Daftar 15 Lagu Nostalgia Terpopuler dari Era 80an dan 90an

Ikonik banget!

Daftar 15 Lagu Nostalgia Terpopuler dari Era 80an dan 90an

Tahun 80 dan 90an, banyak bermunculan musisi hebat baik dari mancanegara maupun Indonesia sehingga menjadi era ikonik dalam dunia musik. Tak heran hingga saat ini masih banyak penggemar lagu-lagu nostalgia yang mengingatkan kenangan indah pada masa itu.

Tidak hanya orang-orang yang lahir pada era tersebut, ada banyak pula anak muda yang juga menyukai musik dari musisi besar di era 80 dan 90an itu. Penasaran apa saja yang termasuk dalam list lagu nostalgia 80an dan 90an terpopuler yang tak lekang oleh waktu? Ini dia 11 lagu terpopulernya!

1. Kala Cinta Menggoda - Chrisye

Lagu yang dipopulerkan pada tahun 1997 ini berjudul "Kala Cinta Menggoda" dibawakan oleh Chrisye dengan suara merdunya. Lagu ini merupakan karya hasil kerjasama dengan Erwin Gutawa yang merupakan komposer terkenal asal Indonesia.

Baca Juga: 7 Lagu atau Musik Naruto Sedih, Ada Favoritmu?

2. Stevie Wonder – Overjoyed (1985)

Salah satu lagu populer yang muncul di era 80an yaitu berjudul "Overjoyed" yang dibawakan oleh suara merdu dari Stevie Wonder. Lagu ini enak didengar yang cocok untuk Anda yang sedang jatuh cinta karena melodi dan liriknya dijamin bikin berbunga-bunga.

3. Hall and Oates – You Make My Dreams (1980)

Lagu berjudul "You Make My Dreams" yang dipopulerkan oleh Hall and Oates yang pertama kali dirilis pada tahun 1980 hingga kini masih banyak penggemarnya karena enak didengar. Lagu ini bahkan pernah muncul di film The Wedding Singer yang tayang pertama kali di tahun 1998.

4. Vina Panduwinata – Surat Cinta (1987)

Para penggemar musik 80an, mungkin akan tidak asing mendengar lagu yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata ini. Sesuai dengan judulnya “Surat Cinta”, lagu inimenceritakan tentang kisah cinta yang diutarakan melalui kata-kata cinta di atas kertas dan dibungkus menggunakan amplop merah hati yang diantarkan oleh Pak Pos.

5. Slank – Terlalu Manis (1991)

Bercerita tentang nostalgia masa lalu yang indah, pertama kali dirilis pada tahun 1991 yang dipopulerkan oleh Slank dengan judul "Terlalu Manis". Lagu ini bahkan sangat digemari oleh kalangan muda, yang bisa buat Anda mengingat masa lalu yang indah.

6. Utha Likumahuwa – Sesaat Kau Hadir (1990)

Lagu ini dirilis pada tahun 1990, yang dipopulerkan oleh Utha Likumahuwa dengan judul "Sesaat Kau Hadir". Lagu ini bercerita mengenai seseorang datang kekehidupan ia yang membuatnya mempunyai semangat baru, yang tadinya sudah hampir putus asa dalam menuju cita-citanya.

7. Andaikan Kau Datang - Koes Plus (1970)

Lagu enak yang muncul pertama kali di tahun 1970 ini, diciptakan oleh Tony Koeswoyo menjadi karya yang paling populer dan banyak didaur ulang oleh penyanyi Indonesia lainnya. Lagu ini dibawakan oleh Koes Plus dengan judul “Andaikan Kau Datang”.

8. Reza Artamevia – Satu Yang Tak Bisa Lepas (1997)

Lagu yang dinyanyikan oleh Reza Artamevia dengan judul "Satu Yang Tak Bisa Lepas" diciptakan oleh Ahmad Dhani dan dirilis pada tahun 1997. Lagu ini menghasilkan melodi dan irama yang indah dengan lirik yang galau.

Lagu ini mengisahkan tentang hanya satu yang paling membekas di hati dari sekian banyak yang pernah singgah. 

9. Biarkan Cintamu Berlalu - Nike Ardilla (1994)

Siapa sih yang tidak tahu Nike Ardila? Sosok legendaris ini bahkan juga dikenal oleh banyak kalangan muda saat ini. Nike Ardilla yang pada masanya merupakan salah satu penyanyi papan atas yang sangat populer di Indonesia.

Lagu yang mengisahkan tentang sebuah akhir dari sebuah cerita cinta, yang bahkan masih banyak pendengar setianya hingga kini.

10. Jangan Ada Dusta Diantara Kita - Broery Marantika dan Dewi Yull (1992)

Lagu yang mengisahkan tentang menghargai keputusan dari pasangan Anda, dengan judul “Jangan Ada Dusta di Antara Kita” yang dipopulerkan oleh pasangan duet Broery Marantika dan Dewi Yull pada tahun 1992. Hingga saat ini masih banyak penggemar dan pendengar setia lagu enak satu ini.

11. Brian McKnight – One Last Cry (1993)

Lagu yang populer di era 90an selanjutnya adalah lagu "One Last Cry" yang dinyanyikan oleh Brian McKnight, dirilis pada tahun 1993. Lagu ini benar-benar memberikan nuansa galau banget, sampai mungkin Anda yang mendengarnya juga ikut galau. 

12. Fariz RM - Sakura (1980)

Lagu "Sakura" merupakan salah satu lagu hits pada tahun 80-an. Lagu ini terdapat dalam album yang berjudul sama di bawah label Akurama Record.

Lagu ini menjadi kunci kesuksesan Fariz R.M. yang membuat namanya melejit hingga saat ini. Berkat kepopulerannya, album ini pernah masuk ke dalam album Indonesia terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone Indonesia.

13. Bon Jovi - Livin’ on a Prayer (1986)

Siapa yang tidak mengenal Bon Jovi? Band yang satu ini sangat populer di tahun 80-an. Salah satu lagu andalannya adalah "Livin' on A Prayer".

Lagu ini memiliki makna tentang pasangan yang tidak beruntung dari segi ekonomi dan mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhannya. Meski sang perempuan ingin menyerah, tetapi sang pria selalu meyakininya bahwa mereka bisa melewati itu semua.

14. A-ha - Take On Me (1985)

Lagu "Take on Me" dikenal memiliki instrumen musik yang sangat menarik. Lagu ini bahkan merajai tangga lagu dunia pada tahun 90-an, lho.

Berkat kepopulerannya, lagu ini bahkan menjadi pengisi soundtrack dalam beberapa film populer, seperti Baseketball (1998), Chuck (2007), Deadpool 2 (2018), Despicable Me 3 (2017), dan Grosse Pointe Blank Volume 2 (1997).

15. Guns N’ Roses - Sweet Child O’ Mine (1987)

Para pecinta musik rock pasti sudah tidak asing dengan Guns N’ Roses - Sweet Child O’ Mine. Lagu ini dirilis pada tahun1988 dan termasuk salah satu lagu dalam album bertajuk Appetite for Destruction.

"Sweet Child O’ Mine" bisa dibilang tak akan lekang oleh waktu karena masih banyak didengar hingga saat ini dan sering kali menjadi soundtrack di dalam film.

Nah itu dia 15 daftar lagu nostalgia populer hingga kini dari era 80an dan 90an. Meskipun bisa dibilang jadul, namun lagu-lagu di era tersebut memiliki kualitas yang baik dan bahkan memiliki karakteristik unik. 

Dari 15 lagu diatas, mana nih yang menjadi favoritmu? Sampaikan di kolom komentar ya!

Baca Juga: Ini Asal Meme Bom Panci Cinta Ini Membunuhku! Bikin Lagunya Naik Lagi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU