimbang perempuan dirilis sebagai Fate/Prototype dengan light novel-nya ditulis oleh Hikaru Sakurai.

4. Penggemar Saber nomor satu!

Takeuchi dengan bangga mengungkapkan kalau ia merupakan penggemar Saber terbesar seumur hidup, bahkan noble phantasm self-insert-nya mampu memanggil kloning Saber berjumlah tidak terhingga!

5. Punya tiga rute, tapi bercabang lagi!

Kisah utamanya memilki tiga rute, yakni Fate, Unlimited Blade Works dan Heaven's Feel. Namun, Unlimited Blade Works dan Heaven's Feel memiliki dua ending di masing-masing rute sementara Fate berjalan secara linear!

Baca Juga: 10 Fakta Sakura Matou, Heroine Paling Tragis di Fate/Stay Night!

6. Diabadikan dalam Android!

Saat ini, versi Realta Nua diabadikan dalam platform Android melalui Google Play Store yang di-region lock ke Jepang, dengan bagian Fate gratis untuk dimainkan!

7. Punya empat adaptasi anime!

Adaptasi anime pertamanya digarap oleh studio DEEN, yang utamanya menggunakan rute Fate dengan campuran kedua rute lainnya, lalu Unlimited Blade Works yang lebih menggunakan satu rute. Kemudian, studio ufotable pun kembali mengadaptasi Unlimited Blade Works dalam wujud serial sebelum mengerjakan adaptasi miniseri layar lebar dari Heaven's Feel!

8. Asal mula kota Fuyuki!

10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!mipon.org

Fuyuki, kota yang menjadi setting utama franchise ini terinspirasi oleh kota Kobe dan Fujisawa. Bahkan bangunan yang menjadi inspirasi rumah Tohsaka Rin bisa ditemukan di kota tersebut!

9. Awalnya ada rute Ilya!

10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!siliconera.com

Terungkap melalui Taiga Dojo, Nasu sempat memiliki ide untuk menambah rute khusus Ilyasviel von Einzbern, master dari Berserker, namun pada akhirnya diurungkan dan dikompilasi menjadi Heaven's Feel. Trivia ini kemudian menjadi lelucon rutin sepanjang franchise tersebut!

10. Akar Mash berasal dari FSN?

10 Fakta Fate/Stay Night, Visual Novel Banjir Adaptasi Anime!comicbook.com

Salah satu servant liar seperti Gilgamesh sempat menjadi kandidat tokoh utama di dalam serial tersebut, dan sempat dipikirkan Nasu untuk kembali di waktu game tersebut diadaptasi oleh studio DEEN. Tokoh inipun kemudian berevolusi menjadi protagonis Fate/Grand Order, Mash Kyrielight!

Apa pendapatmu tentang Fate/Stay Night? Sampaikan opinimu terhadap franchise tersebut melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Ini Dia Urutan Anime Fate Series! Ada yang Gak Nyambung!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU